sobat!

Luar Biasa, Ternyata Ini Manfaat Lain Bengkoang yang Baik Untuk Kesehatan


Bengkoang ataupun Pachyrhizus spp. dikenal luas oleh sebagian besar masyarakat Indonesia menjadi salah satu bahan rujak. Selain di rujak, bengkoang pula nikmat kalau dikonsumsi secara langsung. Terlepas dari rasanya yang menyegarkan sebab banyak mengandung air, bengkoang ternyata pula mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga :

Bengkoang adalah salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya nikmat, manfaat bengkoang untuk kesehatan pula taklah sedikit, mulai dari melancarkan pencernaan, menurunkan risiko kanker, hingga menjaga kesehatan jantung serta otak. Dan apa lagi manfaat lainnya? Simak penuturan berikut!

1. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Bengkoang mengandung antioksidan vitamin C, vitamin E, selenium, serta beta-karoten yang adalah senyawa bermanfaat yang membantu mencegah kerusakan sel.

Antioksidan membantu melindungi terhadap kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas, molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif. Ini menjadi manfaat buah bengkoang untuk kesehatan yang menarik.

2. Mampu Meningkatkan Fungsi Otak

Dalam jurnal Nutrients yang melakukan studi 12 minggu, orang-orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak bengkoang mempunyai skor lebih tinggi pada tes fungsi otak daripada orang yang berada dalam kelompok plasebo.

Bengkoang mengandung senyawa unik yang disebut diosgenin, yang telah ditemukan untuk mempromosikan pertumbuhan neuron serta meningkatkan fungsi otak, serta menjadi manfaat bengkoang untuk kesehatan yang lain.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bengkoang adalah makanan padat nutrisi tetapi dengan jumlah kalori yang relatif rendah. Bengkoang tinggi kandungan air serta serat, yang membantu menjaga tubuh supaya tak dehidrasi.

Hal ini menjadi manfaat bengkoang untuk kesehatan, sebab kandungan serat bisa membantu menjaga gula darah stabil. Serat memperlambat pencernaan, yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat usai makan.

4. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Bengkoang mengandung antioksidan vitamin C serta E, selenium serta beta-karoten. Antioksidan ini menetralisir radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel serta kanker.

Sebab itu, manfaat bengkoang adalah menjadi sumber serat makanan yang terkenal sebab menyehatkan pencernaan dari risiko kanker usus besar, menurut jurnal Acta Scientiarum Polonorum Technologia Alimentaria.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah bengkoang untuk kesehatan bisa didapatkan sebab tanaman ini mempunyai banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang amat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Bengkoang mengandung sejumlah besar serat larut, yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, serta mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol, menurut jurnal Food & Function.

Bengkoang pula mengandung kalium, yang bisa menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah. Kandungan kalium menurunkan tekanan darah serta melindungi dari penyakit jantung serta stroke.
Luar Biasa, Ternyata Ini Manfaat Lain Bengkoang yang Baik Untuk Kesehatan Luar Biasa, Ternyata Ini Manfaat Lain Bengkoang yang Baik Untuk Kesehatan Reviewed by Pengelana on Desember 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

NOTICE

dari telah membeli
Rating Pembeli :