HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Manfaat Tanaman Vetiver Untuk Tanah dan Kesehatan, Penasaran!


Bencana tanah longsor sering terjadi ketika curah hujan lebat dan banjir menerjang sebagian daerah yang rawan. Umumnya musibah ini dihadapi oleh masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah perbukitan. Satu diantara kasus tanah longsor sempat menerjang masyarakat yang tinggal di daerah Bogor, Jawa Barat. Dan dampaknya ada 6 desa yang terisolasi beberapa waktu lalu.

Dari kutipan situs resmi BNPB menyebutkan Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan untuk memelihara tanaman Vetiver. Cara ini bertujuan untuk mencegah erosi tanah dan sebagai bentuk mitigasi bencana. Berdasarkan unggahan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, tanaman Vetiver yang mempunyai nama latin Chrysopogon zizanioides ini disebut mampu mengurangi erosi pada tanah yang gampang terkikis dan tak stabil, terutama pada lereng yang curam.

Diketahui akar tanaman ini sangat dalam dan masif, panjangnya dapat mencapai sekitar 3-4 meter hanya dalam kurun 1 tahun sesudah ditanam. Sebab itulah yang membuat Vetiver mampu mengikat tanah dan sulit dihanyutkan oleh arus deras.

Ketika ditanam rapat, tanaman pagarnya yang lebat berfungsi untuk menyaring sedimen sebagai penyebar air. Bukan hanya itu, tanaman ini juga tahan terhadap tanah, penyakit, dan api. Untuk manfaat lainnya yaitu bisa menyerap karbon, pakan ternak, mengusir hama, bahan atap rumah, dan bahan dasar kertas.

Jika ditanam dalam tanah yang gampang terkikis dan tak stabil, Vetiver akan melaksanakan sejumlah proses yakni mengurangi erosi, menstabilkan tanah yang terkikis. Sebab kelembapan dan nutrisi yang tersimpan di dalam tanaman, maka tanaman lain bisa ditanam setelahnya. Dan disinilah, tanaman Vetiver dijuluki 'tanaman perawat pada tanah yang sakit'. Vetiver gampang dikendalikan sebab tidak menghasilkan bunga dan biji yang cepat menyebar liar seperti alang-alang atau rerumputan lainnya.

Akar tanaman mampu menembus lapisan setebal 15cm yang sangat keras. Akar ini cara kerjanya seperti besi kolom yang masuk ke dalam, menembus lapisan tekstur tanah dan dalam waktu yang bersamaan mampu menahan partikel tanah dengan akar serabutnya.

Baca Juga:
Ingin Nutrisi Tercukupi Saat Diet Vegetarian, Ikuti 5 Cara Ini!
Budidaya dengan Media Tanam Batu Split, Emang Bisa!
Tanaman yang Sempat Tidak Diminati, Sekarang Diburu Lagi! Ini Alasannya

Bagian akar tanah juga bisa merangsek masuk ke tanah sedalam lebih dari 3 meter yang fungsinya seperti kolom-kolom beton kemudian menahan tanah supaya tak longsor. Pada barisan akar tanaman juga bisa menahan material erosi di belakang tubuhnya jadi mengurangi kecuraman dan akhirnya membentuk teras-teras yang lebih landai.

Selain bermanfaat untuk mencegah erosi tanah ternyata minyak dari tanaman vetiver ini juga sangat bermanfaat lho. Sebab Minyak akar wangi (vetiver oil) disuling dari akar tanaman dan mengandung lebih dari 100 komponen.

Bagian pentingnya yaitu senyawa yang ada pada akar wangi ini diantaranya yaitu khusimene, delta-selinene, beta-vetivenene, cyclocopacamphan-12-ol (epimer A dan B), vetiselinenol, khusimol, isovalencenol, khusimone, alpha-vetivone dan beta-vetivone. Minyak akar wangi berwarna kuning-coklat, dan memiliki aroma manis, woody serta smoky. Mirip dengan minyak nilam (patchouli oil) dan minyak esensial cendana (sandalwood essential oil), bau akar wangi semakin kuat seiring penyimpanan yang semakin lama.


