limcorporation
Subscribe Newsletter

Fakta Unik Kakap Merah, Ikan Laut yang Punya Nilai Ekonomis Tinggi

kakap merah

Kakap merupakan keluarga ikan laut dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang ataupun terumbu karang. Kakap memiliki ciri tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang di sepanjang punggungnya.

Baca Juga :

Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia yakni kakap merah. Ikan ini merupakan hewan endemic yang berasal dari Kepulauan Riau. Untuk mengetahui fakta-fakta unik soal ikan kakap merah, berikut ulasannya hanya untuk Anda.

Asal Usul Nama Kakap Merah

Ikan kakap merah mendapatkan namanya dari penampilan merah pada kulit serta sisiknya bersama dengan mata merah. Sedangkan untuk bagian tengah tubuhnya berkelir putih serta bercorak kemerahan. Lalu di bagian punggung di atas garis rusuknya, pula terdapat corak garis kuning yang kemerahan.

Ciri Bentuk Kakap Merah

Ikan kakap merah ini mempunyai badan yang lebar serta pula memanjang. Kepala dari ikan ini pula mempunyai bentuk yang gepeng serta agak cembung serta sirip punggung mempunyai beberapa ruas.

Di bagian bawah penutup insangnya, ada semacam gerigi-gerigi yang berkontur kasar. Kakap merah mempunyai gigi-gigi yang tersusun di dalam rahang dengan organ gigi taring yang berada di rahang atas sebelah paling luar.

Nama Kakap Merah di Tiap Daerah

Kakap merah mempunyai nama yang berbeda di tiap daerah, begitupun dengan sebutan orang luar negeri. Untuk sebutan asingnya, kakap merah biasa disebut pula dengan Genuine Red, North American, Red Snapper, serta Pargo Colorado.

Sedangkan di daerah lokal umumnya disebut dengan Darongan, Kellet, serta Bambangan untuk Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Jawa Barat serta DKI Jakarta, kakap merah dikenal pula dengan sebutan Bambangan.

Di Madura menyebutnya dengan Posepa, Bran serta Bambang di daerah Bangka, Langgaria serta Gacak di daerah Sulawesi Tenggara, Bacan serta Delise di daerah Sulawesi Selatan, Lolise di Sulawesi Utara, Delis, Rae, Sengaru di daerah Ambon, serta Popika di daerah Seram.

Anda butuh jaring keramba murah dan kuat untuk budidaya ikan kakap merah atau ikan lain? Klik disini untuk daftar harganya!

Tergolong Ikan Kakap Terpopuler

Ikan kakap merah termasuk ikan demersal atau yang makan serta hidup di dasar laut. Ikan kakap merah adalah salah satu jenis ikan laut yang bernilai ekonomis tinggi serta potensial untuk dibudidayakan.

Secara umum ikan ini mempunyai laju pertumbuhan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan ikan laut lainnya. Ikan jenis ini merupakan komoditas perikanan yang mempunyai prospek perkembangan budidaya yang bagus di masa datang.

Rata-rata Berat Kakap Merah

Untuk rata-rata berat kakap merah adalah 4-10 kg, atau juga bisa mencapai lebih dari 20 kg. Untuk rekor dunia yang pernah tercatat ialah kakap merah dengan berat 25 kg / 50 pon. Pada umumnya, kakap merah sering berada pada kedalaman 60 meter.

Manfaat Kakap Merah untuk Kesehatan

Ikan kakap merah menjadi salah satu spesies yang mengandung protein tinggi. Ikan kakap kaya akan kandungan selenium, Vitamin A, kalium serta asam lemak omega-3. Untuk ulasan lengkap soal manfaat ikan kakap merah, berikut beberapa daftarnya :

  1. Mampu merawat kesehatan mata
  2. Dapat menjaga kesehatan tulang
  3. Membantu merawat kesehatan gigi
  4. Dapat mencegah penuaan dini
  5. Mampu mencegah penyakit jantung
  6. Bisa mengontrol berat badan
  7. Dapat menjaga antibodi tubuh

Makanan Ikan Kakap Merah

Ikan kakap merah sendiri termasuk kedalam jenis binatang karnivora. Ikan ini memangsa ikan-ikan kecil serta mahluk invertebrata yang hidup di dasar permukaan laut. Makanan utamanya adalah ikan serta kepiting kecil.

Fakta Unik Kakap Merah, Ikan Laut yang Punya Nilai Ekonomis Tinggi Fakta Unik Kakap Merah, Ikan Laut yang Punya Nilai Ekonomis Tinggi Reviewed by Pak Tani on Juli 16, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk