Subscribe Newsletter

10 Negara Penghasil Pisang Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Pisang adalah tanaman yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, dan sebagian besar juga berasal dari Indonesia. Hampir seluruh buah pisang mempunyai kulit berwarna kuning saat matang, dan hijau ketika masih muda.

Baca Juga :

Pisang menjadi sumber energi karbohidrat serta mineral. Kebanyakan pisang yang beredar di dunia, sebagian besar diproduksi di wilayah dengan iklim tropis seperti Asia, Amerika Latin serta Afrika. Berikut daftar 10 negara penghasil pisang terbesar di dunia.

1. India

Di tahun 2020, India sukses menghasil sekitar 31 juta ton pisang, dan menjadikannya negara penghasil pisang terbesar di dunia. Pisang yang banyak tumbuh di India juga banyak dikonsumsi penduduknya sendiri, sehingga India juga menjadi negara pengonsumsi pisang terbesar di dunia.

2. Tiongkok

Per 2020, Tiongkok berhasil memproduksi 11 juta ton pisang. Tiongkok atau China sendiri juga menjadi negara dengan pengonsumsi pisang terbesar di dunia sebab pisang yang diproduksi, dikonsumsi secara domestik.

3. Indonesia

Pisang menjadi salah satu buah terbanyak yang dibudidayakan di Indonesia. Per 2020, Indonesia sukses menghasilkan sekitar 8 juta ton pisang. Provinsi yang menjadi produsen pisang terbesar di Indonesia antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, dan Lampung.

4. Brazil

Meski terkenal sebagai negara yang identik dengan sepak bola, Brazil juga sukses menjadi negara penghasil pisang terbesar di Amerika Selatan, dan terbesar nomor 4 di dunia. Per 2020, Brazil memproduksi 6,6 juta ton pisang.

5. Ekuador

Per 2020, Ekuador sukses menghasilkan 6 juta ton pisang. Sedangkan per 2021, Ekuador telah mengekspor 6.8 juta ton pisang. Negara ini mempunyai iklim tropis dengan musim panas serta hujan di sepanjang tahun. Ekuador banyak mengekspor pisang ke USA, Uni Eropa, dan Asia.

6. Filipina

Filipina sukses menghasilkan 5,9 juta ton pisang per 2020. Filipina sendiri berada di posisi ke 2 sebagai penghasil pisang terbesar di Asia Tenggara setelah Indonesia. Sekitar 90% ekspor pisang di Asia berasal dari Filipina.

Dalam budidaya pisang, buah perlu diberi brongsong agar terhindar dari hama dan penyakit. Anda butuh brongsong pisang? Klik disini untuk cek harganya!

7. Guatemala

Guatemala adalah negara ketujuh penghasil pisang terbesar di dunia. Guatemala sukses menghasilkan 4,4 juta ton per 2020. Negara ini mempunyai iklim tropis yang panas dan lembab di dataran rendah serta lebih dingin di dataran tinggi.

8. Angola

Angola menjadi negara diurutan kedelapan penghasil pisang terbesar di dunia. Per 2020, Angola berhasil memproduksi 4,1 juta ton pisang. Hal tersebut membuat Angola menjadi negara penghasil pisang terbesar di benua Afrika.

9. Tanzania

Per 2020, pisang yang dihasilkan Tanzania mencapai 3,4 juta ton. Pisang sendiri menjadi makanan pokok masyarakat Tanzania. Biasanya pisang banyak tumbuh di wilayah Kilimanjaro, Kagera, dan Mbeya. Negara dengan luas 945.087 km² ini mempunyai iklim tropis.

10. Kosta Rika

Kosta Rika adalah negara kesepuluh penghasil pisang terbesar di dunia. Negara di Amerika Tengah ini sukses menghasilkan 2,5 juta ton pisang per 2020. Selain pisang, ekspor utama pertanian dari Kosta Rika adalah kopi, beras, sayuran, dan gula.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Pisang

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/20/191949565/10-negara-penghasil-pisang-terbesar-di-dunia-indonesia-nomor-3?page=all

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6251590/10-negara-penghasil-pisang-terbesar-di-dunia-ada-ri

10 Negara Penghasil Pisang Terbesar di Dunia, Ada Indonesia? 10 Negara Penghasil Pisang Terbesar di Dunia, Ada Indonesia? Reviewed by Pak Tani on Desember 03, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk