sobat!

Selain Sumber Makanan! Ini 7 Manfaat Tumbuhan Bagi Kelangsungan Hidup!


Karena kemampuannya untuk menopang kehidupan, sehingga tumbuhan dianggap sebagai sumber daya terpenting sebab banyaknya manfaat tumbuhan untuk mendukung kehidupan. Contoh manfaatnya yaitu mampu melepaskan oksigen ke atmosfer, menyerap karbon dioksida, menyediakan habitat dan makanan bagi satwa liar serta manusia, sampai mengatur siklus air.

Mungkin sebagian besar dari kita cenderung melupakan pentingnya tanaman dan sering menganggapnya biasa saja. Akan tetapi, dengan adanya tumbuhan sangat berpengaruh bagi kehidupan dan kelangsungan hidup jangka panjang kita. Dengan demikian, hubungan manusia dengan tumbuhan sangat terkait jadi kita membutuhkannya untuk bertahan hidup. Nah, berikut ini beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia yang sangat luar biasa.

1. Tumbuhan Menyediakan Oksigen

Contoh manfaat tumbuhan bagi manusia yang paling utama yaitu menyediakan oksigen. Menurut pakar ahli, tanpa adanya tumbuhan manusia dan hewan tak akan mempunyai udara segar untuk bernapas. Sebab dari hasil proses fotosintesis, tumbuhan mampu melepaskan oksigen kembali ke atmosfer.

Hal yang wajib Anda ketahui yaitu bahwa tumbuhan dari laut menyediakan sebagian besar udara yang kita hirup. Tumbuhan tersebut dikenal sebagai fitoplankton, jenis tumbuhan bersel tunggal yang mampu membentuk sisa oksigen atmosfer yang penting untuk kelangsungan hidup organisme hidup.


2. Polusi Udara

Ada berbagai macam polutan kimia yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan terutama di lingkungan industri dan perkotaan. Dengan adanya tumbuhan bisa membantu untuk mengatasi polusi udara. Karena keberadaan ruang hijau di kawasan tersebut bisa menjadi penyerap polutan, sehingga mampu meningkatkan kualitas udara.

Pada setiap bagian ruang hijau mempunyai kemampuan untuk mengurangi polusi udara. Tumbuhan yang ditanam pada daerah yang tepat di dekat lingkungan perkotaan dan industri akan sangat efektif sebab peningkatan luas permukaan yang mampu menyerap polutan.

3. Kualitas Tanah

Dikutip dari halaman Woodland Trust, tanaman dan pohon sangat penting untuk menjaga kondisi tanah yang baik. Sebab mikroorganisme yang hidup di sekitar akarnya akan menyatukan tanah dan mengurangi kemungkinan erosi tanah. Pada saat daun jatuh dari pohon dan ketika tanaman mati akan membusuk, hal itulah yang mampu menyuburkan tanah dan memungkinkan tanaman lain untuk tumbuh serta berkembang.


4. Iklim

Zat karbon dioksida adalah salah satu gas dari efek rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim. Fungsi tumbuhan disini yaitu mengambil CO2 dan melepaskan oksigen melalui proses fotosintesis. Gas karbon dioksida ini digunakan sebagai bahan penyusun jaringan baru seperti batang, cabang, daun, dan akar yang berfungsi sebagai penyimpan karbon.

Ketika hutan ditebang atau dibakar, sejumlah besar karbon yang sudah disimpan di jaringan tanaman dan tanah dilepaskan ke atmosfer. Maka dari itu, penting sekali untuk melindungi habitat ini, terutama hutan primer purba yang berisi spesies asli dan jarang mengalami gangguan manusia di masa lalu.

5. Pengaturan Siklus Air

Kurang lebih 10% kelembapan di atmosfer dilepaskan oleh tumbuhan melalui proses transpirasi. Melalui akarnya tanaman menyerap air dan melepaskannya dalam bentuk uap melalui pori-pori kecil di bagian bawah daunnya. Dari proses transpirasi tersebut tanaman juga membantu mengalirkan air dari tanah kembali ke atmosfer. Selain itu, tumbuhan juga bisa membantu menstabilkan badan air seperti sungai, danau, dan laut. Serta bagian akar tanaman bisa meningkatkan stabilitas tanah, mencegah longsor, dan menjaga ekosistem ini tetap utuh.

Cukup banyak manfaat yang diberikan tanaman, namun terdapat salah satu masalah lingkungan yang kita hadapi saat ini yaitu degradasi lingkungan. Dampaknya yaitu ekosistem bumi mengalami deforestasi, pembangunan dan ekstraksi sumber daya. Sebab banyaknya manfaat tumbuhan membantu manusia dan lingkungan, ekosistem dan tumbuhan perlu dilindungi.

6. Obat

Tumbuhan memberikan peran penting dalam penemuan obat baru dan banyak diturunkan baik secara langsung maupun tidak langsung dari tanaman. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melindungi keanekaragaman hayati tanaman supaya penemuan obat baru bisa dilaksanakan di masa depan dan menjadi keuntungan di bidang kesehatan serta ekonomi

7. Habitat Diciptakan oleh Keanekaragaman Tumbuhan

Dibalik itu, tumbuhan juga sangat penting sebab menyediakan habitat bagi satwa liar dan manusia. Contohnya saja, banyak spesies burung yang bergantung pada pohon dan semak sebagai habitatnya, baik yang tinggal di celah-celah pohon atau membangun sarang di dahan.

Namun sangat disayangkan, hilangnya habitat dianggap sebagai salah satu faktor penyebab spesies terancam punah dan punah. Ekosistem hutan terus menerus menghadapi deforestasi dalam bentuk kebakaran, penebangan habis untuk pertanian dan peternakan, dan penebangan yang tak berkelanjutan. Nah karena itulah tumbuhan memberikan peran penting di banyak ekosistem bumi.
Selain Sumber Makanan! Ini 7 Manfaat Tumbuhan Bagi Kelangsungan Hidup! Selain Sumber Makanan! Ini 7 Manfaat Tumbuhan Bagi Kelangsungan Hidup! Reviewed by Gardener on Februari 19, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :
Beli juga!

Chat
Now