Manfaat Vetiver Oil

1. Sifat Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah kerusakan sel, terutama yang disebabkan oleh oksidasi. Ketika dibiarkan berkeliaran bebas di dalam tubuh, beberapa jenis molekul oksigen menyebabkan apa yang dikenal sebagai kerusakan oksidatif, yang dipicu radikal bebas, dan berbahaya untuk jaringan tubuh.

2. Menghilangkan Bekas Luka dan Tanda di Kulit

Minyak akar wangi (vetiver oil) bersifat cicatrisant, yang berarti mampu menyembuhkan bekas luka dengan mempromosikan regenerasi kulit dan jaringan. Minyak ini mampu meremajakan kulit dan menghilangkan bintik-bintik gelap atau bekas jerawat dan cacar.

3. Merawat ADHD

Pada tahun 2001, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Terry Friedman menemukan minyak akar wangi (vetiver oil) efektif mengobati anak-anak dengan ADHD. Studi ini dilakukan selama dua tahun (1999-2001), dan melibatkan 40 anak berusia antara 6 hingga 12 tahun. Dua puluh anak-anak tidak didiagnosis dengan ADHD dan berfungsi sebagai kelompok kontrol, sedangkan 20 anak lainnya didiagnosis dengan ADHD.

4. Berfungsi sebagai Aphrodisiac

Stres mental dan fisik dapat menyebabkan hilangnya libido atau gairah seks. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Hormones and Behavior menyinggung untuk pertama kalinya tentang apa yang disebut “dual-hormone hypothesis”.

Para peneliti menemukan ketika kortisol meningkat pada saat stres, hormon testosteron merespon dengan juga turut mengalami peningkatan. Masalahnya setelah itu, kadar testosteron akan berada pada level jauh lebih rendah dari sebelumnya.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI
5. Meningkatkan Fungsi Tubuh secara Keseluruhan

Minyak akar wangi (vetiver oil) meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan saraf karena bersifat sebagai tonik alami. Sebab minyak akar wangi (vetiver oil) memainkan peran protektif dalam tubuh dengan mengurangi efek beracun dari obat kemoterapi yang disebut cisplatin, yang digunakan untuk mengobati kanker testis, kandung kemih, indung telur atau kanker paru-paru.

6. Menenangkan Kecemasan dan Gugup

Secara tradisional, minyak akar wangi telah digunakan dalam aromaterapi untuk relaksasi dan mengurangi stres emosional, serangan panik, trauma, kecemasan, insomnia, histeria dan depresi.

Bahkan, minyak akar wangi memiliki dampak yang sama seperti Diazepam, obat yang digunakan untuk merawat kecemasan, kejang otot, kejang dan kondisi medis lainnya.

7. Mengusir Rayap

Louisiana State University Agricultural Center menganalisis sifat pengusir rayap dari delapan minyak esensial, termasuk minyak tanaman vetiver ini. Dari minyak esensial yang diuji, minyak akar wangi (vetiver oil) menunjukkan sebagai penolak rayap paling efektif karena memiliki efek paling tahan lama. Minyak akar wangi juga menurunkan aktivitas rayap dalam membangun sarang.

Studi lain membuktikan minyak akar wangi (vetiver oil) mampu mengusir dan mengendalikan larva nyamuk yang bertanggung jawab pada berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, demam kuning dan filariasis. Sebagian orang menggunakan minyak akar wangi pada kulit kepala untuk membunuh kutu, karena efektif dan aman (tidak beracun).

Tertarik menanam tanaman vetiver setelah mengerti manfaat dari minyak ataupun tanamannya yang luar biasa. Terkhusus untuk yang tinggal di daerah bukit wajib tanam agar aman dan terhindar dari bencana tanah longsor.

Jika daerah yang ditinggali cukup panas dan curah hujannya sedikit bisa memasang Paranet untuk peneduhnya. Tenang harga paranet cukup murah kok dan sudah banyak dijual di toko-toko pertanian serta internet.

Semoga dengan adanya ulasan mengenai “Mengenal Manfaat Tanaman Vetiver Untuk Tanah dan Kesehatan, Penasaran!” dapat berguna dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Manfaat Tanaman Vetiver Untuk Tanah dan Kesehatan, Penasaran!"

Posting Komentar