Subscribe Newsletter

Apa yang Akan Terjadi di Bumi Jika Semua Lebah Menghilang?

Tahukah kamu jika lebah punya banyak manfaat bagi kehidupan di bumi? Tak hanya sebagai penghasil madu, lebah juga berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia dan lingkungan.

Baca Juga :

Selain bermanfaat untuk manusia, lebah juga berkontribusi menjaga tumbuh kembang tanaman-tanaman yang menjadi makanan para hewan, seperti burung dan serangga.

Kalau sumber makanan hewan-hewan ini berkurang/hilang, maka dapat menyebabkan seluruh rantai makanan terancam. Oleh sebab itu, peran lebah dinilai sangat penting bagi ekosistem.

Membantu Penyerbukan Tanaman

Lebah serta hewan penyerbukan lainnya sudah ada di bumi selama jutaan tahun yang lalu untuk menjaga tumbuhan penghasil pangan tetap hidup, menjaga keanekaragaman hayati, dan juga menjaga ekosistem hewan, tumbuhan, dan manusia.

Penyerbukan merupakan salah satu hal yang paling penting di bumi. Lebah bukan hanya bekerja untuk membuat tumbuhan menghasilkan makanan, tetapi juga membuat tumbuhan berbunga dan membuat ekosistem bumi semakin hidup dan indah.

Media Konservasi Hutan

Di wilayah hutan, jarak antar tanaman terbilang cukup rapat sehingga tak memungkinkan adanya angin yang bisa membantu proses penyerbukan, serta seringkali jarak antar spesies pohon yang sama di hutan juga lumayan jauh.

Saat lebah hadir di hutan, mereka akan memberikan penyerbukan yang lebih baik dan mengarah pada peningkatan regenerasi pohon serta konservasi keanekaragaman hayati hutan. Lebah punya peran yang besar pada hutan tropis, hutan gugur, hutan sabana, hutan bakau, serta wilayah beriklim sedang.

Menjaga Ketahanan Pangan

Lebah diketahui meningkatkan produksi pangan 2 miliar petani di seluruh dunia, sehingga dapat membantu memastikan keamanan pangan di dunia. Penelitian menunjukkan kalau penyerbukan dikelola dengan baik pada pertanian kecil yang beragam, hasil panen diperkirakan mampu meningkat sebesar 24%.

Paranet adalah jaring hitam yang biasa digunakan sebagai peneduh tanaman, kandang, halaman rumah, kolam, dll. Anda butuh paranet dengan murah? Klik disini sekarang!

Apa yang Terjadi Jika Lebah Hilang dari Bumi?

Sejatinya, lebah adalah hewan kecil yang sangat menguntungkan bagi bumi. Disamping itu, pernahkah kamu membayangkan apa jadinya jika lebah punah? Mengutip dari beberapa sumber, dampak besar dari punahnya lebah di bumi yakni :

  • Madu akan hilang dari muka bumi
  • Sayuran dan buah gagal panen
  • Penjual kopi akan bangkrut
  • Pasokan pangan di dunia habis
  • Harga pakaian menjadi sangat mahal
  • Kriminalitas meningkat
  • Malnutrisi menyerang seluruh dunia

Seorang fisikawan terkenal di dunia, yakni Albert Einstein pernah berkata, "Jika lebah menghilang dari permukaan bumi, manusia hanya punya sisa waktu hidup 4 tahun lagi". Lantas, mengapa Albert Einstein mengemukakan pernyataan kontroversi tersebut?

Menurut beliau peranan lebah dalam kehidupan di bumi tidak sekedar menghasilkan madu saja, tapi lebih besar dari itu. Profesor Keith S. Delaplane dari departemen Entomology Universitas of Georgia Amerika Serikat, mengatakan bahwa hancurnya koloni lebah tidak hanya merugikan para peternak lebah.

Hal terpenting bukanlah pada madu, melainkan penyerbukan serta pasokan pangan bagi manusia yang sangat bergantung pada lebah. Singkatnya jika lebah punah, kehidupan di bumi akan terancam. Oleh karena itu, mari senantiasa menjaga apapun yang berperan baik dan penting bagi bumi di sekitar lingkungan kita.

Referensi :

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-lebah

http://ptpn10.co.id/blog/hilangnya-lebah-madu-hilangnya-kehidupan

https://bobo.grid.id/read/081863141/mengapa-lebah-penting-bagi-kehidupan-bumi-ya-akubacaakutahu?page=all

https://www.idntimes.com/science/discovery/m-tarmizi-murdianto/akibat-lebah-punah

Apa yang Akan Terjadi di Bumi Jika Semua Lebah Menghilang? Apa yang Akan Terjadi di Bumi Jika Semua Lebah Menghilang? Reviewed by Pak Tani on Oktober 24, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk