6 Pohon Peneduh yang Akarnya Tidak Merusak Pondasi Rumah

Mempunyai lingkungan rumah yang sejuk nan rindang tentu menjadi impian banyak orang. Terlebih kalau lingkungan yang ditinggali adalah dataran rendah. Keberadaan pohon sebagai peneduh rumah pun rasanya begitu diperlukan.

Sayang, terkadang akar pohon justru merambat ke arah rumah dan merusak struktur pondasi. Sehingga pohon pun harus ditebang sebelum kerusakan semakin bertambah akibat ulah akar pohon tersebut.

Baca Juga :

Namun tak perlu khawatir, sebab ada beberapa jenis pohon peneduh yang aman ditanam di sekitaran rumah dan akarnya tidak merambat ke samping sehingga tak merusak pondasi rumah. Apa saja pohon-pohon tersebut? Berikut daftarnya.

1. Pohon Mangga

Selain buahnya yang populer, akar serta batang pohon mangga sangat kokoh namun tak merusak pondasi atau tanah. Hal ini sebab akar pohon mangga lebih merambat ke bawah dan bukan ke samping, sehingga amat cocok dijadikan pohon peneduh.

2. Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya sering dijadikan pohon peneduh di tepian jalan umum, namun juga bisa dijadikan peneduh sekitaran rumah karena akarnya tidak merusak area sekitar. Ketinggian pohon ini dapat mencapai 8 meter dan daunnya tak mudah rontok.

3. Pohon Flamboyan

Pohon flamboyan tumbuh melebar dan membentuk seperti payung dengan ketinggian berkisar 9-15 meter. Pohon ini sering disebut semarak api, lantaran dari bentuk hingga warna daunnya begitu meriah dan indah. Akar pohon flamboyan tergolong kokoh dan tak merusak sekitar, jadi aman untuk ditanam sebagai peneduh rumah.

Selain dengan pohon, untuk memperindang halaman rumah, anda juga bisa memasang paranet (jaring peneduh). Butuh paranet? Klik disini sekarang!

4. Pohon Pucuk Merah

Pohon pucuk merah punya warna daun merah dan hijau, dengan bunga atau tunas daun yang menyerupai pohon cengkeh. Banyak orang menanam pohon ini di sekitaran rumah atau kantor lantaran akarnya tak merusak pondasi.

5. Pohon Mahoni

Pohon mahoni juga menjadi salah satu pohon yang akarnya tak akan merusak pondasi rumah. Ukuran dan diameter pohon mahoni yang besar dapat membuat rumah terasa sejuk dan menyegarkan. Selain itu, pohon ini mampu mencerap CO2 maksimal 70% di udara dan akarnya dapat mengikat air tanah. Daerah yang rentan kekurangan air sangat cocok ditanami pohon mahoni.

6. Pohon Bungur

Karena akarnya tak merusak tanah sekitar, pohon ini sering sengaja ditanam di tepi jalan dan sungai sebagai pohon peneduh. Selain menyejukkan, pohon ini juga menyuguhkan pemandangan yang cantik dari bunganya yangberwarna merah muda. Perawatan pohon bungur tergolong mudah dan murah.

Referensi :

https://lindungihutan.com/blog/pohon-peneduh-rumah/

https://berita.99.co/pohon-peneduh-yang-akarnya-tidak-merusak/

https://lacakharga.com/blog/pohon-peneduh-yang-akarnya-tidak-merusak-pondasi-rumah/

6 Pohon Peneduh yang Akarnya Tidak Merusak Pondasi Rumah 6 Pohon Peneduh yang Akarnya Tidak Merusak Pondasi Rumah Reviewed by Pak Tani on Mei 13, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.