sobat!

7 Fakta Unik Bunga Telang, Si Ungu yang Punya Banyak Manfaat


Bunga telang ialah tanaman merambat yang umumnya banyak ditemukan di kebun ataupun tumbuh secara liar. Namun, belakangan ini banyak yang menanamnya sebagai tanaman hias.

Bunga berwarna ungu sejak dulu dipercaya sebagai salah satu tanaman yang kaya manfaat. Bahkan, bunga berwarna biru keunguan ini pula digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India.

Baca Juga :

Tanaman ini umum diolah menjadi berbagai produk, seperti sabun serta teh. Ingin tahu fakta lain soal bunga telang ini? Simak sampai habis ya!

1. Clitoria Ternatea ialah nama latin dari bunga ini. Bunga biru dan cantik dengan jenis pohonan merambat. Di Indonesia bunga ini dikenal dengan nama Telang serta di luar negeri dikenal dengan nama Butterfly Pea sebab bentuknya seperti kupu-kupu.

2. Pada pelayaran ke Pulau Ternate abad 17, Jacob Breyne terpesona pada tanaman merambat berbunga ungu ini. Oleh karena itu, tanaman ini maka dinamai Clitoria ternatea, sebab spesimennya berasal dari Ternate.

3. Kini, selain di Indonesia, diketahui tanaman ini tumbuh bagus di khatulistiwa Asia, termasuk Asia Selatan, serta Asia Tenggara. Bunga ini pula menyebar serta berkembang di Afrika, Amerika, serta Australia.

4. Sebagai legumes atau tumbuhan anggota suku polong-polongan, akar bunga telang membentuk hubungan simbiosis dengan bakteri tanah yakni rhizobia, yang mengubah N2 (gas nitrogen) di atmosfer menjadi bentuk yang bisa digunakan tanaman. Sehingga tanaman ini pula bisa meningkatkan kualitas tanah melalui penguraian jaringan yang kaya nitrogen.
Tanaman bunga kerap tidak cocok pada cuaca terlalu ekstrem, maka greenhouse adalah solusi tepat untuk melindungi tanaman Anda. Butuh plastik uv untuk greenhouse? Cek harganya disini ya!
5. Beberapa penduduk lokal di negara asal bunga telang seperti Indonesia, Malaysia serta Thailand banyak menggunakan bunga ini dalam kesehariannya. Bunga telang mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, manfaat lain yang ada pada bunga ini antara lain :
  • Pereda batuk serta sakit kepala
  • Pereda cemas serta stres
  • Meningkatkan kesehatan otak
  • Mengobati asma secara alami
  • Bisa untuk detoks tubuh kita
  • Obat alami untuk diabetes
  • Bagus untuk sistem pencernaan
  • Pengobatan untuk sakit kepala
Kamu penasaran ingin mencoba khasiat dari bunga telang? Salah satu yang paling sering dibuat ialah teh bunga telang, sebab prosesnya sangat mudah.

6. Tanaman yang pula disebut Butterfly Pea ini merupakan tumbuhan berusia pendek, tumbuh dengan cepat, merambat abadi, tumbuhan pengacak ataupun trailing leguminus yang bisa tumbuh setinggi sekitar 2,5 meter.

7. Bunga telang umumnya mekar di awal musim semi, awal/akhir musim panas, ataupun awal musim gugur. Bunga telang mekar di pagi hari dalam posisi terbalik serta tak mengeluarkan aroma ataupun rasa. Tanaman ini paling baik beradaptasi dengan lokasi yang terkena curah hujan musim panas tahunan sekitar 12 inci/30 cm. (Editor: A)
7 Fakta Unik Bunga Telang, Si Ungu yang Punya Banyak Manfaat 7 Fakta Unik Bunga Telang, Si Ungu yang Punya Banyak Manfaat Reviewed by Pak Tani on Februari 18, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :
Beli juga!

Chat
Now