Tahukah Kamu? Ini 6 Jenis Pir yang Paling Populer di Dunia

Buah pir dalam bahasa Inggris disebut dengan 'pear'. Buah pir memiliki daging buah yang mirip seperti apel, tapi dengan tekstur yang cukup berbeda dan lebih berair. Buah pir paling cocok dikonsumsi waktu masih segar.

Baca Juga :

Terdapat sekitar 3.000 varietas pir yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Diantara banyaknya jenis tersebut, ada beberapa jenis pir yang menjadi primadona dan populer di pasaran. Apa saja jenis-jenis tersebut? Berikut ulasannya.

1. Pir Bosc

Pir bosc mempunyai kulit berwarna cokelat kekuningan dan kehijauan dengan bentuk tegap serta kepala pir yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lain. Jenis ini punya tekstur yang cenderung kasar dan daging berwarna putih dengan rasa yang manis nan renyah.

2. Pir Forelle

Ciri khas dari pir forelle adalah kulitnya yang berbintik hijau kekuningan atau kemerahan ketika buahnya sudah matang. Rasa buah pear forelle sangat manis dan dagingnya cukup lembut, renyah serta sedikit berair.

3. Pir Taylor's Gold

Pir taylor's gold berasal dari Selandia Baru. Jenis ini punya ukuran besar cenderung bulat, dan punya kulit cokelat keemasan. Daging buahnya punya rasa manis dan tekstur lembut, sehingga terasa seperti meleleh saat masuk ke dalam mulut. Jenis pir ini juga banyak dijadikan bahan membuat selai, saus, dan jeli.

Paranet atau jaring peneduh membuat tanaman lebih sehat karena tidak terkena bahaya sinar matahari langsung. Anda butuh paranet? Klik disini sekarang!

4. Pir Nashi

Pir nashi atau pir asian adalah jenis pir asli Asia. Jenis pir ini memang banyak ditemukan di wilayah Asia, termasuk juga Indonesia. Tidak seperti jenis lainnya, jenis ini punya bentuk yang sangat bulat, daging buahnya renyah berair, dan tekstur kulitnya agak berpasir.

5. Pir Bartlett

Pir bartlett atau pir williams merupakan jenis pir paling terkenal di dunia, khususnya di wilayah Amerika. Pir bartlett umumnya dipanen ketika musim panas. Warna buah pir bartlett akan berubah dari hijau gelap menjadi kuning keemasan atau kemerahan saat matang.

6. Pir Century

Pir century adalah jenis pir subtropis yang banyak diimpor serta diperjualberlikan di Indonesia. Pir century mudah dijumpai di pasar buah atau supermarket dekat rumah. Buah pir century punya warna kuning cerah, teksturnya renyah, kadar air tinggi, dan rasa daging buah yang manis nan segar.

Referensi :

https://rimbakita.com/buah-pir/

https://www.brilio.net/creator/jarang-diketahui-ini-6-jenis-buah-pir-di-dunia-yang-enak-dan-segar-0653fd.html

Tahukah Kamu? Ini 6 Jenis Pir yang Paling Populer di Dunia Tahukah Kamu? Ini 6 Jenis Pir yang Paling Populer di Dunia Reviewed by Pak Tani on Agustus 22, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.