sobat!

Musim Hujan Tiba? Jaga Imun Tubuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini


Musim hujan mulai melanda wilayah Indonesia, dan umumnya kuman penyakit mulai menyerang tubuh, seperti demam, flu, dan batuk. Oleh karena itu, tentunya dibutuhkan asupan makanan yang bergizi dengan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan guna memperkuat daya tahan tubuh.

Dengan begitu, Anda harus menjaga pola makan dan tetap mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan yang justru membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit untuk berbagai aktivitas. Berikut 5 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh.

1. Buah Citrus


Buah citrus memiliki berbagai jenis yang termasuk dalam suku jeruk. Berbagai jenis buah citrus antara lain jeruk, lemon, limau, grapefruits, dan clementine. Buah citrus ini memiliki rasa yang asam dan menyegarkan.

Kaya vitamin C, buah citrus dapat meningkatkan sel darah putih dalam tubuh Anda. Sel darah putih yang tinggi ini dapat mengurangi virus penyebab flu. Karenanya jeruk-jerukan jenis ini diandalkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah citrus juga banyak ditemukan pada musim hujan seperti sekarang.

Baca Juga:

2. Paprika

Tanaman paprika adalah salah satu makanan yang bisa dikonsumsi pada saat musim hujan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Paprika ini kaya vitamin C. Ada juga Beta Karoten yang bisa menjadi kombinasi sempurna untuk melawan virus penyebab masuk angin.

Selain baik untuk menjaga kekebalan tubuh, kandungan Beta Karoten juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mata Anda. Dengan mengonsumsi paprika secara rutin dapat menghindarkan Anda dari masuk angin yang sering terjadi saat musim hujan.

3. Bawang Putih

Bawang putih selama ini dikenal sebagai bumbu dapur dengan aroma dan rasa khas yang mampu membuat masakan menjadi nikmat. Selain sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan makanan yang membantu melawan virus penyebab flu saat musim hujan.

Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam genus allium atau genus bawang merah. Bawang putih banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional di seluruh dunia. Sebab di dalamnya kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6, tiamin, kalium, kalsium, fosfor, mangan dan belerang.

4. Jahe

Tumbuhan jahe termasuk tanaman rimpang yang berbuah di dalam tanah. Jahe sangat populer sebagai bumbu dan ramuan obat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jahe juga memiliki efek menghangatkan. Paling enak disantap saat cuaca dingin atau musim hujan seperti ini.

Jahe yang menghangatkan badan memiliki rasa pedas yang dominan karena mengandung senyawa keton yang disebut zingeron. Kandungan gingerol dan shaogal dalam akar jahe dapat membantu membunuh rhinovirus penyebab flu.

5. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Nutrisi yang baik tersebut antara lain kandungan vitamin C, beta karoten, dan antioksidan yang sangat tinggi. Sayuran hijau ini memiliki kemampuan melawan infeksi yang tinggi, sehingga bayam dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi rasa sakit selama musim hujan.

Bayam juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat menyehatkan pencernaan Anda. Selain itu, bayam mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin K. Kandungan lain dari bayam ini adalah mineral, antara lain magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, kalium, dan natrium.
Musim Hujan Tiba? Jaga Imun Tubuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini Musim Hujan Tiba? Jaga Imun Tubuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini Reviewed by Pengelana on Januari 09, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

NOTICE

dari telah membeli
Rating Pembeli :