Manfaat Berbuka Puasa dan Sahur dengan Buah Semangka

Buah menjadi makanan yang penting dikonsumsi ketika bulan puasa. Guna mengembalikan kesegaran tubuh, buah dibutuhkan setiap hari khususnya waktu berbuka puasa dan sahur.

Salah satu buah yang baik dikonsumsi adalah semangka. Buah semangka mampu menghidrasi tubuh lebih banyak, sehingga cocok dijadikan kudapan saat berbuka puasa dan sahur.

Baca Juga :

Ketimbang mengonsumsi minuman manis dengan gula tambahan, semangka tentu bisa menjadi pengganti yang lebih sehat. Berikut ulasan lengkap tentang manfaat buah semangka.

1. Menghidrasi Tubuh

Buah semangka punya kandungan air yang tinggi, sekitar 92% dan punya nutrisi penting seperti magnesium, kalsium, natrium, serta kalium. Dengan kata lain, buah semangka bisa menghidrasi lebih efektif daripada air, terutama sesudah seharian berpuasa.

2. Rendah Kalori

Sebagian besar masyarakat lebih menyukai makanan cepat saji yang tinggi akan kalori. Namun mempunyai kalori yang tinggi tentu tidak baik untuk kesehatan. Buah semangka bisa anda konsumsi guna menjaga kalori tetap seimbang.

3. Melancarkan Pencernaan

Menjalankan puasa harus diimbangi dengan pencernaan yang sehat. Karena jika pencernaan bermasalah, maka menahan haus serta lapar selama 14 jam tentu sulit dilakukan.

Semangka ternyata mampu mengambil peran melancarkan perncernaan. Hal ini karena tingginya kandungan air dalam buah semangka, sehingga usus dalam tubuh bisa terjaga dengan baik serta normal.

Agar tanah budidaya semangka tetap terjaga dan sehat, anda dapat memberikan mulsa plastik diatasnya. Butuh mulsa plastik? Klik disini sekarang!

4. Mencegah Panas Dalam

Selain kesehatan pencernaan, kesehatan mulut juga perlu dijaga ketika berpuasa. Karena jika kesehatan mulut tidak terjaga dapat menyebabkan panas dalam. Jika anda sampai mengalami panas dalam, makan makanan enak pun akan sulit dirasakan.

Agar terhindar dari panas dalam, buah semangka dapat membantu anda dengan baik. Hal ini dikarenakan buah semangka mampu menjaga mulut serta tubuh tetap bugar, dan tidak merasa panas serta kering.

5. Menyehatkan Jantung

Semangka menjadi salah satu buah yang mengandung likopen (hidrokarbon karotenoid merah cerah). Beberapa hasil penelitian menjelaskan bahwa likopen mampu mencegah kardiovaskular (penyakit jantung), termasuk mengurangi risiko stroke.

Manfaat buah semangka lainnya yakni dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Buah semangka yang kaya akan antioksidan vitamin C, mampu melindungi dan memperbaiki jaringan vena, arteri, dan jantung.

Referensi :

https://rsudgrati.pasuruankab.go.id/berita-914-inilah-10-buah-untuk-berbuka-puasa-yang-menyehatkan.html

https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-6014583/7-manfaat-buah-semangka-untuk-sahur-dan-buka-puasa?page=all

https://www.liputan6.com/hot/read/4231147/5-manfaat-buah-semangka-bagi-kesehatan-saat-puasa-dan-5-cara-mengolahnya

Manfaat Berbuka Puasa dan Sahur dengan Buah Semangka Manfaat Berbuka Puasa dan Sahur dengan Buah Semangka Reviewed by Pak Tani on April 10, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.