3 Cara Menanam Kedelai di Polybag yang Mudah Diterapkan di Rumah


Kedelai adalah bahan pangan pokok ketiga sesudah padi. Kedelai ialah tanaman yang mempunyai beragam manfaat serta baik untuk dikonsumsi. Kedelai mempunyai banyak kandungan baik, seperti kandungan protein nabati yang dapat dijadikan makanan diet rendah kalori.

Tak hanya mempunyai kandungan protein yang tinggi, kedelai pula dapat dipakai sebagai bahan olahan berbagai macam makanan. Meskipun kedelai ini sudah dibudidayakan di berbagai negara, penghasil kedelai utama di dunia ialah Amerika Serikat.

Baca Juga :

Biasanya tanaman yang tergolong ke dalam polong-polongan ini ditanam di lahan persawahan ataupun lahan kering sesudah panen padi. Namun meski demikian, kedelai pun juga dapat ditanam dalam media polybag untuk kamu yang punya masalah keterbatasan lahan.

Pembibitan dan Media Tanam

Pilihlah varietas kedelai yang sesuai dengan kebutuhan, mampu beradaptasi di media tanam, memiliki daya tumbuh yang cepat, serta memenuhi standar mutu benih yang baik. Kualitas bibit sangat menentukan kualitas kedelai nantinya.

Pertama siapkan polybag dengan ukuran minimal 30 sentimeter (cm) serta lubangi bagian bawahnya. Lalu masukkan campuran tanah, pupuk kandang/kompos, sekam padi serta arang dengan perbandingan 1:1:1. Tambahkan juga sekitar 3 sendok tanam pupuk urea. Siramlah dengan air secukupnya serta diamkan.

Penanaman dan Pemeliharaan

1. Masukkan sekitar 4 biji kedelai ke dalam polybag yang telah didiamkan.

2. Siram tiap 10 hari sekali untuk suhu normal. Pada suhu tinggi, penyiraman dapat ditingkatkan supaya kondisi tanaman tetap segar.

3. Jangan biarkan air menggenangi tanaman sebab dapat meningkatkan risiko pembusukan.

4. Pemupukan tanaman dapat dikerjakan kembali setelah 25 hari masa tanam serta 40-45 hari usai masa tanam.

5. Tambahkan kapur di media tanam untuk mengurangi keasaman.
Butuh polybag untuk tanaman Anda? Pesan disini!
Pemanenan

Tahap pemanenan tanaman kedelai dapat dikerjakan saat berumur 75-100 hari sejak masa tanam. Dapat juga saat daun serta polong kedelai telah menguning serta mulai rontok.

Cara menanam kedelai di dalam polybag memang tak terlalu sulit, sehingga dapat kamu jadikan sebagai usaha sampingan di rumah. Tak hanya mudah, pastinya juga dapat mendatangkan keuntungan rupiah. Banyaknya manfaat yang dapat diambil dari kedelai, membuat banyak orang tertarik menanam kedelai.

Selain mempunyai kandungan yang sehat, kedelai juga dapat diolah menjadi berbagai makanan ataupun minuman, salah satunya tempe, susu, serta tahu. Kamu tertarik menanam kedelai sendiri di rumah? Yuk terapkan tips diatas. (Editor: A)
3 Cara Menanam Kedelai di Polybag yang Mudah Diterapkan di Rumah 3 Cara Menanam Kedelai di Polybag yang Mudah Diterapkan di Rumah Reviewed by Gardener on Januari 13, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :
Beli juga!