HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Membuat & Menyimpan Minuman Empon-Empon yang Baik dan Benar, Mau Tau?


Asal kata empon-empon yang mempunyai nama dasar empu merupakan istilah yang dipakai untuk memberi nama bagian tanaman yang kaya akan kandungan senyawanya. Jangan salah, kata empon-empon ini bukan nama individu loh! Akan tetapi kelompok tanaman yang bisa membentuk simpanan senyawa.

Asal kata empu ini dari bahasa Jawa yang mempunyai arti seseorang yang kaya akan ilmu pengetahuan. Dalam bahasa Indonesia empu ini mempunyai arti yang berbeda yaitu rimpang, dan bahasa latinnya rizoma. Beberapa bagian sari empon-empon ada yang dipakai sebagai bumbu dan sebagai rempah untuk memberikan cita rasa tersendiri di dalam suatu makanan. Tak hanya sebagai bumbu makanan saja, tetapi empon-empon ini juga dijadikan sebagai minuman jamu.

Karena itulah, kenapa minuman dari empon-empon sekarang ini sedang naik daun dan diburu oleh masyarakat apalagi di wilayah Jakarta. Pasar yang menjadi tempat berbelanja empon-empon salah satunya yaitu Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Kembali lagi, empon-empon adalah nama kelompok tanaman yang membentuk simpanan senyawa atau sekumpulan akar tanaman yang menjadi rempah.

Manfaat dari minuman ini yaitu mampu meningkatkan imun tubuh. Tips membuat minuman empon-empon, komposisinya yaitu ada jahe merah, temulawak, biang kunyit, sereh. Dari berbagai jenis empon-empon ini bisa dibeli dalam ukuran per ons, per biji, hingga per kilo. Untuk harganya juga sama variatifnya, harga per ons jahe merah sekitar Rp 10.000.

Baca Juga:
Tak Banyak Orang Tau, Khasiat Susu & Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh!
Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Konsumsi 16 Jenis Sajian Ini! Mau Tau?
Mau Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah? Ikuti Cara Simpel Ini!

Sedangkan kunyit dan temulawak, Rp 10.000 dapat seperempat kilo. Untuk 1 ikat sereh harga sekitar Rp 10.000, itu sudah banyak sekali. Nah untuk itu, Anda harus menyiapkan uang Rp 90.000 untuk membeli satu kilogram temulawak dan satu kilogram kunyit, serta satu ikat sereh.

Kemudian untuk membeli jahe merah, Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Sebab untuk per kilogramnya pekan ini, jahe merah dihargai sebesar Rp 80.000. Jahe merah ini harganya sempat melambung sampai dua kali lipat dari harga normalnya. Harga jahe merah awalnya yaitu Rp 60.000/kg, semenjak adanya isu virus yang berbahaya membuat harga jahe merah ini melonjak.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI
Oleh karena itu, agar Anda tidak terlalu mengeluarkan uang banyak ada cara membuat dan mengolah empon-empon. Untuk cara yang pertama yaitu siapkan 3 ruas jahe, 3 ruas kunyit, 1 ruas temulawak dan 1 batang sereh. Kemudian geprek semua bahan tersebut hingga pipih dan direbus. Apabila sudah mendidih bisa langsung dihidangkan. Untuk menambahkan aroma supaya wangi bisa Anda beri tambahan kayu manis dalam minuman empon-empon. Supaya ada rasa manis dalam minuman empon-empon tersebut, Anda bisa tambahkan sedikit gula aren.

Ketika Anda akan mengolah empon-empon sebaiknya tak telalu banyak, cukup untuk sekali minum. Jika terlalu banyak untuk sisanya bisa disimpan di dalam lemari es, bisa tahan seminggu, akan tetapi tak segar seperti baru direbus.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Tips Membuat & Menyimpan Minuman Empon-Empon yang Baik dan Benar, Mau Tau?” dapat berguna dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat & Menyimpan Minuman Empon-Empon yang Baik dan Benar, Mau Tau?"

Posting Komentar