Musim Hujan? Pohon-pohon Ini Harus Kamu Tanam Untuk Pencegah Banjir


Akhir-akhir ini, curah hujan dengan intensitas tinggi melanda sebagian besar daerah di Indonesia yang mengakibatkan bencana alam pun terjadi, seperti banjir. Selain dengan tata ruang yang tepat, sebenarnya terdapat pencegahan lain yang bisa dilakukan. Misalnya, menanam pohon serta tanaman pencegah banjir.


Banyak pohon atau tanaman yang mempunyai peran penting dalam menjaga tanah, serta mencegah banjir. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tanaman yang pas ditanam sebagai pencegah banjir. Selain sebagai pencegah banjir, jika ditanaman di sekitar rumah, tentu rumah kamu pula bakal terlihat semakin menarik. Ulasan lengkapnya, cek dibawah ini ya!


1. Pohon Palem
Palem sekarang ini banyak pengembang perumahan yang menanam pohon palem untuk penghijauan di sekitar rumah. Bentuknya yang menyerupai pohon kelapa serta mempunyai buah kecil ini memang pas ditanam di halaman rumah. Selain gampang dalam hal perawatan, pohon palem pula bisa memperindah rumah dengan bentuknya yang tinggi serta ramping.


2. Pohon Pepaya
Pepaya Pohon yang asalnya dari daerah Amerika Selatan ini termasuk salah satu pohon yang mempunyai banyak manfaat mulai dari buah hingga daunnya. Buahnya yang bercita rasa manis bisa dimanfaatkan sebagai campuran minuman, begitu pula daunnya yang bisa diolah menjadi berbagai masakan. Ukuran daun pepaya yang lebar pula bisa menjadi kanopi alami yang melindungi rumah dari sinar matahari.


3. Pohon Bambu
Pohon bambu bisa memberikan kesan asri jika ditanam di halaman rumah. Selain itu, suara gemerisik yang ditimbulkan dedaunannya saat diterpa angin bisa menjadi musik alam yang membawa ketenangan untuk seisi rumah. Untuk halaman rumah yang tak terlalu luas, kamu bisa memilih jenis bambu hias untuk ditanam serta dijadikan sebagai pohon pencegah banjir ataupun tanah longsor.


4. Pohon Jambu Air
Jambu air Pohon jambu air termasuk salah satu tanaman yang paling sering ditanam di depan rumah. Batangnya yang kokoh serta daunnya yang lebat memberi kesan rindang pada halaman rumah. Pohon ini pula sangat kokoh serta berakar tunggang sehingga bisa menguatkan tanah serta menyerap aliran air saat hujan lebat.


5. Pohon Mangga
Mangga Pohon mangga termasuk salah satu pohon paling sering ditanam di halaman rumah. Selain tak membutuhkan lahan yang luas, cara menanam serta merawat pohon mangga pula tak terlalu susah. Selain bisa dinikmati buahnya, daun pohon mangga yang rindang pula bisa melindungi rumah dari sinar matahari. Akar dari pohon ini akan menyerap air yang mengalir saat hujan sehingga bisa mencegah terjadinya banjir.


Bonus, Akar Wangi
Akar wangi disebut pula sebagai Vetiver. Tanaman ini bukan sejenis pohon, melainkan sejenis rumput yang asalnya dari India (Nama latinnya chrysophogon zizaionide). Tanaman ini mempunyai banyak manfaat untuk lingkungan hidup. Antara lain bagian daunnya bisa bermanfaat untuk menyerap karbon, pakan ternak, mengusir hama, bahan atap rumah, serta bahan dasar kertas. Bagian akarnya pula bermanfaat mencegah longsor serta banjir, memperbaiki kualitas air, melindungi infrastruktur, menyuburkan tanah hingga menyerap racun. - A
Musim Hujan? Pohon-pohon Ini Harus Kamu Tanam Untuk Pencegah Banjir Musim Hujan? Pohon-pohon Ini Harus Kamu Tanam Untuk Pencegah Banjir Reviewed by Yoyon Oke on Desember 16, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.