limcorporation
Subscribe Newsletter

Mengenal Lebih Dekat Lada, Salah Satu Tanaman Tertua di Dunia

Lada merupakan buah dari tanaman lada yang buahnya berbentuk bulat dan berukuran kecil. Tanaman lada banyak tumbuh subur di wilayah tropis, dan negara Vietnam adalah pengekspor lada terbesar di dunia saat ini.

Memiliki 2 varian, ternyata lada putih serta lada hitam dihasilkan dari pohon yang sama. Lada hitam asalnya dari buah lada yang tidak terlalu matang ketika dipetik, sedangkan lada putih ialah buah lada yang telah matang saat dipetik untuk diolah.

Baca Juga :

Lada hitam sering digunakan dalam bentuk butiran yang dicampur dalam masakan seperti daging dengan saus lada hitam. Karena bentuknya yang bulat, buah lada perlu diproses dahulu supaya dapat berbentuk bubuk seperti yang biasa digunakan untuk bahan memasak.

Buah lada mempunyai rasa yang pedas, hangat, serta agak pahit ketika dikonsumsi. Meskipun rasanya agak pedas, tapi pedas dari lada tak sama dengan pedasnya cabai yang dihasilkan oleh senyawa capsaicin. Rasa pedas dari lada sendiri dihasilkan oleh zat bernama piperine yang ada di dalamnya.

Sensasi pedas dan panas dari lada hitam dinilai lebih kompleks daripada lada putih. Buah lada yang berbentuk bulat ini mempunyai diameter sekitar 1 hingga 2 milimeter. Manfaat lada hitam untuk kesehatan ada banyak, berikut beberapa diantaranya :

  1. Menjaga kesehatan otak
  2. Berpotensi mengurangi peradangan
  3. Mampu mencegah kanker
  4. Membantu melawan radikal bebas
  5. Meningkatkan sistem pencernaan
  6. Berpotensi melawan infeksi bakteri
  7. Mengobati pegal linu
  8. Mengurangi gejala penyakit asam urat
  9. Mengobati rematik
  10. Menghambat tulang keropos

Fosil dari tanaman lada sendiri pertama kali ditemukan di wilayah Kolombia. Fosil tersebut diperkirakan telah berusia 100-145 juta tahun lamanya, sehingga bisa dikatakan bahwa tanaman ini pernah hidup bersama dinosaurus.

Sesudah dinosaurus punah, berbagai perubahan iklim di dunia juga memengaruhi kehidupan tanaman lada. Sekarang ini, beberapa spesies lada baru tumbuh dari satu nenek moyang yang telah hidup bersama dengan dinosaurus sejak ratusan juta tahun yang lalu.

Tali salaran sangat cocok digunakan untuk pengikat tiang antar tanaman, karena lebih kuat dan awet. Cek harga terbaru tali salaran disini.

Pohon lada merupakan tanaman jenis rambat. Jika disampingnya ada tiang, tanaman lada akan tumbuh merambat ke atas. Jika tidak, tanaman ini bakal tumbuh menjalar ke pemukaan tanah. Lada sendiri mulai bisa dipanen pada kisaran umur 3 tahun.

Mengenal Lebih Dekat Lada, Salah Satu Tanaman Tertua di Dunia Mengenal Lebih Dekat Lada, Salah Satu Tanaman Tertua di Dunia Reviewed by Pak Tani on Juni 09, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk