Cara Mudah Budidaya Ubi Jalar untuk Pemula, Yuk Praktikkan!

Ubi jalar atau dalam bahasa Inggris 'sweet potato', adalah salah satu umbi-umbian yang mempunyai nilai gizi tinggi dan punya beragam manfaat bagi kesehatan.

Ubi jalar tumbuh dengan umbi yang berada di bawah tanah dan mempunyai beragam varietas dengan warna kulit serta daging yang bervariasi, seperti oranye, ungu, serta putih.

Baca Juga :

Ubi jalar bisa dibudidayakan di lahan yang luas ataupun sempit, sehingga cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Berikut cara budidaya ubi jalar yang bisa diikuti para pemula.

1. Persiapan Lahan

Lahan yang digunakan untuk budidaya ubi jalar harus gembur dan subur. Tanah yang terlalu keras atau terlalu asam tidak cocok untuk budidaya ubi jalar. Lakukan penggemburan tanah dengan cangkul atau bajak.

2. Pembibitan

Ubi jalar bisa ditanam dari stek batang atau dari bibit yang sudah jadi. Jika memakai stek batang, pilih batang ubi jalar yang sehat dan tak terserang hama atau penyakit.

Potong stek batang dengan panjang sekitar 30 cm. Jika menggunakan bibit yang sudah jadi, pilih bibit yang sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

3. Penanaman

Stek batang ubi jalar ditanam secara horizontal dengan jarak tanam 30-40 cm. Tanam stek batang hingga separuh batang masuk ke dalam tanah.

4. Penyiraman

Ubi jalar membutuhkan banyak air untuk tumbuh. Lakukan penyiraman secara rutin, terutama pada musim kemarau. Penyiraman dapat dilakukan pagi atau sore hari.

Mulsa plastik adalah plastik pelindung tanah budidaya tanaman. Butuh mulsa plastik? Klik disini untuk cek harganya.

5. Pemupukan

Berikan pupuk dasar sebelum penanaman. Pupuk dasar yang dapat digunakan adalah pupuk kandang atau kompos. Berikan pupuk susulan setiap 2-3 minggu sekali dengan pupuk NPK.

6. Pemeliharaan

Lakukan penyiangan secara rutin untuk membersihkan gulma yang mengganggu pertumbuhan ubi jalar. Lakukan juga pengendalian hama dan penyakit jika terjadi.

7. Pemanenan

Biasanya, ubi jalar bisa dipanen setelah berumur 4-5 bulan setelah masa tanam. Ubi jalar dapat dipanen dengan cara menggali tanah dan diambil umbinya.

Referensi :

https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/pengertian-ubi-jalar-ciri-hingga-manfaatnya-bagi-tubuh-210sqFTMg5V/3

Cara Mudah Budidaya Ubi Jalar untuk Pemula, Yuk Praktikkan! Cara Mudah Budidaya Ubi Jalar untuk Pemula, Yuk Praktikkan! Reviewed by Pak Tani on November 18, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.