Cara Memanfaatkan Limbah Cangkang Telur, Yuk Terapkan!

Indonesia adalah salah satu negara yang masyarakatnya suka makan olahan telur. Beberapa telur konsumsi yang banyak beredar di Indonesia adalah telur ayam, telur bebek, dan telur puyuh.

Biasanya sesudah membuat makanan atau kuliner dengan bahan dasar telur seperti telur dadar atau telur rebus, cangkang telur akan dibuang begitu saja di tempat sampah. Padahal, limbah cangkang atau kulit telur khususnya telur ayam bisa diolah kembali.

Baca Juga :

Meski dapat dikonsumsi, cangkang telur memang kurang umum diolah menjadi makanan, namun bahan organik ini dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai. Apa saja pemanfaatan dari limbah cangkang telur? Berikut penjelasannya.

1. Menjadi campuran pupuk kompos

Pertama, cuci bersih cangkang telur lalu keringkan. Kemudian hancurkan cangkang telur dan campurkan dengan kompos. Cangkang telur mengandung banyak kalsium yang berfungsi guna meningkatkan pertumbuhan tanaman.

2. Wadah untuk menyemai benih

Cangkang telur, khususnya telur ayam dapat menjadi wadah benih atau media semai yang aman dan tanpa limbah. Terlebih lagi, cangkang telur mengandung unsur hara yang baik untuk proses pertumbuhan tanaman. Tak hanya itu, cangkang telur juga memudahkan kamu dalam pemindahan benih ke lahan tanam.

Polybag juga menjadi wadah semai benih yang populer dan banyak digunakan. Butuh polybag? Klik disini untuk cek harganya!

3. Bahan kerajinan yang bernilai rupiah

Cangkang telur yang sering dibuang begitu saja, nyatanya bisa diubah menjadi bentuk kerajinan bernilai ekonomi tinggi, seperti contoh lukisan dari cangkang telur.

Beragam motif seperti hewan, tokoh terkenal, sampai candi-candi sengaja dibuat untuk menambah nilai keindahan dan nilai jual dari kerajinan cangkang telur ini.

4. Mengasah pisau blender yang tumpul

Siapa sangka kalau cangkang telur bisa menajamkan pisau blender yang tumpul? Caranya mudah saja, tinggal masukkan 5 cangkang telur ke dalam blender.

Kemudian tambahkan 1 gelas air dan nyalakan blender sekitar 2-3 menit. Pisau yang mencacah cangkang telur akan terasah otomatis, sehingga membuat mata pisaunya kembali tajam.

5. Sebagai pakan untuk burung

Pertama-tama, kumpulkan dan masukkan cangkang telur ke dalam sebuah wadah. Cuci bersih cangkang telur, lalu hancurkan dengan cara ditumbuk hingga halus. Cangkang telur yang sudah lembut lanjut disangrai atau digoreng tanpa minyak.

Tujuannya supaya kadar airnya menurun drastis. Kemudian cangkang telur ditumbuk lagi hingga betul-betul halus seperti tepung. Tepung dari cangkang telur bisa kamu campur dengan pur/pelet dan berikan ke burung ternak.

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/jangan-dibuang-ini-6-manfaat-cangkang-telur-bagi-tanaman

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-cangkang-telur-untuk-tanaman

https://mas-alahrom.my.id/karya-tulis-ilmiah/pemanfaatan-limbah-cangkang-telur-ayam/

https://arafuru.com/solusi/cara-mengasah-pisau-blender-agar-tajam.html

https://www.pinhome.id/blog/cara-memberikan-cangkang-telur-dan-tulang-ikan-pada-burung/

Cara Memanfaatkan Limbah Cangkang Telur, Yuk Terapkan! Cara Memanfaatkan Limbah Cangkang Telur, Yuk Terapkan! Reviewed by Pak Tani on Mei 20, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.