Benarkah Minyak Kayu Putih Berasal dari Pohon Eukaliptus?

Sebagian besar masyarakat Indonesia banyak yang mengira jika daun pohon eukaliptus merupakan sumber dari minyak kayu putih. Namun, benarkah demikian?

Sebelum menjawab dan membahas pertanyaan tersebut, mari mengenal lebih dahulu tentang eukaliptus. Eukaliptus yang mempunyai nama ilmiah Eucalyptus ini adalah sejenis pohon dari Australia.

Baca Juga :

Terdapat sekitar 700-900 spesies dari eukaliptus yang kebanyakan berasal dari Australia, namun beberapa spesies lain juga dapat ditemukan di Indonesia, Papua Nugini serta Filipina.

Bagian yang sering dimanfaatkan dari tanaman ini adalah minyak dari daunnya. Minyak eukaliptus dapat digunakan sebagai pembersih, pewangi, dan dalam jumlah kecil dalam suplemen makanan.

Daun eukaliptus kerap dianggap sebagai bahan dari minyak kayu putih yang banyak beredar di apotek. Akan tetapi, rupanya kedua hal ini adalah sesuatu yang berbeda.

Sesuai namanya, minyak kayu putih sebenarnya berasal dari pohon kayu putih yang mempunyai nama ilmiah Melaleuca leucadendra. Pohon kayu putih adalah salah satu spesies dari eukaliptus. Sehingga, pernyataan minyak kayu putih berasal dari eukaliptus sedikit kurang tepat.

Jika dijabarkan, salah satu yang dihasilkan oleh pohon eukaliptus adalah minyak atsiri eucalyptus, sedangkan minyak kayu putih yang banyak dijumpai dan dipakai selama ini berasal dari pohon kayu putih.

Secara singkat, pohon eukaliptus bukanlah asal dari minyak kayu putih, melainkan pohon kayu putih. Meski berbeda, ekstrak minyak dari kedua pohon tersebut mempunyai manfaat bagi kesehatan yang hampir sama.

Teras atau pekarangan rumah bikin suasana rumah jadi gerah? Yuk pasang jaring peneduh paranet! Cek harganya disini.

Sedikit mengenal tentang tanaman kayu putih, nama pohonnya sendiri memang diambil dari warna batangnya yang berwarna putih. Tanaman ini tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara.

Kayu putih merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan yang sering dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih. Minyak yang dihasilkan pohon ini berasal dari daun dan rantingnya.

Referensi :

https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/10/203000623/jangan-salah-lagi-ini-perbedaan-eucalyptus-dan-kayu-putih?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Eukaliptus

https://id.wikipedia.org/wiki/Kayu_putih

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5081807/eucalyptus-dan-kayu-putih-sama-nggak-sih-ini-penjelasan-kementan

Benarkah Minyak Kayu Putih Berasal dari Pohon Eukaliptus? Benarkah Minyak Kayu Putih Berasal dari Pohon Eukaliptus? Reviewed by Pak Tani on Maret 11, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.