Tak Banyak Orang Tau, Khasiat Susu & Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh!


Bagi masyarakat Indonesia rasanya kurang familiar dengan susu kunyit ini, sebab umumnya rempah ini diolah menjadi jamu. Mungkin, Anda tertarik mencobanya setelah mengetahui beragam manfaat susu kunyit buat kesehatan tubuh. Gimana caranya? Jangan kuatir, Anda tak perlu jauh-jauh sampai terbang ke India untuk mencicipi susu unik satu ini, sebab Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kandungan Nutrisi Susu Kunyit

Sebelum membahas ke tahap pembuatannya, yuk pahami kandungan nutrisinya. Minuman susu kunyit ini dikenal dengan nama golden milk, turmeric latte, atau haldi doodh. Pembuatan minuman ini dari susu sapi yang dicampur kunyit dan rempah berkhasiat lainnya. Untuk satu cangkir susu kunyit, terdapat berbagai kandungan nutrisi penting untuk tubuh, di antaranya yaitu:

Kalori : 130 kalori
Lemak : 5 gram
Protein : 8 gram
Natrium : 125 mg
Gula : 12 gram laktosa
Karbohidrat : 12 gram

Sebetulnya minuman susu ini lebih dulu dijadikan minuman obat oleh orang-orang India. Nah, apa saja manfaatnya?

Manfaat Susu Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Di dalam kunyit terdapat kandungan bahan aktif yang sering disebut curcumin, sudah sejak lama dikenal manfaatnya dalam sejarah pengobatan India Kuno. Kandungan antioksidan ini mampu melawan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Dari banyaknya penelitian yang sudah dirangkum dan dilansir di halaman website Health Line, berikut merupakan sejumlah manfaat susu kunyit untuk kesehatan.

1. Meringankan Nyeri Sendi dan Peradangan

Zat curcumin yang terkandung di dalam kunyit memiliki sifat antiradang yang sangat kuat, pengolahannya sering digunakan sebagai obat-obatan untuk masalah peradangan sendi seperti steoarthritis atau rematik.

Mengonsumsi asupan curcumin sebanyak 500 miligram setiap hari sangat ampuh untuk mengurangi nyeri sendi bila dibandingkan dengan 50 miligram obat radang sendi generik

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Curcumin ini bisa meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF) yang artinya yaitu senyawa yang berperan dalam pembentukan sel-sel baru di otak. Untuk tingkat BDNF yang rendah sering kali dikaitkan dengan berbagai gangguan otak, salah satunya yaitu penyakit Alzheimer.

Dengan demikian, ada potensi dari susu kunyit untuk meningkatkan kesehatan otak sekaligus menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Dan apalagi rempah tambahan dari susu kunyit, seperti jahe atau kayu manis juga mempunyai senyawa curcumin.

Baca Juga:
Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Konsumsi 16 Jenis Sajian Ini! Mau Tau?
Mau Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah? Ikuti Cara Simpel Ini!
Wajib Anda Tau, 6 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh!

3. Memperbaiki Mood

Pada sebuah penelitian yang meminta 60 orang pengidap depresi dan dibagi menjadi 3 kelompok untuk minum curcumin, obat antidepresan, dan kombinasi keduanya selama 6 minggu.

Dan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang minum kombinasi susu kunyit dan obat antidepresan mengalami peningkatan suasana hati yang lebih baik. Ketika suasana hati berubah menjadi lebih baik ini tentu membuat gejala depresi akan berkurang, sebab arti depresi sendiri yaitu gangguan suasana hati yang juga dikaitkan dengan rendahnya kadar BDNF.

4. Melindungi Kesehatan Jantung

Penyebab kematian paling banyak di seluruh dunia yakni akibat penyakit jantung. Hal menariknya, curcumin yang terkandung pada kunyit ini dapat meningkatkan fungsi lapisan endotel, yaitu lapisan yang membungkus pembuluh darah sekaligus menjaga jantung tetap sehat.

5. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Apabila Anda membuat susu kunyit tanpa tambahan pemanis, maka manfaat susu kunyit yang Anda dapatkan akan lebih maksimal. Campuran bahan kunyit, jahe, dan kayu manis dari susu kunyit bisa mengurangi jumlah glukosa yang diserap di dalam usus sesudah Anda makan jadi gula darah akan lebih terkontrol.


6. Berpotensi Mengurangi Risiko Kanker

Penyakit kanker terjadi akibat adanya pertumbuhan sel-sel di sekitar jaringan tubuh yang tak terkendali. Sampai saat ini, perawatan konvensional untuk menyembuhkan penyakit ini masih terus digali.

Dari banyaknya penelitian terdapat salah satu penelitian menyebutkan bahwa adanya hubungan penyakit kanker dengan senyawa 6-gingerol pada jahe dan curcumin yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

7. Mempunyai Sifat Antibakteri, Antivirus, dan Antijamur

Minuman susu kunyit ini di India sering dipakai sebagai obat pilek. Diantara salah satu kandungan dari kayu manis cinnamaldehuyde ini bersifat antibakteri. Dan curcumin pada kunyit serta jahe yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apabila pertahanan tubuh semakin kuat pada penyakit, semakin susah celah bagi virus, bakteri, atau jamur untuk menimbulkan infeksi lebih parah, jadi membuat tubuh lebih cepat pulih.

8. Menyehatkan Pencernaan

Terjadi gangguan pencernaan seperti maag bisa menimbulkan rasa sakit pada perut bagian atas. Oleh karena itu, salah satu bahan alami yang umum dipakai untuk meringankan kondisi ini yaitu jahe dan kunyit.

Seban jahe mampu mempercepat proses pengosongan lambung yang tertunda. Sedangkan kunyit mampu meningkatkan produksi empedu untuk mencerna lemak lebih baik.

9. Menguatkan Tulang

Bukan hanya kunyit, bahan utama dari susu kunyit yaitu susu sapi. Pastinya Adna sudah tahu manfaat susu, bukan? Betul, susu kaya akan kalsium dan vitamin D, dua nutrisi penting yang membangun dan menjaga kepadatan tulang.

Tak hanya itu, vitamin D juga mampu meningkatkan kemampuan usus untuk menyerap kalsium pada makanan. Tercukupinya kalsium dan vitamin D mampu menurunkan risiko berbagai penyakit tulang, seperti osteopenia atau osteoporosis.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI
Resep Mudah Bikin Susu Kunyit di Rumah

Nah, setelah memahami manfaat susu kunyit yang sangat melimpah, tentu Anda tak ingin melewatkannya begitu saja, bukan? Untuk itu, Anda bisa mencoba membuat susu kunyit di rumah lewat resep berikut.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

* 120 ml (1/2 gelas) susu sapi atau susu alternatif sapi lainnya, tanpa pemanis
* Kunyit sebanyak 1 sdt
* 1 potongan jahe kecil segar parut atau 1/2 sdt bubuk jahe
* 1/2 sdt bubuk kayu manis
* Sejumput lada hitam
* 1 sdt madu atau sirup maple (opsional)

Cara membuatnya, pertama campurkan semua bahan ke dalam panci yang berisi air panas. Untuk api kompor jangan terlalu besar, kemudian biarkan airnya mendidih selama 10 menit atau sampai tercium bau kunyit yang khas. Tahap selanjutnya yaitu saring minuman tersebut dan masukkan pada gelas. Sajikan dengan tambahan 1/2 sendok kayu manis. Jika disimpan dalam kulkas, minuman ini bisa bertahan selama 5 hari. Akan tetapi, Anda harus memanaskan kembali ketika akan diminum.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Tak Banyak Orang Tau, Khasiat Susu & Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh!” dapat berguna dan bermanfaat.
Tak Banyak Orang Tau, Khasiat Susu & Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh! Tak Banyak Orang Tau, Khasiat Susu & Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh! Reviewed by Yoyon Oke on Maret 20, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.