Subscribe Newsletter

6 Fakta Unik Kelengkeng, Si Mata Kucing yang Kecil dan Manis

Lengkeng atau kelengkeng adalah buah tropis yang cukup terkenal di kawasan Asia. Di Indonesia, buah ini dikenal dengan sebutan lain yakni 'mata kucing', sedangkan di Tiongkok, kelengkeng juga dikenal sebagai 'mata naga'.

Baca Juga :

Hal tersebut didasarkan oleh daging buahnya transparan dengan biji hitam di dalamnya seperti pupil, yang mana semuanya menciptakan kesan sebuah bola mata. Selain fakta unik tersebut, berikut fakta lain kelengkeng yang harus kamu tahu.

1. Jenis kelengkeng yang tersebar di dunia

Nama kelengkeng dalam Bahasa Inggris adalah longan, dan untuk nama ilmiahnya adalah Dimocarpus longan. Terdapat beberapa jenis lengkeng yang tersebar di dunia, antara lain :

  • ssp. longan var. longan. Longan (Inggris), lengkeng (Indonesia/Malaysia), lamyai pa (Thailand). Berasal dari wilayah pegunungan Myanmar hingga Tiongkok selatan. Kini dibudidayakan secara meluas hingga ke Taiwan, Thailand, Indonesia, Australia serta Amerika Serikat.
  • ssp. longan var. longepetiolatus. Berasal dari Vietnam bagian selatan.
  • ssp. longan var. obtusus. Lamyai khruer, lamyai tao (Thailand). Dari wilayah Indochina, dibudidayakan di Thailand.
  • ssp. malesianus var. malesianus. Matakucing (Malaysia), medaru, medaro, bedaro (Sumatra), ihau (Kalimantan Timur, Indonesia), isau, sau, kakus (Serawak, Malaysia). Menyebar di kawasan Indochina dan Malesia.
  • ssp. malesianus var. echinatus. Menyebar di Kalimantan dan Filipina.

2. Ciri fisik dan rasa buah

Buah kelengkeng berbentuk bulat dan berukuran kecil dengan diameter rata-rata 1-3 cm. Bagian luar buahnya diselimuti kulit berupa cangkang tipis bertekstur karena terdapat benjolan kecil-kecil.

Warna kulitnya beragam mulai dari coklat muda, hijau, dan kuning. Bagian dagingnya berwarna transparan atau putih abu-abu yang tembus pandang. Daginya agak keras, berair, serta membungkus biji keras berwarna hitam berkilau.

Bijinya sendiri tidak menempel pada dagingnya, sehingga sangat mudah untuk mengonsumgi buah ini. Buah kelengkeng punya aroma samar dengan rasa buah yang manis dan segar.

3. Pohon kelengkeng sangat kuat

Salah satu ciri unik dari pohon lengkeng adalah umurnya yang mampu hidup lebih dari 400 tahun. Batang pohon kelengkeng sendiri termasuk golongan batang keras dengan bentuk bulat.

Sistem percabangan batangnya adalah percabangan simpodial dengan banyak cabang serta arahnya mendatar dan rapat. Pohon lengkeng dapat tumbuh tinggi mencapai 40 meter dengan diameter batangnya hingga 1 meter.

4. Syarat tumbuh tanaman kelengkeng

Lengkeng dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang gembur, dengan lapisan tanah tebal serta dapat mengikat air dengan baik pula. Tanaman lengkeng menghendaki pH 5,5 hingga 6,5. Curah hujan yang dibutuhkan setidaknya 2500-3000 mm per tahun dengan penyebaran merata sepanjang tahun.

Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari penuh. Untuk suhu optimum guna membantu pertumbuhan lengkeng berada dikisaran 20-33 derajat celcius dengan kelembaban udara 65-90%.

Jika anda ingin menanam kelengkeng tapi tidak punya lahan luas, gunakan saja polybag sebagai wadah tanamnya. Klik disini untuk beli polybag dengna harga terjangkau!

5. Daerah penghasil kelengkeng di Indonesia

Jawa Tengah menjadi sentra atau penghasil buah kelengkeng terbesar di Indonesia, wilayah penghasilnya meliputi Kabupaten Semarang, Blora, Karanganyar, Klaten, Jepara, Temanggung, Wonogiri, Magelang, dan Sragen.

Berdasarkan penelitian, pengembangan lengkeng sudah mencapai 1.500 hektar yang tersebar di pulau Jawa seperti Kabupaten Semarang, Tuban, Blora, Kulonprogo, Jepara, Wonogiri, Karanganyar, Malang, bahkan sudah tersebar di beberapa wilayah di Kalimantan Timur seperti di kabupaten Kutai Kertanegara, Riau serta Lampung Selatan.

6. Manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan

Berbagai nutrisi yang ada pada buah kelengkeng membuatnya dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat buah kelengkeng yang akan kamu dapatkan.

  1. Melawan radikal bebas
  2. Memperkuat tulang
  3. Meningkatkan kesehatan otak
  4. Menurunkan berat badan
  5. Menjaga kesehatan jantung
  6. Mencegah penuaan dini pada kulit
  7. Mengatasi insomnia

Buah kelengkeng sendiri kaya akan nutrisi, seperi zat besi, serat, kalsium, vitamin B, vitamin C, kalium, dan juga antioksidan polifenol sertaflavonoid. Buah yang satu ini memang terkenal mempunyai kandungan nutrisi yang melimpah.

Referensi :

https://m.merdeka.com/jatim/7-manfaat-buah-lengkeng-bagi-kesehatan-yang-perlu-anda-ketahui-kln.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Lengkeng

https://www.softschools.com/facts/plants/longan_facts/1859/

https://www.acara.co.id/6-ciri-ciri-pohon-lengkeng/

http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/budidaya-tanaman-lengkeng/

https://m.jpnn.com/news/jawa-tengah-sentra-produksi-lengkeng-terbesar

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-kelengkeng/

6 Fakta Unik Kelengkeng, Si Mata Kucing yang Kecil dan Manis 6 Fakta Unik Kelengkeng, Si Mata Kucing yang Kecil dan Manis Reviewed by Pak Tani on Desember 01, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk