Mengenal Sejarah Kurma, Buah Nikmat Khas Bulan Ramadan

Ramadan ialah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Di bulan tersebut, umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa. Puasa sendiri merupakan salah satu bagian dari rukun Islam.

Baca Juga :

Ramadan berlangsung selama 29-30 hari menurut pengamatan hilal, serta beberapa aturan yang tertulis dalam hadis. Membahas bulan ramadan terasa tidak lengkap jika belum membahas kurma, buah spesial ini memang identik sekali dengan nuansa ramadan.

Asal Usul Kurma Masih Menjadi Misteri

Walaupun tempat asalnya tidak diketahui pasti, kemungkinan tanaman kurma berasal dari tanah Teluk Persia. Hal tersebut dipercaya karena tumbuhan kurma sudah ada sejak jaman perkembangan Persia serta dibudidayakan sejak tahun 4000 SM ataupun sekitar 8000 tahun yang lalu.

Untuk bisa tumbuh subur serta berbuah banyak, pohon kurma perlu ditanam di wilayah yang kering serta panas. Hal ini juga yang menyebabkan pohon kurma tumbuh subur di wilayah gurun pasir seperti Afrika, Saudi Arabia, Mesir, serta Irak.

Beberapa jenis kurma diketahui sudah bisa ditanam di iklim Indonesia. Jika tertarik, kamu bisa mencoba menanam kurma di polybag. Butuh polybag? Klik disini untuk cek harganya!

Pohon Kurma Sudah Ada Sejak Lama, Bahkan Sebelum Manusia Diciptakan

Pernah dengan atau tahu tentang kisah Nabi Adam, manusia pertama di bumi? Saat turun ke bumi untuk pertama kalinya, beliau mendapati bahwa bumi ini dihuni oleh berbagai macam tanaman, salah satunya tanaman kurma.

Cerita lain mengatakan di sebuah kuburan Mesir Kuno, ditemukan mumi yang tertutup oleh tikar yang terbuat dari pelepah kurma. Ada juga ditemukan pohon kurma utuh di sebuah kuburan kuno Shakra dan kuburan tersebut diperkirakan sudah ada sejak 3200 tahun sebelum masehi.

Jenis Kurma yang Disukai Nabi Muhamaad

Nabi Muhamaad SAW pertama kali menanam kurma berjenis Ajwa yang lokasinya berada di sebelah Masjid Quba, Madinah. Hal itu pula yang menjadikan kurma ajwa identik dengan sebutah kurma nabi. Nabi Muhamaad pun mempunyai kebiasaan berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma ajwa.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Ramadan

https://id.wikipedia.org/wiki/Kurma_(pohon)

https://www.pegipegi.com/travel/sejarah-kurma-yang-harus-kamu-tahu/

https://kids.grid.id/read/472665722/sejarah-mengenai-asal-muasal-buah-kurma-yang-sudah-ada-sejak-8000-ribu-tahun-lalu?page=all

Mengenal Sejarah Kurma, Buah Nikmat Khas Bulan Ramadan Mengenal Sejarah Kurma, Buah Nikmat Khas Bulan Ramadan Reviewed by Pak Tani on Maret 25, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.