Selain Lavender, Ini 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Efektif

Tidak hanya gatal, gigitan nyamuk juga membuat tidak nyaman dan bisa membawa penyakit bagi manusia. Lantas, adakah cara alami untuk mengusir nyamuk? Tentu ada, salah satunya dengan memanfaatkan tanaman pengusir nyamuk.

Ada banyak tanaman yang dapat ditanam guna mencegah nyamuk menyerang. Banyak dari tanaman tersebut yang mampu mengeluarkan bau atau mengandung minyak yang tak disukai nyamuk.

Baca Juga :

Untuk mendapatkan manfaatnya, tanaman-tanaman tersebut dapat ditanam di pekarangan rumah atau di dalam pot. Salah satu tanaman pengusir nyamuk terpopuler adalah lavender. Selain lavender, berikut beberapa tanaman lain yang memiliki khasiat serupa.

1. Serai

Serai adalah tanaman liar yang gampang ditemukan dan sering digunakan sebagai bumbu dapur. Serai mengandung minyak atsiri yang mempunyai bau yang tidak disukai nyamuk.

2. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi tanaman yang mempunyai bau yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini dapat anda tanam di pekarangan rumah atau ditanam di dalam pot.

3. Kemangi

Kemangi adalah tanaman yang mempunyai aroma yang khas. Kemangi sendiri mengandung minyak atsiri yang baunya tidak disukai oleh nyamuk.

Paranet sangat populer di kalangan para pekebun sebagai jaring peneduh, karena terbukti lebih ekonomis daripada naungan lain selain terpal, kain, atau asbes. Butuh paranet? Klik disini untuk cek harganya!

4. Catnip

Catnip adalah tanaman yang sering dijadikan mainan kucing. Catnip juga mengandung minyak atsiri yang memiliki bau yang menarik bagi kucing, tetapi tidak bagi nyamuk.

5. Marigold

Tanaman marigold punya bunga berwarna-warni yang cantik. Marigold mengandung senyawa yang mampu mengganggu persepsi nyamuk, sehingga nyamuk tak tertarik mendekatinya.

6. Peterseli

Daun peterseli biasanya digunakan dalam bahan makanan seperti pizza dan spaghetti. Peterseli juga mengandung minyak atsiri yang tidak disukai oleh nyamuk.

7. Mint

Mint juga mengandung minyak atsiri yang dibenci nyamuk. Tanaman ini sangat populer karena dapat memberikan sensasi dingin setelah mengonsumsinya.

Referensi :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230823080641-277-989344/8-tanaman-pengusir-nyamuk-yang-bisa-ditanam-di-rumah

Selain Lavender, Ini 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Efektif Selain Lavender, Ini 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Efektif Reviewed by Pak Tani on November 25, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.