Mengenal 6 Tanaman Buah yang Berkhasiat Untuk Obat Alami!


Rumah akan tampak asri saat ditanami banyak tumbuhan baik di bagian pekarangan ataupun dalam ruangan. Misalnya buah-buahan, tanaman berdaun, sampai bunga bisa dijadikan pilihan. Ya, mungkin saja tak banyak disadari, dari sekian banyak tumbuhan yang hidup di pekarangan ada tanaman herbal yang berguna sebagai obat alami.

Pengertian tanaman herbal sendiri yaitu tumbuhan berupa daun, bunga, atau lainnya yang mengandung zat aktif untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit. Sering sekali tanaman ini disebut sebagai tanaman obat keluarga sangat beragam jenisnya. Khasiat dan manfaat dari tanaman ini juga sangat beragam, mulai dari menyembuhkan flu hingga penyakit serius lainnya.

Sesudah dipetik atau dipanen, tumbuhan-tumbuhan obat herbal tersebut kemudian diolah sedemikian rupa untuk digunakan. Dengan demikian, yuk mulai cari tanaman herbal tersebut di pekarangan Anda! Siapa tahu ada banyak tanaman yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat keluarga. Nah, apa saja ya? Ayo simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
Baca Juga: Mengulik Khasiat dari 8 Tanaman Rempah Untuk Obat Alami! Mau Tau?
6 TANAMAN HERBAL DARI TUMBUHAN BERBUAH

Ada banyak jenis buah-buahan yang bisa dikembangkan di rumah. Beberapa di antaranya bukan hanya enak dikonsumsi tetapi juga memberikan khasiat lain yaitu, sebagai obat. Berikut ini beberapa buah yang mempunyai khasiat menyembuhkan seperti tanaman herbal:

1. Alpukat


Sobat petani di seluruh Indonesia, apakah di rumahmu ada pohon alpukat? Ketika sudah dipanen, enaknya buah tersebut dimakan dengan krimer kental manis atau dijadikan jus. Selain rasanya yang begitu lezat, ternyata buah ini juga termasuk sebagai tanaman herbal yang baik untuk tubuh. Beberapa kandungan baik yang dimiliki alpukat antara lain:
* Vitamin B
* Vitamin C
* Zat besi
* Kalsium
* Fosfor
* Lemak baik

Kandungan lemak baik di dalam alpukat mempunyai manfaat baik pada sistem kardiovaskular. Tak hanya itu memakan alpukat juga bisa meminimalisir inflamasi pada sistem pencernaan dan dinding perut. Agar khasiat dan manfaat alpukat sebagai tanaman Toga dapat lebih maksimal, konsumsilah alpukat tanpa campuran gula atau zat lainnya. Sebagian besar orang yang senang dengan makanan organik sering menjadikan alpukat sebagai pengganti butter untuk roti. Mungkin Anda bisa cari resep-resep makanan berbahan dasar alpukat yang minim gula dan juga garam.

2. Pepaya


Pastinya semua orang sudah banyak yang tahu manfaat buah pepaya untuk pencernaan. Saat orang-orang mengalami sulit buang air besar (BAB), banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi buah satu ini. Sebab kandungan serat dari pepaya sangat tinggi dan baik untuk pencernaan. Selain buahnya saja ternyata yang bermanfaat, daun pepaya juga disebut-sebut merupakan tanaman herbal yang mampu dijadikan obat, adapun bebeberapa khasiatnya antara lain:
* Mampu mengontrol tekanan darah
* Bisa mengobati penyakit demam berdarah
* Meredakan nyeri ketika menstruasi
* Mengatasi gangguan fungsi pencernaan karena mengandung karpain untuk menghambat mikroorganisme jahat
* Obat antikanker sebab terdapat kandungan getah putih didalamnya yang berwarna seperti susu.

