Kupas Tuntas Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Indonesia adalah negara tropis yang punya banyak jenis tanaman dan sebagian bisa dimanfaatkan sebagai obat. Salah satu tanaman yang memiliki segudang khasiat adalah binahong, yang mana khasiatnya banyak terletak di bagian daunnya.

Baca Juga :

Untuk mendapatkan manfaat dari daun binahong, anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara, salah satunya dengan merebus daunnya dengan air lalu dijadikan campuran teh jika ingin dikonsumsi. Berikut manfaat daun binahong yang perlu diketahui.

1. Menyembuhkan luka

Daun binahong mengandung saponin yang punya sifat antiseptik. Saponin ini mampu membunuh bakteri dan mencegah infeksi pada luka. Daun binahong juga mengandung asam askorbat yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk memperoleh manfaat ini, anda cukup menumbuk daun sampai halus, lalu oleskan pada area yang terluka. 

2. Menyembuhkan sakit perut

Telat makan bisa menyebabkan sakit perut, hal tersebut juga bisa membuat sistem pencernaan tak bekerja tepat waktu. Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan mengonsumsi olahan minuman daun binahong.

3. Mencegah risiko diabetes

Daun binahong punya kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Kandungan senyawa steroid, flavonoid serta kumarin berkhasiat untuk menghambat pemecahan serta penyerapan gula pada usus dan meningkatkan produksi insulin.

4. Obat asam urat

Olahan minuman daun binahong dapat menurunkan purin yang menjadi penyebab asam urat. Selain itu, kandungan flavonoid pada binahong juga mampu mencegah pembentukan asam urat, sehingga daun binahong cocok menjadi obat alami asam urat.

Waspada hewan perusak tanaman! Segera lindungi tanaman anda dengan insectnet, jaring kasa yang kuat dan awet digunakan. Cek harganya disini.

5. Menghilangkan komedo dan jerawat

Daun binahong mempunyai kandungan antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain jerawat, air rebusan daun binahong juga dapat membantu menghilangkan komedo yang kerap muncul dan mengurangi rasa percaya diri.

6. Menghilangkan gatal

Sudah disebutkan di atas kalau daun binahong mengandung flavonoid dan saponin yang mempunyai sifat anti jamur. Sementara itu, jamur dapat menjadi salah satu penyebab dari adanya iritasi kulit. Maka, daun binahong dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

7. Mencegah penyakit jantung

Ekstrak daun binahong dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Gabungan antara efek antihipertensi serta penurunan kolesterol ini sangat baik guna mencegah gagal jantung, serangan jantung ataupun penyakit jantung lainnya.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karena mengandung senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan, daun binahong tentu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi.

Referensi :

https://www.alodokter.com/manfaat-daun-binahong-yang-sayang-untuk-dilewatkan

https://www.halodoc.com/artikel/kenali-manfaat-daun-binahong-bagi-kesehatan-dan-cara-mengolahnya

https://www.cnbcindonesia.com/news/20211129112642-4-295121/14-manfaat-tak-terduga-daun-binahong-dan-efek-sampingnya

Kupas Tuntas Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh Kupas Tuntas Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh Reviewed by Pak Tani on November 04, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.