8 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

labu kuning

Labu kuning atau Cucurbita moschata ialah salah satu jenis buah yang kerap dikonsumsi sebagai campuran kolak, kue, sup, serta puding. 

Labu kuning pula mempunyai kandungan vitamin B, vitamin K, folat, serta beragam antioksidan, seperti antosianin, lutein, kolin, serta karoten.

Baca Juga :

Karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, labu baik dikonsumsi oleh siapa pun, mulai dari anak-anak, orang dewasa, serta ibu hamil.

Untuk kamu yang penasaran manfaat lain dari labu kuning ini, berikut ini beberapa manfaat labu kuning guna kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Memperlancar pencernaan

Manfaat ini dapat kamu peroleh dari labu kuning sebab buah ini pula mempunyai kandungan serat yang tinggi guna memenuhi kebutuhan gizi Anda.

Konsumsi labu kuning yang cukup bakal membantu kamu terhindar dari konstipasi ataupun sembelit sekaligus mempunyai jadwal BAB yang lebih teratur.

2. Membuat kenyang lebih lama

Jika kamu sedang mencoba menurunkan berat badan, labu kuning bisa jadi pilihan yang tepat guna dijadikan makanan diet.

Selain rasanya yang enak, labu kuning dapat memberi manfaat berupa penurunan berat badan sebab rendah kalori serta karbohidrat.

Selain itu, makan labu kuning dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan labu mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi sehingga berfungsi guna memperlambat proses pencernaan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menariknya, makan labu kuning dapat jadi salah satu cara memperbaiki sistem kekebalan tubuh guna menangkal berbagai macam penyakit.

Kandungan vitamin A yang berlimpah dalam labu kuning memberi manfaat agar tubuh terhindar dari virus serta penyakit menular. Bahkan, minyak labu dapat membantu melawan berbagai infeksi bakteri serta jamur.

Selain itu, sebab labu kuning mempunyai kandungan hampir 20% dari jumlah vitamin C harian yang disarankan. Ini tentu membantu kamu pulih dari pilek lebih cepat.

Itu sebabnya, menyantap sup labu kuning di musim hujan yang dingin dapat kamu lakukan guna mencegah terserang penyakit, seperti flu, pilek, serta batuk-batuk.

4. Menajamkan penglihatan mata

Kandungan betakaroten yang terdapat pada labu kuning menjadikan buah ini kaya kandungan vitamin A guna membantu retina menyerap serta memproses cahaya.

Selain itu, labu kuning pula mempunyai kandungan lutein serta zeaxanthin, dua antioksidan yang dapat membantu mencegah katarak serta memperlambat perkembangan degenerasi makula.

5. Mempercantik kulit

Manfaat labu kuning lainnya ialah merawat kecantikan kulit. Labu kuning kaya kandungan berbagai vitamin, mineral, serat serta antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat serta muda.

Bahkan, lebih dari itu, buah yang satu ini pula mampu menjadikan kulit terasa kenyal serta lembut. Kandungan betakaroten dalam labu menghasilkan antioksidan yang baik guna menangkal radikal bebas serta mencegah radiasi dari sinar UV.

Itu sebabnya, menyantap makanan yang kaya kandungan betakaroten, termasuk labu kuning, berpotensi membuat kamu lebih awet muda.

Kamu dapat membudidayakan labu kuning di kebun dengan mulsa plastik, agar suhu tanah tetap terjaga dan tanaman tetap sehat. Cek harga mulsa plastik terbaru disini.

6. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan folat, karotenoid, serta magnesium di dalam labu kuning membuatnya kaya manfaat guna menjaga kesehatan jantung.

Magnesium bekerja guna merelaksasi pembuluh darah agar dapat menurunkan tekanan darah serta mencegah terjadinya penyakit stroke maupun serangan jantung.

Selain itu, labu kuning dapat mencegah terjadinya aterosklerosis. Aterosklerosis ialah kondisi di mana dinding pembuluh darah arteri mengeras akibat penumpukkan lemak pada dinding dalamnya.

7. Mencegah risiko kanker

Manfaat selanjutnya dari buah berwarna kuning ini ialah mengurangi risiko kamu terkena penyakit kanker.

Kandungan betakaroten yang tinggi pada labu selain bagus guna mata serta kulit pula dapat membantu mencegah kanker.

Selain itu, kandungan antioksidan dari vitamin A serta C dalam labu kuning bertindak sebagai pelindung sel-sel tubuh kamu dalam melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker.

8. Menurunkan tekanan darah

Labu kuning amat kaya kandungan kalium. Ternyata, menyantap makanan yang mempunyai kandungan kalium sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium guna menurunkan tekanan darah.

Asupan kalium ke dalam tubuh pula mengurangi kemungkinan kamu guna terserang stroke, pembentukan batu ginjal, serta mempertahankan kepadatan tulang.

8 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui 8 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui Reviewed by Pak Tani on Juli 12, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.