Umumnya daun pepaya bisa dinikmati menjadi lalaban dengan cara direbus sampai lunak. Mungkin kalau gini sih rasanya enak banget ya.
Baca Juga: Ternyata Tanaman Bunga dan Daun Ini Berguna Untuk Obat Alami Loh!
3. Jeruk Nipis


Mungkin sebagian orang menanam jeruk nipis di halaman rumahnya. Jika sudah berbuah dan dipanen, jeruk yang kaya dengan vitamin C ini bisa dimanfaatkan sebagai campuran sambal hingga minuman teh. Dan ternyata, orang yang mengonsumsi tanaman herbal rumahan ini bisa terhindar dari beberapa penyakit seperti:
* Batu ginjal
* Vertigo
* Radang tenggorokan dan batuk
* Tekanan darah tinggi
* Amandel
* Ambeien
* Difteri
* Panu

Serta umum sekali, orang menjadikan perasan jeruk nipis sebagai minuman untuk mengencerkan dahak. Tak perlu lagi deh minum obat-obatan dari apotek bila bisa meracik obat sederhana dan alami dari tanaman herbal ini.

4. Belimbing


Asam tapi segar, ya begitulah rasa dari buah belimbing ini. Salah satu jenis buah yang kaya dengan kandungan air dan vitamin C ini sering dijadikan rujak ataupun jus. Apalagi, dimakan siang-siang ketika hari sedang panas pokoknya membuat mulut bergetar! Menanam buah ini di rumah bukan hanya bisa memetik buahnya akan tetapi juga manfaat yang ada di dalamnya. Di samping vitamin dan air, belimbing juga mempunyai kandungan asam osalat sehingga bagus untuk orang dengan masalah pada organ ginjal.
Baca Juga: Mengenal Echinacea Purpurea, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Untuk Tubuh!
5. Mengkudu


Siapa nih di antara kalian semua yang suka dengan buah mengkudu? Kelihatannya akan sangat jarang orang yang senang menyantap buah ini baik mentah ataupun diolah menjadi rujak ataupun sayur. Alasannya, sebab buah ini mempunyai bau dan rasa yang tak sedap. Tetapi jangan salah, di balik sifat tersebut, mengkudu tergolong dalam tanaman herbal atau tanaman toga yang sangat bermanfaat.

Lumayan banyak daftar penyakit yang bisa diobati dengan mengonsumsi mengkudu ataupun ekstrak buahnya. Terdapat beberapa risiko penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan oleh tanaman herbal ini antara lain:
* Mencegah infeksi sebab bisa membunuh bakteri jahat
* Meningkatkan daya tahan tubuh
* Mencegah tekanan darah tinggi sebab melancarkan sistem peredaran darah
* Melegakan perut kembung
* Menyembuhkan radang pada lambung dan luka pada usus halus
* Anti kanker
* Mengobati sakit kuning.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI
6. Jambu Biji


Tanaman jambu biji tergolong sebagai tanaman buah yang gampang berkembang pada setiap rumah di Indonesia. Tak hanya memiliki rasa yang enak dan aroma yang manis, ternyata jambu biji juga termasuk sebagai tanaman herbal untuk obat alami penyakit berikut ini:
* Kerusakan organ akibat radikal bebas
* Melindungi organ jantung dan mencegah penyakit jantung
* Menekan tensi
* Membantu menurunkan kolesterol
* Menaikkan kolesterol HDL yang baik.

Sebab dibalik itu, jambu biji mempunyai beberapa kandungan baik seperti:
* Antioksidan
* Vitamin
* Serat
* Kalium

Berdasarkan kutipan dari website kompas.com, sudah ada penelitian di Malaysia yang menunjukkan manfaat dari jambu biji. Apabila seseorang yang mengonsumsi jambu biji sebanyak 400 gram per hari mengalami peningkatan total kolestrol HDL dalam darah dan kadar antioksidan di dalam tubuh. Luar biasa ya!

Untuk Anda yang ingin menanam dan membudidayakan tanaman herbal di atas, cukup sediakan lahan yang cukup di rumah. Tak ada lahan yang terlalu besar? Anda bisa kok menanam dan berkebun di atas lahan seluas 1 meter persegi. Gimana caranya? Anda bisa dengan menyiapkan Polybag, harga polybag sendiri tak begitu mahal. Sudah banyak tersedia di toko pertanian dan juga di toko-toko online lainnya.
Mengenal 6 Tanaman Buah yang Berkhasiat Untuk Obat Alami! Mengenal 6 Tanaman Buah yang Berkhasiat Untuk Obat Alami! Reviewed by Yoyon Oke on April 14, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.