5 Faktor yang Membuat Harga Durian Mahal, Ternyata Ini!

Sebagai salah satu negara tropis, Indonesia kaya akan berbagai tanaman dan buah-buahan. Salah satu buah yang terkenal dari Indonesia adalah 'Si Raja Buah' alias durian. Buah ini banyak digemari oleh orang Asia Tenggara, termasuk orang Indonesia.

Baca Juga :

Untuk jenis durian yang banyak dipasarkan di Indonesia yakni durian montong, durian musang king, durian petruk, durian bawor, dan durian bokor. Namun seperti yang kita ketahui, harga buah durian tergolong mahal ketimbang buah lain. Mengapa demikian? Berikut beberapa faktor yang membuat harga durian mahal.

Produksi yang terbatas

Durian merupakan tanaman yang membutuhkan waktu yang lama untuk berbuah. Pohon durian baru dapat berbuah setelah berumur 5-7 tahun. Selain itu, durian juga merupakan tanaman yang rentan terhadap hama dan penyakit. Hal ini menyebabkan produksi durian menjadi terbatas.

Kualitas buah yang memukau

Buah durian terkenal dengan keunikan rasa yang khas dan baunya menyengat kuat. Durian punya tekstur daging buah yang lembut, legit, dan rasanya manis. Selain itu, buah ini juga punya segudang manfaat untuk kesehatan. Sehingga tidak heran kalau harga 1 buah durian bisa dipatok mahal, karena harga sebanding dengan kualitasnya.

Minat konsumen yang tinggi

Durian merupakan buah yang lezat dan bergizi. Buah ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya lembut, serta mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, kalium, dan magnesium. Hal ini menyebabkan permintaan durian menjadi cukup tinggi dipasaran, sedangkan produksi masih terbatas.

Polybag banyak digunakan sebagai wadah pembibitan tanaman tahap awal, salah satunya pembibitan durian. Anda butuh polybag? Klik disini sekarang!

Biaya produksi yang mahal

Durian adalah tanaman yang membutuhkan perawatan yang intensif dan sedikit rumit. Pohon durian memerlukan pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan yang rutin. Selain itu, durian juga rentan terhadap hama dan penyakit, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hal ini menyebabkan biaya produksi menjadi lebih tinggi.

Biaya transportasi yang tinggi

Durian termasuk buah yang berat dan mudah rusak. Hal ini menyebabkan biaya transportasi durian menjadi lebih tinggi. Selain itu, durian juga merupakan buah yang sensitif terhadap suhu. Jika suhu tidak terkontrol, durian dapat cepat membusuk.

5 Faktor yang Membuat Harga Durian Mahal, Ternyata Ini! 5 Faktor yang Membuat Harga Durian Mahal, Ternyata Ini! Reviewed by Pak Tani on November 11, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.