Mengenal La Tomatina, Festival Perang Tomat di Spanyol

La Tomatina adalah festival tahunan yang diadakan di kota Bunol, provinsi Valencia, Spanyol. La Tomatina pertama kali diadakan pada tahun 1945. Festival ini diadakan pada hari Rabu terakhir di bulan Agustus dan merupakan salah satu festival populer di Spanyol, bahkan dunia.

Dalam festival unik ini, para peserta saling melempar tomat yang sudah disiapkan pihak penyelenggara. Pertempuran tomat ini biasanya berlangsung selama kurang lebih satu jam, dan melibatkan puluhan ribu peserta dari seluruh dunia.

Baca Juga :

Namun karena jumlah partisipan meningkat dari tahun ke tahun, sejak tahun 2013 partisipan La Tomatina dibatasi hanya untuk 20.000 orang yang memiliki tiket. Hal tersebut diberlakukan agar La Tomatina dapat berjalan kondusif setiap tahunnya.

La Tomatina diperkirakan menghabiskan sekitar 145 ton tomat. Supaya festival berjalan lancar, menyenangkan namun tidak membahayakan, ada beberapa peraturan yang perlu diketahui para peserta, antara lain :

  • Festival berlangsung selama satu jam, dimulai pukul 12.00 s.d 13.00 waktu setempat.
  • Peserta wajib menyiapkan dan menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk sekali pakai, peserta diperbolehkan memakai kacamata sebagai perlindungan mata.
  • Peserta diperbolehkan saling melempar tomat saat alarm aba-aba berbunyi, dan peserta wajib berhenti ketika alarm berbunyi untuk kedua kalinya.
  • Tomat wajib dihancurkan dengan tangan sebelum dilempar untuk menghindari benturan keras.
  • Peserta dilarang saling menarik pakaian satu sama lain.
  • Peserta hanya diperbolehkan melempar tomat, dilarang melempar benda lain.
  • Benda-benda berisiko rusak karena air dan benda berharga tidak boleh dibawa, seperti ponsel pribadi, dompet, paspor, dll.
  • Ikuti petunjuk dari petugas keamanan dan selalu menjaga jarak aman dari truk pembawa tomat yang lewat.
  • Umur peserta harus diatas 15 tahun. Untuk umur 14 - 4 tahun, pihak penyelenggara menyediakan festival khusus yang dinamai Mini La Tomatina, biasanya diadakan di hari Minggu sebelum acara utama.

Sesudah festival selesai, truk damkar akan masuk ke area festival dan partisipan bisa menggunakan air dari selang truk tersebut untuk menghilangkan noda tomat yang berada di tubuhnya, lalu damkar pun membersihkan jalanan bekas perang tomat.

Asal-usul La Tomatina sendiri tidak diketahui secara pasti. Salah satu cerita populer akan asal usul La Tomatina mengatakan bahwa festival tersebut berawal dari sebuah parade besar di tahun 1945 yang dihadiri oleh banyak musisi dan keramaian lainnya.

Sejumlah pemuda secara tidak sengaja membuat salah satu penonton terjatuh dan terjadilah baku hantam hingga saling melempar barang, termasuk tomat dan sayuran yang ada di sekitar. Bagaimana, anda tertarik mengikuti festival La Tomatina?

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/La_Tomatina

https://id.theasianparent.com/festival-la-tomatina

Mengenal La Tomatina, Festival Perang Tomat di Spanyol Mengenal La Tomatina, Festival Perang Tomat di Spanyol Reviewed by Pak Tani on Oktober 21, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.