Yuk Intip Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol, Penasaran?


Untuk sekarang ini hand sanitizer menjadi benda yang banyak diburu masyarakat. Maka tak perlu heran bila stok hand sanitizer di sejumlah toko menipis, dan bahkan sudah tak tersedia dalam kurun waktu beberapa hari terakhir. Dengan demikian, daripada Anda harus mengeluarkan uang banyak demi sebuah hand sanitizer yang sebetulnya tak jauh lebih efektif bila dibandingkan cuci tangan dengan sabun.

Akan tetapi Anda tak perlu khawatir, sebab hand sanitizer juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang gampang ditemukan di pasaran. Sebab cara pembuatan hand sanitizer dengan bahan alami ini sudah diuji coba oleh Fakultas Farmasi UNAIR.

Berdasarkan penjelasan dari Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, cara pembuatan hand sanitizer dengan bahan alami ini dalam proses pembuatan yang sebetulnya banyak dipakai, di mana bahan aktifnya yaitu etanol dengan kadar 70% itu gampang pembutannya, hanya saja masyarakat umum untuk memperoleh bahan bakunya mungkin tak mudah, ya karena memang ada persyaratan khusus.

Menurut ahli farmasi yang merasa tak semua orang bisa menemukan etanol sehingga ia berinisiatif untuk menggunakan bahan lain yang lebih mudah dicari, yakni daun sirih. Hasil penelitian kami sebetulnya sudah sejak 2006, ketika waktu itu sedang ada wabah flu burung. Oleh karena itu, untuk mencoba membuat alternatif hand sanitizer dari alam dengan bahan daun sirih.

Baca Juga:
Tips Membuat & Menyimpan Minuman Empon-Empon yang Baik dan Benar, Mau Tau?
Tak Banyak Orang Tau, Khasiat Susu & Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh!
Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Konsumsi 16 Jenis Sajian Ini! Mau Tau?
Mau Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah? Ikuti Cara Simpel Ini!

Pada penelitian yang dilakukan oleh ahli farmasi UNAIR, yaitu dengan menambahkan bahan lain pada penelitiannya tersebut agar menjadi hand sanitizer yang bisa digunakan semua orang. Setelah itu, pada bulan Maret mencoba menambahkan bahan lain yang juga mempunyai efek anti bakteri dan juga untuk mengatasi masalah pada sirih sendiri.

Tanaman daun sirih ini menjadi salah satu bahan yang sering dipakai sebagai antiseptik. Jika di rumah sudah tersedia, Anda bisa pakai rebusan daun sirih, tetapi daun sirih ini gampang teroksidasi, yang membuat warnanya bisa berubah menjadi cokelat. Untuk mengatasinya Anda tambahkan jeruk nipis agar bisa mencegah oksidasi.

Beliau berharap masyarakat bisa mencoba hand sanitizer sendiri ini di rumah. Jangan terlalu panik ketika membeli hand sanitizer sampai memborong dan segala macam, sebab Anda bisa membuat hand sanitizer untuk pemakaian sendiri, tetapi tak untuk diperjual belikan, karena tak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Berikut bahan dan langkah pembuatannya:

Bahan-bahan:

* Daun sirih 50 gram
* Air 200 ml
* Jeruk Nipis

Cara membuat:

* Yang pertama ambilah 50 gr daun sirih yang sudah tersedia, setelah itu cuci bersih dan diangin-angin supaya kering. Jika sudah betul-betul kering, kemudian dipotong-potong kecil.
* Panaskan air 200 ml. Apabila air sudah mendidih, tuangkan air panas ke daun sirih yang sudah dipotong-potong
* Rendam kemudian steam dalam panci dengan api kecil selama 30 menit, setelah itu disaring hingga dapat ekstra air, tambahkan jeruk nipis dan aduk sampai merata serta tambahkan air
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI
Supaya air rendaman daun sirih hasilnya tak berwarna, ketika proses penyaringan biarkan sampai dingin dulu, kemudian masukkan jeruk nipis ke dalam wadah penyaringan. Setelah itu, daun sirinya disaring di situ dan warnanya akan bening. Untuk baunya pasti memang daun sirih, tetapi ini cukup efektif. Sebab kadar daun sirih yang 15% ke atas tersebut sama efektifnya dengan etanol dalam mengurangi jumlah bakteri.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Yuk Intip Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol, Penasaran?” dapat berguna dan bermanfaat.
Yuk Intip Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol, Penasaran? Yuk Intip Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol, Penasaran? Reviewed by Gardener on Maret 24, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.