Subscribe Newsletter

5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manggis atau nama latinnya 'Garcinia Mangostana Linn' adalah salah satu tanaman asli dari Indonesia. Sebagian besar pohon manggis di Indonesia adalah tanaman liar dengan tinggi sekitar 10 meter.

Pohon manggis umumnya mulai berbuah sesudah berumut 8-10 tahun. Buah manggis yang matang punya kulit buah berwarna ungu kemerahan dengan isi buah berwarna putih.

Baca Juga :

Manggis banyak disukai sebab rasanya memang menyegarkan, manis bercampur asam. Dibalik rasanya tersebut, manggis kaya akan kandungan zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Buah manggis punya kandungan vitamin C serta serat, yang mana keduanya penting guna menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Vitamin C punya sifat antioksidan yang berperan meningkatkan fungsi sel kekebalan, dan mengurangi risiko penyakit.

Sedangkan serat berperan menjaga sistem pencernaan, yang mana menjadi komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

2. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang mengonsumsi sekitar 90-270 ml jus manggis 2 kali sehari cenderung mempunyai indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah.

Para peneliti mengatakan efek antiinflamasi dari senyawa xanthone dapat mengurangi peradangan pada orang yang mengalami kelebihan berat badan.

3. Menyehatkan kulit

Efek antioksidan serta antibakteri pada buah manggis dinilai mampu membantu menjaga kesehatan kulit.

Seseorang yang mengonsumsi ekstrak manggis 100 mg setiap hari diyakini akan mempunyai elastisitas kulit yang lebih baik. Manggis juga dapat mengurangi senyawa yang menyebabkan penuaan kulit.

Buah yang diberi brongsong plastik cenderung lebih sehat dan mempunyai kualitas lebih baik daripada buah yang tidak dibungkus. Anda butuh brongsong buah? Klik disini untuk cek harganya!

4. Mengontrol kadar gula darah

Banyak penelitian yang membahas soal manfaat buah manggis dan menemukan fakta bahwa senyawa xanthone dan serat di dalamnya bisa membantu menjaga kadar gula darah.

Salah satunya penelitian yang dilakukan yakni studi pada tahun 2018 yang dipublikasikan oleh jurnal Nutrients.

5. Menjaga kesehatan jantung

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMC complementary and alternative medicine tahun 2016, polifenol pada buah manggis mampu menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik pada tikus.

Oleh sebab itu, manggis diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat tersebut pada manusia.

Referensi :

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/919/khasiat-buah-manggis-untuk-kesehatan

https://health.kompas.com/read/2020/07/20/090000468/12-manfaat-manggis-untuk-kesehatan?page=all

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-manggis/

5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh Manusia 5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh Manusia Reviewed by Pak Tani on November 24, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk