Mengenal Tanaman Selasih, Tanaman yang Mirip dengan Kemangi

Kamu tahu biji selasih? Biji selasih adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman selasih. Tanaman selasih (Ocimum basilicum) ialah terna yang masuk dalam golongan tanaman basil.

Baca Juga :

Baik selasih dan kemangi adalah tanaman yang sama-sama masuk dalam golongan tanaman basil dan masih satu spesies, wajar fisik kedua tanaman tersebut hampir serupa.

Perbedaan Tanaman Selasih dengan Tanaman Kemangi

Tanaman kemangi tak menghasilkan biji seperti selasih serta hanya dimanfaatkan daunnya saja. Namun uniknya, daun selasih mempunyai aroma layaknya daun kemangi. Bunga kemangi sendiri berwarna putih, sedangkan bunga selasih warnanya coklat kehitaman.

Asal Tanaman Selasih

Tak ada yang mengetahui pasti dimana asal dari tanaman selasih, karena tersebar serta banyak ditemukan di berbagai negara. Akan tetapi tanaman selasih diyakini berasal dari wilayah Asia seperti India dan Thailand. Namun ada juga sumber yang mengatakan tanaman ini berasal dari beberapa wilayah di Eropa.

Nama Tanaman Selasih di Berbagai Daerah

Tanaman selasih punya nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya di Jawa tanaman selasih dikenal dengan nama telasih, di Melayu dikenal sebagai selaseh, serta di Minahasa dikenal dengna amping dan kukuru. Dalam bahasa Inggris, selasih disebut sweet basil.

Polybag menjadi wadah tanam budidaya terpopuler saat ini, karena harganya murah dan efisien ketika digunakan. Butuh polybag? Klik disini untuk cek harganya!

Cara Membuat Biji Selasih Siap Konsumsi

Cara merendam biji selasih tak boleh sembarangan. Agar hasilnya bisa sempurna, biji selasih harus direndam dengan teknik yang benar.

  1. Pertama, ambil biji selasih kering dan masukkan ke dalam wadah mangkuk atau gelas yang sudah diisi air hangat.
  2. Perbandingan jumlahnya yakni 1 sendok biji selasih dan air 250 ml.
  3. Sesudah memasukkan biji selasih ke dalam air hangat, aduk sebentar kurang lebih 1 menit.
  4. Diamkan selama 15-20 menit.
  5. Kalau biji selasih sudah mengembang atau biasanya ditandai dengan lapisan putih menyelimuti biji selasih yang berwarna hitam, artinya biji siap digunakan.
  6. Tiriskan biji selasih hingga air rendamannya terbuang bersih.

Minuman dengan Campuran Biji Selasih

Berikut beberapa rekomendasi minuman segar yang cocok dicampur dengan biji selasih, antara lain : es kuwut, es selasih leci soda, es sarang burung selasih, es timun selasih, dan es mangga selasih.

Referensi :

https://bobo.grid.id/read/08681540/selasih-dan-kemangi-itu-sama-yuk-cari-tahu-perbedaannya?page=all

https://rimbakita.com/pohon-selasih/

https://www.orami.co.id/magazine/cara-merendam-biji-selasih

https://www.idntimes.com/food/recipe/andry-trisandy/kumpulan-resep-olahan-biji-selasih

Mengenal Tanaman Selasih, Tanaman yang Mirip dengan Kemangi Mengenal Tanaman Selasih, Tanaman yang Mirip dengan Kemangi Reviewed by Pak Tani on Maret 18, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.