Ingin Nutrisi Tercukupi Saat Diet Vegetarian, Ikuti 5 Cara Ini!


Jenis diet ini dianggap sebagai salah satu diet paling sehat dari jenis diet yang lainnya karena fokus pada konsumsi buah dan sayur. Namun, asupan tanpa daging ini berisiko membuat tubuh kekurangan sejumlah vitamin dan mineral penting untuk menjalankan fungsi organ dengan baik.

Sejumlah sayur dan buah memang memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan daging, susu, atau telur. Apabila dikonsumsi dengan komposisi yang benar dan sesuai, diet vegetarian ini terbukti mampu menurunkan jumlah lemak jenuh, kolesterol, dan kadar gula darah dalam tubuh.

Namun sangat disayangkan tak semua pelaku diet vegetarian ini mengerti komposisi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan harian nutrisi yang dibutuhkan. Terutama bagi pelaku diet temporer atau sekadar mengikuti tren. Jadi sebagian besar pelaku diet vegan ini akhirnya terkena masalah kesehatan.

Kekurangan nutrisi sendiri memang terkait dengan beragam masalah kesehatan, seperti lebih berisiko alami masalah tulang, masalah pencernaan, masalah kulit, hingga penurunan daya ingat.

Supaya kesehatan tetap prima, pelaku diet vegetarian disarankan untuk mencukupi sejumlah nutrisi penting. Nah berikut ini 5 nutrisi yang sebaiknya tak dilewatkan supaya tubuh tetap sehat selama jalani diet vegetarian.

Kalsium

Penyerapan kalsium akan optimal bila dikonsumsi bersama dengan protein, sehingga produk susu dianggap sebagai sumber kalsium terbaik. Tubuh membutuhkan jumlah kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi. Asupan kalsium yang cukup juga mendukung fungsi otot, sinyal saraf dan kesehatan jantung, serta mengurangi terjadinya risiko patah tulang.

Ada sayuran yang bisa menjadi sumber kalsium yang baik, seperti bok choy, kale, lobak, brokoli, dan buncis. Dan pastikan beberapa sayuran tersebut selalu ada dalam menu harian diet vegetarian. Konsumsi pula kacang-kacangan yang kaya kalsium seperti almond, kedelai, dan biji chia.

Vitamin D

Selain dari paparan rutin sinar matahari pagi, vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan. Namun, tak banyak makanan yang mengandung vitamin D, dan rata-rata didapatkan dari daging ikan dan hati sapi. Sehingga pelaku diet vegetarian berisiko kekurangan vitamin D.

Vitamin D sendiri mendukung penyerapan kalsium dan fosfor dari usus, menjaga fungsi kekebalan tubuh, menjaga suasana hati, memori dan pemulihan otot. Penurunan mood dan mudah terserang infeksi menjadi salah satu akibat dari kurangnya vitamin D. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian, pelaku diet bisa mengonsumsi vitamin D2 atau suplemen vitamin D3. Vitamin D juga bisa didapat secara alami dalam jamur-jamuran.


Yodium

Penelitian menunjukkan, pelaku diet vegan memiliki kadar yodium 50% lebih rendah dalam darah. Garam beryodium, makanan laut, rumput laut, dan produk susu adalah sumber terbaik yodium. Umumnya makanan yang asupan yodium tinggi ini dimusuhi oleh pelaku diet vegetarian. Padahal, mineral memainkan peran penting dalam tubuh dengan menjaga fungsi tiroid yang sehat.

Oleh sebab itu, jika pelaku diet vegetarian tak bisa memastikan kecukupan yodium, konsumsi yodium dalam bentuk suplemen bisa diperlukan. Namun, konsumsi suplemen yodium baiknya atas rekomendasi spesialis gizi agar asupannya tidak berlebihan.

Vitamin B12

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku diet vegetarian mempunyai risiko kekurangan vitamin B12 yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan diet yang lainnya. Vitamin ini membantu metabolisme protein dan pembentukan sel darah merah pengangkut oksigen.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, kerusakan sistem saraf, infertilitas dan penyakit tulang dan juga gangguan jantung, menurut Healthline. Namun, vitamin ini banyak didapat dari makanan laut seperti kerang, kepiting, dan ikan, termasuk daging sapi dan yogurt.

Jika ingin vitamin B12 dalam tubuh tercukupi ketika menjalani diet vegetarian, bukan hanya konsumsi suplemen pilihannya, bisa juga konsumsi lebih banyak produk kedelai seperti tempe, tahu, dan susu kedelai.
Ayo segera bergabung dengan Fanspage kami "Info Kesehatan" untuk dapatkan info terkini tentang dunia kesehatan, silahkan klik DISINI
Seng atau Zinc

Mineral yang satu ini berfungsi untuk mendukung metabolisme tubuh yang sehat, mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh, dan perbaikan sel. Kekurangan seng telah dikaitkan dengan rambut rontok, diare dan penyembuhan luka yang lebih lama.

Umumnya para pelaku diet vegetarian ini dinilai paling berisiko memperoleh kadar mineral yang paling rendah jika dibandingkan jenis diet lainnya. Mengkonsumsi suplemen yang mengandung seng dapat menjadi solusi agar kebutuhan tetap terpenuhi. Namun, konsumsi suplemen seng dalam jangka panjang juga tidak direkomendasikan. Dengan demikian, diet vegetarian harus dikonsultasikan dengan ahli gizi jika dilaksanakan dalam jangka waktu lama.

Jadi gimana? Masih mau jalani diet yang tidak sehat, coba deh lakukan program diet sehat ini dijamin kesehatan Anda tetap terjaga. Dan lebih baiknya lagi kalau Anda tanam buah-buahan serta sayuran sendiri, apalagi sekarang alat untuk bertanam sudah banyak dijual di toko-toko ataupun distributor pertanian salah satunya Polybag. Bertanam dengan polybag ini tak perlu lahan yang luas atau besar, cukup menggunakan lahan yang ada saja.

Semoga dengan adanya ulasan mengenai “Ingin Nutrisi Tercukupi Saat Diet Vegetarian, Ikuti 5 Cara Ini!” dapat berguna dan bermanfaat.
Ingin Nutrisi Tercukupi Saat Diet Vegetarian, Ikuti 5 Cara Ini! Ingin Nutrisi Tercukupi Saat Diet Vegetarian, Ikuti 5 Cara Ini! Reviewed by Yoyon Oke on Januari 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.