Subscribe Newsletter

Fakta Unik Kurma, Buah Manis yang Populer Saat Ramadan

Kurma merupakan jenis tanaman palma dalam genus Phoenix, yang buahnya dapat dikonsumsi. Walaupun tempat asalnya hingga kini belum diketahui pasti sebab telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari wilayah Teluk Persia. Buahnya sering dijadikan makanan pokok di daerah Timur Tengah serta Afrika Utara.

Baca Juga :

Kurma adalah buah yang identik dengan bulan Ramadan. Buah ini sering dijadikan santapan wajib ketika berbuka puasa ataupun sahur. Soal khasiat, buah kurma memang tidak perlu diragukan lagi. Ingin tahu fakta lain mengenai kurma? Berikut ulasannya untuk anda.

3 butir kurma = 1 piring nasi

Tahukah anda, jika menyantap 3 butir buah kurma ternyata setara dengan 1 piring nasi? Ketika mengonsumsi 3 buah kurma itu artinya anda mendapat suplai energi sebesar 150 kilokalori. Energi sebesar ini melebihi energi yang diperoleh dari mengonsumsi 1 piring nasi yang hanya mempunyai 135 kilokalori.

Meski manis, semut tidak menyukai

Kurma ialah salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan gula fruktosa. Meskipun memiliki kandungan gula, tapi fruktosa tersebut tidak disukai oleh semut. Oleh sebab itu, jarang ada semut yang mendatangi buah kurma walaupun diletakkan di sembarang tempat.

Dijuluki si buah super

Kurma mempunyai kandungan gizi, zat, dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Berkat berbagai macam kandungan penting di dalamnya, kurma sangat baik dikonsumsi guna menjaga kesehatan tubuh serta mencegah berbagai penyakit.

Pembibitan kurma bisa dilakukan di polybag agar lebih mudah dipindahkan. Cek harga terbaru polybag disini.

Tahan lama hingga 1 tahun

Kurma terutama jenis kering cukup awet saat disimpan, yakni kurang lebih 3-6 bulan jika disimpan pada suhu ruang. Kalau ingin tahan sampai 1 tahun lebih, anda bisa menyimpan buah kurma dalam kulkas.

Jenis kurma terpopuler di dunia

Tahukah kamu, bahwa di dunia ini ternyata terdapat sekitar 3.000 jenis kurma. Tapi dari banyaknya jumlah tersebut, hanya sekitar 200-400 jenis kurma yang dapat dikonsumsi. Salah satu jenis kurma yang populer di dunia adalah Kurma Ajwa.

Jenis ini juga akrab disebut kurma Nabi, sebab dikabarkan merupakan jenis kurma yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa disebutkan adalah kurma pertama yang ditanam Nabi Muhammad SAW dan sesudah itu banyak dibudidayakan hampir di seluruh wilayah Arab.

Fakta Unik Kurma, Buah Manis yang Populer Saat Ramadan Fakta Unik Kurma, Buah Manis yang Populer Saat Ramadan Reviewed by Pak Tani on Maret 05, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk