HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ternyata Tanaman Bunga dan Daun Ini Berguna Untuk Obat Alami Loh!


Rumah akan tampak asri saat ditanami banyak tumbuhan baik di bagian pekarangan ataupun dalam ruangan. Misalnya buah-buahan, tanaman berdaun, sampai bunga bisa dijadikan pilihan. Ya, mungkin saja tak banyak disadari, dari sekian banyak tumbuhan yang hidup di pekarangan ada tanaman herbal yang berguna sebagai obat alami.

Pengertian tanaman herbal sendiri yaitu tumbuhan berupa daun, bunga, atau lainnya yang mengandung zat aktif untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit. Sering sekali tanaman ini disebut sebagai tanaman obat keluarga sangat beragam jenisnya. Khasiat dan manfaat dari tanaman ini juga sangat beragam, mulai dari menyembuhkan flu hingga penyakit serius lainnya.

Sesudah dipetik atau dipanen, tumbuhan-tumbuhan obat herbal tersebut kemudian diolah sedemikian rupa untuk digunakan. Dengan demikian, yuk mulai cari tanaman herbal tersebut di pekarangan Anda! Siapa tahu ada banyak tanaman yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat keluarga. Nah, apa saja ya? Ayo simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

4 TANAMAN HERBAL BERBUNGA YANG BERKHASIAT

Berbagai jenis bunga cantik yang menghiasi halaman rumah juga ternyata menyimpan khasiat mujarab untuk penyembuhan lho. Dan apakah beberapa di antaranya ada yang Anda pelihara di depan rumah? Maka dari itu, yuk cari tahu jenis tanaman herbal berbunga tersebut di bawah ini!
Baca Juga: Mengenal Echinacea Purpurea, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Untuk Tubuh!
1. Kumis Kucing


Tumbuhan bunga kumis kucing mempunyai warna putih dengan bentuk memanjang layaknya kumis dari hewan kucing. Jenis tumbuhan herbal ini banyak tumbuh di Indonesia, dan termasuk di pekarangan rumah. Untuk tumbuhan kumis kucing yang tumbuh di Indonesia punya ciri khas sendiri yaitu kandungan zat aktif seperti zat orthosiphon, zat sinensetin, zat lipophilic, zat flavonoid, zat orthosiphol, dan zat rosmarinic acid.

Dan kandungan tersebut hanya dimiliki kumis kucing yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Oleh karena itu mengapa tanaman herbal ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, di antaranya:
* Mengobati penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal;
* Menyembuhkan diabetes, hipertensi, dan asam urat.

2. Kemuning


Tanaman kemuning biasanya dijadikan bunga hias di rumah. Tak banyak orang yang tahu bahwa bunga cantik ini mempunyai kandungan 60 senyawa minyak atsiri. Selain itu, di dalam kemuning juga terkandung kumarin, flavonoid, alkaloid indol dan tannin, saponin, serta glikosida jantung. Dijelaskan bahwa ekstrak dari tanaman herbal ini berfungsi untuk menurunkan jumlah glukosa di dalam darah.

3. Bunga Kenop


Memiliki warna yang cerah dan bentuk yang unik, bunga kenop biasa dijadikan hiasan di halaman rumah. Tak hanya itu, tanaman yang juga dikenal sebagai bunga kancing atau kembang puter ini ternyata bermanfaat sebagai obat-obatan alami. Salah satu jenis bunga asal Amerika yang juga tumbuh di Asia ini bisa dipakai sebagai penyembuh batuk, demam, sakit kepala, radang mata, disentri, penambah nafsu makan, sampai dengan asma.

Cara mengonsumsinya yaitu dengan merebus beberapa kuntum bunga ditambah dengan tanaman jahe. Baik kering atau masih segar, air rebusan bunga kenop dan jahe bisa diminum tiga kali sehari.
Baca Juga: Yuk Intip Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol, Penasaran?
4. Bunga Matahari


Bunga matahari bisa memberikan tampilan hangat di pekarangan rumah. Bukan hanya itu saja ternyata, sebab bunga ini mengandung banyak manfaat lain baik dari biji sampai minyak yang dimilikinya. Biji dan minyak bunga matahari mengadung banyak vitamin, magnesium, kalsium, sampai kalium.

Dengan demikian, bunga matahari sangat bermanfaat sebagai obat herbal keluarga. Misalnya saja biji bunga matahari manjur untuk:
* Membantu mencegah keram otot;
* Menjaga kesehatan kulit;
* Mencegah osteoporosis;
* Mengurangi sakit pada kepala; hingga
* Mencegah diabetes.

Kemudian manfaat dari minyak bunga matahari ialah:
* Nutrisi baik untuk yang sedang diet karena mengadung omega 6; dan
* Dapat menjadi obat anti inflamasi.

4 TANAMAN HERBAL BERDAUN UNTUK OBAT KELUARGA


Di antara jenis tumbuhan berdaun yang ada di rumah juga tak kalah berkhasiat sebagai obat keluarga. Ada yang untuk kecantikan, ada juga yang bermanfaat untuk masalah perempuan. Berikut ini beberapa tanaman herbal berdaun diantaranya yaitu:

1. Lidah Buaya


Sari lidah buaya atau biasa disebut aloe vera beberapa waktu ke belakang ini sangat digemari oleh perempuan. Ekstrak aloe vera jika digunakan pada wajah mampu menjaga kelembapan dan menghambat penuaan dini. Tak perlu membeli, bila tanaman herbal ini tumbuh di rumah, Anda juga bisa memanfaatkannya sesuka hati.

Sering sekali aloe vera yang sudah dibersihkan dipakai sebagai pelembap serta penebal rambut. Sementara itu untuk kebutuhan medis atau obat, lidah buaya bisa membantu penyembuhan luka pada kulit dengan lebih cepat. Apabila diminum, manfaatnya sangat baik untuk sistem pencernaan.

2. Daun Seledri


Biasanya seledri dipakai sebagai pelengkap makanan berkuah atau oseng-oseng. Rasanya gurih dan menambah citarasa tersendiri pada makanan. Sebagian besar orang di tanah Sunda umumnya mengonsumsi seledri mentah sebagai lalapan. Meskipun aromanya banyak tak disukai, seledri ternyata merupakan tanaman herbal yang baik untuk kesehatan.

Daun dari tanaman ini sering disulap menjadi obat alami untuk menyembuhkan penyakit:
* Rematik dan masalah sendi;
* Menurunkan tekanan darah;
* Diabetes;
* Asma;
* Mata kering.
Baca Juga: Tips Membuat & Menyimpan Minuman Empon-Empon yang Baik dan Benar, Mau Tau?
3. Kangkung


Siapa nih yang tidak kenal tanaman sayur yang satu ini? Kangkung adalah sayuran yang sudah sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kandungan tanaman hijau yang sangat segar ini ternyata tak hanya serat, tetapi ada juga zat besi yang tinggi.

Khasiat dan manfaat dari sayur yang merupakan tanaman herbal ini antara lain untuk mengatasi:
* Cacar air
* Migrain dan sakit kepala
* Lemah syaraf
* Sakit gigi dan sariawan
* Wasir dan sembelit
* Insomnia.

4. Pasak Bumi


Ketika melihat iklan-iklan obat kuat, kata-kata “pasak bumi” sering kali disebut-sebut. Pasak bumi sendiri bukan merujuk pada ramuan khusus, Akan tetapi nama lain sebuah tanaman herbal yaitu tongkat ali. Khasiat dari pasak bumi antara lain ialah:
* Menurunkan stres
* Meningkatkan energi
* Menyuburkan pria yang mengalami disfungsi seksual
* Obat kuat tahan lama
* Viagra alami
* Membesarkan otot
* Mencegah penuaan dini.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI
Gandheli, Si Tanaman Obat Langka


Tanaman ini mempunyai nama ilmiah Nothapodytes Nimmoniana yang disebut-sebut sebagai tanaman herbal yang sangat dicari orang. Sayangnya, gandheli hanya ada di wilayah Borjan, Tinsukia, India. Tumbuhan ini juga kemudian dinobatkan menjadi tanaman obat langka. Dilansir dari laman kumparan.com, gandheli begitu dicari sebab khasitanya untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit berat, yaitu:
* Kanker rahim
* Kanker usus
* Membantu melawan virus HIV

Untuk Anda yang ingin menanam dan membudidayakan tanaman herbal di atas, cukup sediakan lahan yang cukup di rumah. Tak ada lahan yang terlalu besar? Anda bisa kok menanam dan berkebun di atas lahan seluas 1 meter persegi. Gimana caranya? Anda bisa dengan menyiapkan Polybag, harga polybag sendiri tak begitu mahal. Sudah banyak tersedia di toko pertanian dan juga di toko-toko online lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Tanaman Bunga dan Daun Ini Berguna Untuk Obat Alami Loh!"

Posting Komentar