Subscribe Newsletter

3 Manfaat Penting Jamur Ekor Kalkun untuk Kesehatan Tubuh

Turkey tail mushroom atau jamur ekor kalkun adalah jamur yang tergolong dalam famili Polyporaceae, yang artinya kulit berpori. Nama jamur ini diambil dari bentuknya yang mirip ekor kalkun yang sedang mengembang.

Baca Juga :

Biasanya jamur ekor kalkun tumbuh pada tunggul batang kayu atau batang pohon yang sudah mati. Tak hanya bentuknya unik dan warnanya menarik, jamur ekor kalkun juga punya beberapa manfaat untuk kesehatan dengan catatan diolah dengan benar.

Namun sebelum mengetahui manfaatnya, karena ini merupakan jenis dari jamur, maka siapa pun yang punya alergi terhadap jamur tak disarankan mengonsumsinya sebab bisa menimbulkan reaksi alergi.

1. Menjaga Kesehatan Usus

Jamur ekor kalkun mempunyai kandungan prebiotik yang mampu menjaga keseimbangan alami bakteri baik dalam usus serta untuk menjaga sistem imun tubuh.

Jurnal Gut Microbes di tahun 2012 menjelaskan bahwa mengonsumsi jamur ekor kalkun per hari (dengan takaran tertentu) mampu membawa perubahan pada bakteri usus serta menekan pertumbuhan bakteri E. Coli serta Shigella.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jurnal Oncotarget di tahun 2018 menjelaskan bahwa krestin (PSK) serta polysaccharide peptide (PSP) menjadi salah satu jenis polisakaropeptida yang ada dalam jamur ekor kalkun.

Keduanya dapat meningkatkan respon kekebalan dengan cara mengaktifkan serta menghambat jenis sel kekebalan tertentu dengan menekan peradangan/inflamasi.

Krestin (PSK) mampu merangsang sel dendritik yang dapat meningkatkan kekebalan terhadap racun serta mengatur respon kekebalan. Tak hanya itu, krestin juga mengaktifkan sel darah putih khusus bernama makrofag, yang nama berperan melindungi tubuh dari zat berbahaya.

Waring sayur menjadi salah satu sak pengemasan pasca panen holtikultura terpopuler di Indonesia. Butuh waring sayur? Cek harganya disini.

3. Membantu Pengobatan Kanker

Pengobatan harian menggunakan ekstrak jamur ekor kalkun 45,5 mg per pon atau 100 mg per kg, secara signifikan mampu memperlambat penyebaran sel kanker. Karena punya senyawa yang bermanfaat, jamur ini umum digunakan bersamaan dengan terapi umum kanker seperti contoh kemoterapi.

Sebuah penelitian menemukan hasil bahwa bahwa pasien yang diberikan 1 sampai 3,6 gram jamur ekor kalkun per hari bersama dengan terapi kanker konvensional mempunyai manfaat pada kelangsungan hidup yang signifikan.

Referensi :

https://mycity.co.id/jarang-diketahui-ini-3-manfaat-jamur-ekor-kalkun/

https://www.honestdocs.id/turkey-tail

https://www.idntimes.com/health/fitness/ninda-f-1/manfaat-kesehatan-jamur-ekor-kalkun-c1c2?page=all

3 Manfaat Penting Jamur Ekor Kalkun untuk Kesehatan Tubuh 3 Manfaat Penting Jamur Ekor Kalkun untuk Kesehatan Tubuh Reviewed by Pak Tani on Agustus 01, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk