Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Konsumsi 16 Jenis Sajian Ini! Mau Tau?


Ada di tengah-tengah kondisi seperti sekarang, terkait krisis penyebaran virus yang berbahaya, sebaiknya untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dan juga kebersihan. Tak hanya itu, faktor yang tak kalah penting yaitu meningkatkan imun tubuh. Dengan demikian, berikut ini beberapa sajian tertentu untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang bisa Anda coba.

1. Buah Sitrus


Kebanyakan orang beralih ke vitamin C setelah tidak enak badan. Hal itu karena dapat membantu membangun sistem imun tubuh. Vitamin C disebut meningkatkan produksi sel darah putih dan itu adalah kunci memerangi infeksi.

Buah sitrus yang populer meliputi jeruk bali, jeruk, jeruk keprok, lemon, jeruk nipis, dan clementine. Karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya, Anda memerlukan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan.

Hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Dengan variasi yang bisa dipilih, mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke sajian apapun.

2. Paprika Merah


Apabila dibenak Anda vitamin C pada buah jeruk paling banyak dari buah atau sayuran, pikirkan lagi. Kandungan vitamin C pada paprika merah dua kali lebih banyak dari jeruk dan juga kaya akan sumber beta karoten.

Tak hanya meningkatkan sistem imun tubuh Anda, vitamin C bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan beta karoten mampu membantu menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.

3. Brokoli


Sayuran brokoli dilengkapi dengan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, dan E, serta kaya akan antioksidan dan serat lainnya, brokoli merupakan salah satu sayuran tersehat yang bisa Anda santap. Kunci untuk mempertahankan kekuatannya adalah memasaknya secepat mungkin atau lebih baik lagi, tidak sama sekali.

4. Bawang Putih


Bawang putih ditemukan hampir setiap masakan di dunia. Bawang putih menambah cita rasa untuk makanan dan itu harus dimiliki untuk kesehatan Anda. Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.

Sifat meningkatkan kekebalan dari bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

5. Jahe


Jahe adalah bahan lain yang sering digunakan saat sakit. Manfaatnya yaitu bisa membantu mengurangi peradangan, membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya serta membantu mengurangi mual.

6. Bayam


Selain kaya akan vitamin C, tetapi sayuran bayam kaya akan antioksidan dan beta karoten, yang bisa meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita.

Sama seperti brokoli, bayam merupakan sayuran yang paling sehat bila dimasak secepat mungkin jadi bisa mempertahankan nutrisi. Tetapi, jika memasaknya singkat akan meningkatkan vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat.

Baca Juga:
Mau Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah? Ikuti Cara Simpel Ini!
Wajib Anda Tau, 6 Jenis Makanan Ini Bisa Mencegah Penularan Virus Corona!
Mengenal Lebih Dekat Ikan Buntal, Ikan Mahal Tapi Beracun

7. Yogurt


Mengonsumsi yogurt bisa merangsang sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu melawan penyakit. Cobalah untuk mengonsumsi yogurt tawar daripada jenis-jenis yang sarat dengan gula.

Anda bisa memaniskan yogurt tawar dengan buah-buahan sehat dan madu. Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang hebat, jadi cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan diduga meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

8. Almond


Ketika datang untuk mencegah dan melawan pilek, vitamin E cenderung mengambil kursi belakang untuk vitamin C. Namun, vitamin E adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat yang larut dalam lemak, artinya membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar. Varietas kacang-kacangan seperti almond, kaya akan kandungan vitamin dan juga mempunyai lemak sehat.

9. Pepaya


Buah pepaya adalah jenis buah yang mengandung vitamin C dan Anda bisa menemukan 224% dari jumlah vitamin C harian yang disarankan dalam satu pepaya.

Di dalam buah ini terdapat kandungan enzim pencernaan yang disebut papain yang efeknya untuk anti-inflamasi. Buah pepaya juga memiliki kandungan kalium, vitamin B, dan folat, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

10. Kunyit


Selain itu, kunyit juga bisa meningkatkan imun tubuh yang selama bertahun-tahun sebagai antiinflamasi dalam mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Sesuai hasil riset di PubMed Central menunjukkan konsentrasi kunyit yang tinggi, memberi kunyit warna khasnya yang bisa membantu mengurangi kerusakan otot yang diakibatkan oleh olahraga.

11. Teh Hijau


Teh hijau maupun hitam dilengkapi dengan flavonoid, sejenis antioksidan. Dan juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik serta dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T Anda. Di mana teh hijau benar-benar unggul adalah dalam kadar epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan kuat lainnya.

EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Proses fermentasi teh hitam melewati banyak menghancurkan EGCG. Teh hijau, sebaliknya, dikukus dan tidak difermentasi, sehingga EGCG dipertahankan.

12. Kiwi


Di dalam buah kiwi ini penuh dengan satu ton kandungan nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C yang terkandung mampu meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, serta untuk nutrisi kiwi lainnya menjaga supaya seluruh tubuh Anda berfungsi dengan baik.

13. Biji Bunga Matahari


Pada biji bunga matahari ini penuh akan nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, vitamin B-6, dan sangat tinggi vitamin E serta antioksidan yang kuat. Dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh vitamin E ini berperan sangat penting. Selain itu, makanan yang memiliki vitamin E dalam jumlah tinggi yaitu seperti alpukat dan sayuran berdaun gelap.

14. Ayam


Ketika Anda sedang sakit, sup ayam lebih dari sekadar makanan enak dengan efek plasebo. mengonsumsinya bisa membantu memperbaiki gejala pilek dan juga membantu melindungi Anda dari sakit.

Jenis unggas seperti ayam dan kalkun, kaya akan kandungan vitamin B-6. Sekitar 3 ons kalkun ringan atau daging ayam mengandung 40 hingga 50 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan vitamin B-6.

Vitamin B-6 adalah pemain penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Jika membuat kaldu dengan merebus tulang ayam ternyata terdapat kandungan gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI
15. Kerang-kerangan


Tak pernah terlintas dalam pikiran bagi banyak orang yang mencoba untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, ternyata beberapa jenis kerang dilengkapi denga kandungan zinc.

Zat ini tak begitu mendapatkan perhatian banyak seperti vitamin dan mineral lainnya, namun tubuh kita memerlukannya supaya sel-sel kekebalan tubuh kita bisa berfungsi optimal. Adapun beberapa varietas kerang yang tinggi zinc yaitu seperti kepiting, remis, lobster, dan kerang.

16. Jambu Biji


Jambu biji ternyata memiliki segudang manfaat. Buah yang memiliki nama ilmiah Psidium Guajava ini mengandung vitamin C yang tinggi, karena itu buah ini sangat segar untuk dibuat jus. Tanaman ini banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis, salah satunya Indonesia. Ini manfaat buah jambu biji yang perlu Anda tahu:

- Meningkatkan Imunitas Tubuh
Tingginya vitamin C yang terkandung dalam jambu bisa mencegah tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit.

- Anti-Tumor dan Anti-Inflamasi
Adanya zat lycopene di dalam jambu sangat bermanfaat untuk zat anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor.

- Mencegah Kanker
Jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonid dan fitonutrien, karena itu buah ini sangat efektif untuk mencegah kanker. Untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker, vitamin C yang tinggi pada jambu sangat membantu.

- Menjaga Tekanan Darah
Tekanan darah bisa terjaga dengan kandungan kalium dalam jambu biji ini.

- Mencegah Penuaan Dini
Adanya zat antioksidan tinggi dalam jambu ini mampu menetralkan radikal bebas.

- Baik Untuk Penderita Diabetes
Serat yang terkandung dalam jambu biji berfungsi sebagai obat alami bagi penderita diabetes.

- Menyehatkan Kulit dan Mata
Vitamin A dan nutrisi pada jambu biji sangat penting untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah infeksi mata serta penyakit mata.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Konsumsi 16 Jenis Sajian Ini! Mau Tau?” dapat berguna dan bermanfaat.
Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Konsumsi 16 Jenis Sajian Ini! Mau Tau? Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Konsumsi 16 Jenis Sajian Ini! Mau Tau? Reviewed by Yoyon Oke on Maret 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.