Fakta Menarik Bunga Pukul Empat, dan Arti Dibalik Namanya

Mungkin kamu jarang mendengar nama bunga pukul empat, namun jika diperlihatkan gambarnya tentu familiar, karena tanaman ini sering tumbuh di pekarangan rumah. Bunga pukul empat adalah spesies tanaman hias dari genus Mirabilis.

Baca Juga :

Bunga pukul empat berasal dari Meksiko dengan warna yang bermacam-macam, mulai dari yang umum yakni merah, ungu, kuning, lalu putih. Selain fakta diatas, masih banyak fakta menarik dari bunga ini. Berikut ulasannya.

1. Dibalik penamaan 'bunga pukul empat'

Bunga ini dikenal dengan nama bunga pukul empat karena biasa mekar saat pukul 4 sore dan mengeluarkan aroma yang khas. Hal itu bisa terjadi dikarenakan adanya rangsangan cahaya, aktivitas tersebut dinamakan dengan fotonasti.

Fotonasti adalah gerak pada tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan cahaya matahari, namun gerakannya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya stimulus.

2. Nama ilmiah bunga pukul empat

Nama ilmiah bunga ini adalah Mirabilis Jalapa. Mirabilis sendiri artinya mengagumkan, sedangkan Jalapa merupakan nama tempat di mana bunga ini ditemukan pertama kali, yakni di kota Jalapa.

Kota Xalapa atau Jalapa adalah nama ibu kota negara bagian Veracruz di Meksiko. Pada zaman dulu, bunga pukul empat sudah dibudidayakan oleh suku aztec sebagai tanaman obat serta tanaman hias.

Plastik UV yang cocok digunakan untuk greenhouse tanaman adalah platik UV dengan presentase UV 14%. Butuh plastik UV murah? Klik disini!

3. Termasuk tanaman musiman

Walaupun gampang dirawat dan berbunga, tanaman ini sebetulnya termasuk tanaman musiman. Pada musim berbunga, bunganya akan benar-benar lebat dan indah saat dilihat.

Tingginya bervariatif, antara 50 sampai 100 cm. Biasanya bunga ini mekar pada bulan Juli-Oktober, mendekati akhir tahun.

4. Punya banyak manfaat

Seluruh bagian dari bunga pukul empat dapat dimanfaatkan, khususnya dalam bidang kesehatan. Salah satunya yakni biji dari bunga pukul empat bisa dijadikan masker alami guna mengatasi masalah jerawat.

Tak hanya itu, bunga dan daun bunga ini juga bisa digunakan sebagai ovisida nyamuk aedes aegypti, mengatasi maag, dan menangkal kanker.

Referensi :

https://www.suara.com/lifestyle/2021/10/23/113231/mengenal-bunga-pukul-empat-lebih-dekat-berikut-3-fakta-unik-yang-dimilikinya

https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/r8sWz9J/fakta-unik-bunga-pukul-empat-hanya-tumbuh-sore-hari-sesuai-namanya/read-all

https://www.idntimes.com/science/discovery/abay-asyamar-1/fakta-unik-bunga-pukul-empat-c1c2?page=all

https://fajar.co.id/2021/06/13/subur-dan-mudah-dikembangbiakkan-bunga-pukul-empat-miliki-segudang-manfaat/?page=all

Fakta Menarik Bunga Pukul Empat, dan Arti Dibalik Namanya Fakta Menarik Bunga Pukul Empat, dan Arti Dibalik Namanya Reviewed by Pak Tani on Juni 24, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.