5 Fakta Unik Ikan Gurami, Salah Satu Ikan Air Tawar Termahal

Ikan gurami adalah salah satu potensi air tawar yang memiliki prospek pasar yang amat baik, hal tersebut dikarenakan ikan ini punya nilai ekonomis yang tinggi, baik dari segi harga jual serta harga beli.

Baca Juga :

Harga ikan gurami memang terkenal mahal sejak dulu. Mahalnya harga gurami karena memerlukan waktu relatif lama saat budidaya untuk mencapai ukuran konsumsi. Selain fakta diatas, berikut beberapa fakta lain soal gurami.

1. Punya banyak jenis

Seperti ikan air tawar lainnya, gurami juga punya beberapa jenis di dalamnya. Beberapa jenis gurami yang populer di Indonesia antara lain :

  • Gurami soang (gurami angsa)
  • Gurami batu
  • Gurami kapas
  • Gurami blue safir
  • Gurami porselen
  • Gurami jepang (gurami jepun)
  • Gurami paris

2. Bisa hidup di tempat ekstrim

Kalau kamu perhatikan, ikan gurami sering kali berenang ke permukaan air. Hal tersebut dikarenakan gurami punya insang kedua yang berbentuk labirin yang terletak di atas insang utamanya.

Insang berbentuk labirin tersebut berfungsi untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Berkat labirin ini juga gurami mampu bertahan hidup di dalam air yang keruh, bahkan minim oksigen sekalipun.

3. Gurami tua punya dahi menonjol

Ikan gurami yang sudah berumur atau tua dan yang muda dapat mudah dibedakan melalui bentuk dahinya. Gurami muda mempunyai dahi yang cenderung rata serta datar, sedangkan gurami yang lebih tua punya dahi yang menonjol.

4. Tergolong sebagai hewan omnivora

Di habitat aslinya seperti danau dan sungai, gurami mempunyai kecenderungan memilih jenis makanan spesifik sesuai dengan usia tumbuhnya. Pada fase larva serta benih, gurami biasa memakan jasad renik, seperti fitoplankton, zooplankton, atau serangga air.

Sementara di fase dewasa, gurami cenderung memakan tumbuh-tumbuhan, seperti azolla, kangkung air, serta genjer. Namun saat di kolam budidaya, biasanya peternak memilih untuk memberikan daun singkong, daun pepaya, atau pelet supaya pertumbuhannya lebih optimal.

Kebanyakan budidaya ikan air tawar menggunakan kolam terpal sebagai tempat ternaknya. Jika anda membutuhkan terpal plastik, klik disini untuk cek harganya!

5. Mengandung banyak gizi bermanfaat

Daging ikan gurami mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh manusia. Gurami mengandung protein, vitamin A dan B, serta asam amino yang baik untuk pertumbuhan.

Tak hanya itu, ikan gurami mempunyai kadar air tinggi serta kandungan lemak yang rendah, sehingga juga baik untuk kamu konsumsi ketika sedang melakukan diet rendah lemak.

Referensi :

https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/2358

https://efishery.com/jenis-ikan-gurami/

https://www.minapoli.com/info/7-fakta-unik-ikan-gurami-yang-perlu-anda-tahu

5 Fakta Unik Ikan Gurami, Salah Satu Ikan Air Tawar Termahal 5 Fakta Unik Ikan Gurami, Salah Satu Ikan Air Tawar Termahal Reviewed by Pak Tani on April 15, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.