5 Daun yang Sering Digunakan Sebagai Pembungkus Makanan

Di Indonesia, beberapa daun tanaman banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan. Selain dapat melindungi makanan, daun tanaman juga dapat memberikan aroma dan rasa khas pada makanan yang dibungkus.

Baca Juga :

Melansir dari buku 'Bahan dan Kemasan Alami: Perkembangan Kemasan Edible' oleh F.G. Winarno dan Andieta Octaria, penggunaan daun sebagai bungkus makanan bukanlah hal yang baru, melainkan sebuah tradisi kuno yang tidak terpisahkan dari sejarah kuliner manusia. Berikut beberapa daun yang lazim digunakan sebagai bungkus makanan.

1. Daun Pisang

Daun pisang dikenal sebagai daun serbaguna karena paling sering digunakan sebagai pembungkus makanan, seperti kue tradisional, lontong, pepes, dan lain sebagainya. Daun pisang sendiri mudah ditemukan dan praktis, sehingga tak heran jika banyak digemari. Tak hanya sebagai pembungkus, daun pisang juga kerap digunakan sebagai wadah dan alas makanan.

2. Daun Jati

Daun pohon jati sangat umum digunakan untuk membungkus makanan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Umumnya, daun jati dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan tradisional seperti jadah manten atau jenang grendul, nasi gudeg, nasi pecel, dan nasi jamblang. Tidak sedikit pula orang yang menggunakan daun jati untuk membungkus tempe.

3. Daun Kelapa

Daun kelapa biasanya digunakan untuk membungkus makanan yang dikukus seperti ketupat dan lepet. Daun kelapa muda yang akan digunakan, sebaiknya dijemur dahulu di bawah sinar matahari atau dipanaskan diatas api kompor, hal tersebut dilakukan supaya daun kelapa tidak mudah sobek pada saat dibentuk menjadi pembungkus makanan.

Ingin pembibitan tanaman skala besar lebih efisien dan ekonomis? Wadah tanam polybag solusinya! Cek harga terbaru polybag disini.

4. Daun Talas

Masyarakat Sumatera Utara sering memanfaatkan daun talas sebagai pembungkus makanan yang ramah lingkungan. Namun tidak sembarangan daun talas bisa digunakan, pilih daun yang sudah tua dengan diameter sekitar 15-20 cm supaya makanan yang dibungkus tidak mudah tumpah. Biasanya makanan yang dibungkus dengan daun ini antara lain ikan gurami, tape, dan juga nasi.

5. Daun Mangkok

Daun mangkok berasal dari tumbuhan mangkokan. Biasanya, daun mangkok digunakan untuk membungkus pecel, pepes, serta bubur sagu. Selain itu, daun ini juga sering dijadikan sebagai wadah gorengan. Jika ingin memanfaatkan daun mangkok sebagai pembungkus makanan, sebaiknya pilih yang berwarna hijau segar karena punya aroma yang lembut dan khas. 

Referensi :

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/02/13/daun-pembungkus-makanan-pengganti-plastik

https://kumparan.com/berita-update/mengenal-jenis-jenis-daun-pembungkus-makanan-di-indonesia-21IMJVyFocm/full

https://www.briliofood.net/foodpedia/tak-cuma-pisang-7-daun-ini-aman-dijadikan-pembungkus-makanan-220325p.html

5 Daun yang Sering Digunakan Sebagai Pembungkus Makanan 5 Daun yang Sering Digunakan Sebagai Pembungkus Makanan Reviewed by Pak Tani on Oktober 28, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.