Hebat, Ini 10 Contoh Tanaman Hortikultura yang Harus Anda Tau!


Istilah hortikultura mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Seketika menjadi lebih jelas, saat mereka tau bahwa proses merawat beragam jenis tanaman hias, menanam tanaman dalam arti kebun, dan memotong rumput termasuk kegiatan hortikultura.

Ada beragam tanaman yang bisa dibudidayakan untuk kebutuhan hortikultura, diantaranya yaitu tanaman buah, tanaman sayur, tanaman bunga, tanaman obat, dan hortiklutura yang berkaitan dengan penataan lanskap atau taman. Kata hortikultura sendiri berasal dari bahasa Latin yakni hortus, yang artinya taman dan colere yang berarti untuk bercocok tanam.

Pengertian Hortikultura

Ilmu dan seni untuk menghasilkan, meningkatkan, memasarkan, dan menggunakan buah-buahan, sayuran, bunga, dan tanaman hias. Berbeda dengan botani dan ilmu tanaman lainnya sebab Hortikultura menggabungkan ilmu pengetahuan dan estetika.

Dengan produksi dan konsumsi buah dan sayuran berkualitas tinggi memungkinkan kita mempertahankan pola makan harian yang sehat, bergizi dan seimbang. Fungsi bunga dan tanaman hias berkontribusi pada keindahan lingkungan di sekitar kita.

Pengertian Holtikultura Menurut Para Ahli

Adapun definisi dari manfaat holtikultura menurut para ahli, antara lain:

- Liberty Hyde Bailey, Thomas Andrew Knight, John Lindley

Dari pandangan Liberty Hyde Bailey (1858-1954), seorang sarjana Amerika bisa dianggap sebagai salah satu Bapak Ilmu Hortikultura bersama dengan Thomas Andrew Knight (1759-1838) dan John Lindley (1799-1865), hortikultura ialah pertumbuhan dari bunga, buah dan sayuran, serta tanaman yang bertujuan untuk ornamen dan keindahan.

- Janick

Dalam konsepnya, hortikultura merupakan bagian dari pertanian yang saling berkaitan. Maka dari itu, menurut Janick (1972) hortikultura merupakan metode pertanian yang berkaitan dengan tanaman intensif dan langsung dimanfaatkan manusia untuk makanan, kebutuhan pengobatan, atau untuk kepuasan estetika.

- Louisiana State University

Arti hortikultura yaitu ilmu dan seni yang terlibat dalam proses budidaya, perbanyakan, pengolahan dan pemasaran tanaman hias, bunga, rumput, buah dan sayuran, serta kacang-kacangan. Lebih unik di antara ilmu-ilmu tanaman sebab tak hanya melibatkan sains dan teknologi, tetapi juga menggabungkan seni dan prinsip desain.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh jenis tanaman hortikultura, diantaranya yaitu:

1. Tanaman Buah (Frutikultura)

Artinya yaitu jenis tanaman yang bisa dipanen untuk diambil buahnya. Jika dilihat dari masa berbuahnya, tanaman buah ini dibedakan menjadi dua, yaitu tanaman buah musiman dan tahunan. Berikut ini masing-masing contoh dari kedua jenis tanaman buah.

- Buah Mangga


Mangga yang memiliki nama Latin Mangifera Indica L adalah jenis buah yang berasal dari India, tepatnya daerah sekitar Bombay dan sekitar kaki gunung Himalaya, kemudian tersebar ke daerah lain, diantaranya ada yang hingga ke Amerika Latin, sebagian ke benua Afrika, serta negeri di kawasan Asia Tenggara, seperti Vietnam, kepulauan Philipina dan kepulauan Jawa.

- Buah Pisang


Jenis buah memiliki bentuk bulat lonjong dan berwarna kuning, hijau, atau coklat dengan daging buah yang empuk dan manis. Pisang tergolong dalam suku Musaceae yang tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok berbentuk menjari yang disebut sisir.

2. Tanaman Sayur (Olerikultura)

Olerikultura merupakan jenis tanaman yang sengaja dibudidayakan dengan tujuan untuk dijadikan sebagai sayur-sayuran. Seperti tanaman buah, tanaman sayur juga dibedakan menjadi dua, yaitu tanaman sayur musiman dan tahunan.

Tanaman sayur musiman yaitu tanaman sayur yang hanya tumbuh pada musim tertentu, sedangkan tanaman sayur tahunan ialah tanaman sayur yang bisa ditanam sepanjang tahun tanpa terikat dengan lingkungan atau jenis musim. Berikut ini salah satu contoh dari kedua jenis tanaman sayur.

- Sayur Bayam


Tumbuhan bayam atau nama Latinnya Spinacia Oleracea yaitu tanaman berbunga hijau asli wilayah Asia tengah dan barat. Jenis tanaman sayur yang satu ini tergolong dalam famili Amaranth, dan merupakan salah satu sayuran yang bisa dimakan daunnya.

- Sayur Melinjo


Tanaman melinjo atau dalam Bahasa Latin yaitu Gnetum Gnemon merupakan tanaman yang tergolong dalam famili Gnetaceae dan tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) yang berasal dari Asia tropik, Melanesia dan Pasifik Barat. Daun dari tanaman ini digunakan untuk sayuran, sedangkan bijinya biasanya digunakan untuk membuat emping.

