Budidaya dengan Media Tanam Batu Split, Bisakah?


Budidaya adalah salah satu kegiatan terencana yang bertujuan untuk pemeliharaan sumber daya hayati yang dilaksanakan pada suatu areal lahan untuk diambil hasil panennya. Di dalam kegiatan budidaya bisa dianggap sebagai inti dari usaha tani. Berdasarkan KBBI, budidaya merupakan salah satu usaha yang bermanfaat serta mampu memberikan hasil.

Ketika melakukan usaha budidaya tanaman tentu mengandalkan pemakaian tanah atau media lainnya di suatu lahan untuk membesarkan tanaman dan kemudian memanen bagiannya yang bernilai ekonomi. Diantara bagian tanaman yang bermanfaat yaitu seperti biji, buah, daun, bunga, batang, tunas, dan masih banyak lagi.

Umumnya dalam proses budidaya memerlukan media tanam yang digunakan untuk menanamnya nanti, hampir seluruh pembudidaya menggunakan tanah untuk media tanamnya. Namun berbeda dengan media tanam yang satu ini, mau tau! Berikut penjelasannya.


Batu split sering dijadikan sebagai salah satu bahan baku pembuatan bangunan. Batu ini merupakan cacahan atau pecahan kecil dari batu berukuran besar. Saat ini batu tersebut bisa dijadikan sebagai media tanam sayur. Yuk, simak penjelasannya.

Akan tetapi batu split ini bisa digunakan oleh para petani yang menanam berbagai sayuran organik. Tapi sayangnya batu ini miskin akan nutrisi. Oleh karena itu, jika akan digunakan sebagai media tanam, Anda memerlukan nutrisi tambahan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Tanpa nutrisi tanaman, batu ini hanya menjadi penopang tanaman dan tanaman akan tumbuh tidak sempurna karena tidak ada nutrisi.

Berkebun dengan batu split lebih baik dilakukan pada greenhouse agar lebih memudahkan Anda mengontrol tanaman dari serangan hama dan penyakit dan tanaman dapat tumbuh lebih mudah.

Baca Juga:
Tanaman yang Sempat Tidak Diminati, Sekarang Diburu Lagi! Ini Alasannya
Menguak 1001 Jenis Terasering yang Belum Anda Tau, Apa Itu!
Panduan Lengkap Budidaya Buah Langka Asal Papua, Mau Tau!

A. Persiapan

Persiapan yang harus Anda lakukan adalah siapkan bak yang terbuat dari kayu berukuran 0,4 m × 24 m × 0,1 m. Setelah itu, buatlah jarak tanam dengan ukuran 10 cm × 10 cm. Total populasi tanaman yang dapat tumbuh pada ukuran bak tersebut adalah 96 tanaman. Tahap berikutnya yang tak kalah pentingnya yaitu membersihkan batu split dari lumut, kotoran, dan endapan nutrisi.

Proses pembersihannya bisa dikerjakan dengan cara mengalirkan air bersih ke dalam bak. Tujuan dari pencucian media batu ini yaitu untuk mencegah kontaminasi penyakit yang diakibatkan oleh cendawan atau lumut yang tumbuh pada media batu. Selain itu, pencucian juga berfungsi meluruhkan endapan nutrisi yang dapat menjadi racun bagi tanaman.

B. Penanaman

Proses penanaman dapat diawali menanam bibit dengan jarak tanam yang digunakan adalah 10 cm × 10 cm pada media yang sudah dibersihkan. Kemudian berikan nutrisi dengan cara mengalirkannya ke dalam bak melalui pipa PVC berdiameter ¾ inci atau setara 2 cm. Lubangi pipa dengan paku yang dipanaskan dengan jarak 10 cm.

Benih harus disemai terlebih dahulu pada media tanah yang ditempatkan dalam wadah plastik. Setelah muncul 3—4 daun, bibit siap dipindahkan ke dalam bak. Anda harus berhati-hati saat memindahkan bibit agar akarnya tidak terpotong. Jika akar tanaman terpotong, tumbuhan akan stres dan mati.
Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI
C. Tips Dalam Pemeliharaan

Supaya nutrisi mengalir secara merata ke seluruh bak, buat bak miring dengan sudut 15°. Pada ujung bak, berikan lubang agar nutrisi kembali pada bak penampungan serta tidak terbuang dan mengendap. Sumber nutrisi berasal dari campuran 20 kg kompos, 20 kg kotoran sapi, dan 20 kg kotoran ayam yang telah terfermentasi.

Jika tanaman menguning, padahal pemberian nutrisi tetap pada dosis yang dianjurkan, berarti nutrisi sudah harus diganti.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Budidaya dengan Media Tanam Batu Split, Emang Bisa!” dapat berguna dan bermanfaat.

Kami Lim Corporation menyediakan dan melayani pemesanan serta pembelian Plastik Pertanian & Perkebunan, dengan harga murah dan bahan yang berkualitas. Info lebih lanjut mengenai produk silakan hubungi admin kami pada hari dan jam kerja via:
Phone: 031–8830487
SMS/CALL/WA: 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3
Budidaya dengan Media Tanam Batu Split, Bisakah? Budidaya dengan Media Tanam Batu Split, Bisakah? Reviewed by Yoyon Oke on Januari 02, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.