7 Tanaman Air yang Cocok Jadi Penghias Kolam Ikan Mini

Kolam ikan mini di halaman rumah dapat memberi kesejukan dalam hunian. Dengan ukuran yang kecil, kolam tidak membutuhkan banyak ruang, sehingga bisa diterapkan di berbagai konsep hunian.

Baca Juga :

Agar lebih menarik, anda dapat memberikan tanaman air pada kolam mini. Tanaman air bisa membuat sistem udara di sekitar kolam lebih baik dan menambah kesan minimalis. Berikut rekomendasi tanaman air yang bisa anda pilih.

1. Eceng Gondok

Tanaman ini sangat populer di kalangan tanaman air penghias kolam ikan karena bunganya indah serta perawatannya mudah. Namun, anda harus rajin memangkasnya senan eceng gondok biasa tumbuh dengan sangat cepat.

2. Teratai

Tanaman teratai mempunyai daun lebar sehingga mampu mengapung di permukaan air. Teratai mempunyai bunga yang sangat cantik dengan batang yang berongga, fungsinya sebagai alat mengapung di permukaan air. Fungsi lain dari batangnya yakni sebagai tempat menyimpan cadangan oksigen.

3. Azolla

Tanaman yang satu ini sangat produktif dan mampu mengusir nyamuk yang hendak bertelur di air. Secara tak langsung, tanaman ini mencegah adanya jentik-jentik nyamuk di dalam air. Selain itu, tanaman azolla juga dapat digunakan sebagai sumber pakan ikan yang alami.

4. Lotus

Lotus atau biasa disebut bunga seroja ini punya fisik yang sekilas mirip teratai. Bedanya, bunga lotus cenderung mempunyai kelopak bunga lebih lebar dan tumbuh tak teratur. Sedangkan kelopak bunga teratai berbentuk lancip serta tumbuh lebih rapi.

Agar tidak cepat rusak, lindungi selalu tanaman anda di kebun dengan jaring kasa (insectnet). Butuh insectnet? Klik disini sekarang!

5. Kapu-Kapu (Kiambang)

Kapu-kapu, kiambang, atau apu-apu juga menjadi salah satu tanaman air yang sering dijadikan penghias kolam ikan. Akar dari tanaman ini biasa dijadikan tempat ikan untuk menaruh telur-telurnya. Kapu-kapu juga dapat membantu melindungi ekosistem kolam karena mampu menyerap logam-logam berat yang berbahaya bagi hidup ikan.

6. Water Poppy

Yellow water poppy atau biasa disebut water poppy saja adalah tanaman air yang sering dinobatkan sebagai tanaman hias air paling elegan. Adanya bunga berwarna putih kekuningan pada tanaman ini mampu menyulap kolam ikan menjadi lebih cantik. Water poppy dapat tumbuh dengna baik di media air berlumpur dengan cahaya matahari penuh setiap hari.

7. Rumput Payung

Tanaman yang lebih sering disebut payung lembang atau payung raja ini dikenal karena ciri fisiknya yang khas. Bentuk fisik tanaman ini memang menyerupai payung, batangnya lurus dengan daun bulat melebar. Perawatan rumput payung terbilang mudah dan dapat tumbuh subur pada lingkungan bersuhu normal.

Referensi :

https://www.rumah.com/panduan-properti/kolam-ikan-mini-di-teras-rumah-73818

https://www.orami.co.id/magazine/tanaman-aquascape

https://www.brilio.net/wow/10-jenis-tanaman-air-penghias-kolam-ikan-cantik-dan-mudah-dirawat-210113a.html

7 Tanaman Air yang Cocok Jadi Penghias Kolam Ikan Mini 7 Tanaman Air yang Cocok Jadi Penghias Kolam Ikan Mini Reviewed by Pak Tani on Juli 01, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.