Baca Juga:
Mengenal 6 Tanaman Buah yang Berkhasiat Untuk Obat Alami!
Mengulik Khasiat dari 8 Tanaman Rempah Untuk Obat Alami! Mau Tau?
Ternyata Tanaman Bunga dan Daun Ini Berguna Untuk Obat Alami Loh!

3. Tanaman Bunga (Florikultura)

Florikultura atau tanaman bunga adalah jenis tanaman yang umum dipakau sebagai tanaman hias, dan merupakan seni serta pengetahuan menanam bunga dengan sempurna.

Proses florikultura ini mencakup budidaya bunga dan tanaman hias mulai dari tanam sampai panen. Dan seluruhnya juga mencakup produksi bahan tanam dari biji, stek, tunas, okulasi, dll, sampai pemasaran bunga dan hasil bunga.

Tahap penanamannya juga sangat beragam, misalnya saja ditanam di pot seperti bunga mawar, melati, bunga kenanga dan beberapa jenis bunga lainnya. Bisa juga ditanam dengan menempel di kulit pohon seperti bunga anggrek.

- Bunga Mawar


Tanaman mawar ini sejenis semak berbunga, namanya berasal dari kata Latin Rosa dan tergolong dalam famili Rosaceae. Tanaman mawar ini tumbuh berbagai warna, dari mawar merah yang terkenal atau mawar kuning dan terkadang mawar putih atau ungu.

Tanaman yang satu ini dijuluki sebagai Ratu Bunga sebab keindahan dan keunikannya. Indahnya bentuk kelopaknya didukung dengan aroma yang sangat harum dan sering diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.

- Bunga Anggrek


Anggrek yang termasuk famili Orchidaceae merupakan salah satu dari hampir 1.000 genera dan lebih dari 22.000 spesies tanaman bunga yang menarik yang terdistribusi di seluruh dunia, terutama di daerah tropis basah.

Umumnya tanaman tahunan non-kayu ini merupakan tumbuhan darat atau epifit (misalnya Tumbuh pada tanaman lain daripada berakar di tanah). Yang melekat pada tanaman lain dan memiliki penutup akar seperti bunga yang menyerap air dari udara di sekitarnya.

4. Hortikultura Tanaman Obat (Biofarmaka)

Biofarmaka atau yang kita kenal dengan toga (tanaman obat kelaurga) yaitu tanaman yang mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Penanaman beragam jenis tanaman obat sudah dilakukan sejak zaman dahulu, termasuk di Indonesia. Dulu sebagian besar orang seringkali memakai tanaman rempah-rempah untuk pengobatan. Tanaman obat ini juga dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

Tanaman obat rimpang dan non rimpang. Tanaman obat yang berasal dari buah, bunga, daun, batang ataupun akar disebut tanaman obat non rimpang. Sedangkan tanaman obat yang asalnya dari rimpang/umbi tanaman disebut tanaman rimpang.

- Tanaman Obat Lidah Buaya


Tanaman lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh pada iklim tropis ataupun subtropis dan sudah dimanfaatkan sejak lama sebagai pengobatan. Ciri morfologi lidah buaya bisa tumbuh di daerah beriklim dingin dan juga di daerah kering, seperti Afrika, Asia dan Amerika.

- Tanaman Jahe


Jenis tanaman herbal ini termasuk ke dalam famili Zingiberacea, yang merupakan salah satu rempah pertama yang diekspor dari Asia ke Eropa melalui perdagangan, dan digunakan oleh orang Yunani dan Romawi kuno.

Tak hanya digunakan sebagai rempah, jahe juga digunakan untuk bumbu masakan, dan obat-obatan. Rasa pedas yang dominan ada pada tanaman ini disebabkan senyawa keton bernama zingeron.


5. Hortikultur Lanskap (Taman)

Hortikultura lanskap merupakan jenis hortikultura yang mencakup desain, konstruksi dan perawatan lanskap dengan mempertimbangkan pilihan tanaman yang tepat dan efek estetika untuk rumah, bisnis dan tempat-tempat umum.

Metode ini berkaitan dengan pemakaian tanaman hias seperti semak, tanaman keras dan pohon. Maka, seorang ahli hortikultura lanskap harus tahu cara merawat tanaman alami dengan baik dan menjaga tanaman tetap sehat saat tumbuh. Sebab faktor terpenting yang harus diperhatikan yaitu penampilan tanaman. Nah, berikut ini 2 contoh taman yang harus Anda tau.

- Taman bergaya Jawa (Taman Jawa)


Taman Khas Jawa yang dibangun dengan tema gaya tradisional Jawa. Prinsip dasar dalam membuat taman Jawa yaitu miniaturisasi dari lanskap atau pemandangan alam tropis di Jawa. Tujuan elemen dasar yang digunakan seperti batu-batu dan kolam yaitu untuk melambangkan lanskap alam berukuran besar.

- Taman bergaya Jepang


Taman Jepang yaitu taman yang dibangun dengan gaya tradisional Jepang. Prinsip dasar dalam membuat taman Jepang adalah miniaturisasi dari lanskap atau pemandangan alam empat musim di Jepang. Pemberian elemen batu-batu dan kolam tujuannya sama dengan taman Jawa yaitu untuk memberikan lanskap alam berukuran besar.

Semoga dengan adanya artikel mengenai tanaman hortikultura ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian.
Hebat, Ini 10 Contoh Tanaman Hortikultura yang Harus Anda Tau! Hebat, Ini 10 Contoh Tanaman Hortikultura yang Harus Anda Tau! Reviewed by Yoyon Oke on April 18, 2020 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.