Tips Jadi Smart Buyer Ketika Berbelanja Secara Online, Catat!

Belanja online kini semakin diminati para konsumen di Indonesia. Terlepas itu barang besar ataupun kecil, belanja secara online seakan membuat hal sulit menjadi lebih mudah.

Namun dibalik kemudahan tersebut, tentu anda juga harus berhati-hati dan menjadi smart buyer atau pembeli cerdas supaya terhindar dari penipuan, atau barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi.

Baca Juga :

Banyak hal yang bisa anda lakukan agar kegiatan belanja online menjadi aman dan lancar. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjadi smart buyer.

1. Jangan Terkecoh Harga Murah

Rumus belanja sangat sederhana, ada harga ada kualitas. Jika anda menemukan 2 toko yang menjual barang sama dengan harga produk berbeda, sebagai smart buyer, pastikan anda memilih produk dari toko yang harganya di atas produk toko lain.

2. Pahami Produk dengan Teliti

Wajib hukumnya bagi calon pembeli untuk membaca deskripsi produk atau barang yang dijual secara teliti. Jika masih belum paham, jangan ragu tanyakan ke narahubung terkait. Hal ini ditujukan agar anda benar-benar mengerti akan barang yang hendak dibeli.

3. Toko Punya Portofolio Jelas

Biasanya, barang yang dijual secara online bisa anda temukan di website atau marketplace yang ada. Untuk memastikan barang bukan abal-abal, silahkan cek portofolio mereka, seperti contoh website, landing page, atau marketplace yang ada.

Lihat secara menyeluruh apakah informasi yang dibutuhkan pembeli tersedia secara lengkap dan jelas. Hal ini juga bisa menjadi tolak ukur akan kredibilitas penjual. Jadi jangan ragu untuk menjelajah lebih jauh.

Anda butuh jaring untuk pengaman proyek? Beli saja di toko kami! Cek harganya disini.

4. Pastikan Kontak Tidak Mencurigakan

Baik barang yang anda beli bernilai besar atau kecil, memastikan kualitas penjual tetap menjadi hal yang penting dilakukan. Ketika menghubungi customer service yang ada, pastikan mereka bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar.

5. Baca Review Pembeli yang Ada

Jika ragu dengan barang atau toko penjual, silahkan cek review atau ulasan pembeli yang ada. Di marketplace, anda bisa melihat review di tiap produk yang dijual. Untuk cara lain, silahkan cek ulasan toko atau perusahaan di google maps.

Tips Jadi Smart Buyer Ketika Berbelanja Secara Online, Catat! Tips Jadi Smart Buyer Ketika Berbelanja Secara Online, Catat! Reviewed by Pak Tani on November 17, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.