Subscribe Newsletter

6 Fakta Unik Sirsak, Buah Manis yang Punya Fisik Mirip Srikaya

Tanaman sirsak ditanam secara komersial guna diambil daging buahnya. Buah sirsak sendiri mempunyai rasa yang khas, sedikit kecut/asam, dagingnya kenyal dan warnanya putih. Selain beberapa fakta diatas, berikut beberapa fakta unik lain dari sirsak.

Baca Juga :

1. Punya banyak nama di berbagai daerah

Sirsak punya banyak sebutan di berbagai wilayah, seperti contoh nangka walanda, nangka buris, nangkelan, srikaya jawa, boh lona, nangka belanda, durian belanda, nangka sebrang, nangka landa, durio ulondro, durian betawi, dan jambu landa nangko belando.

2. Negara asal sirsak yang masih simpang siur

Beberapa sumber menulis bahwa sirsak berawal dari daerah tropis di Benua Amerika bagian Selatan, yakni di sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Namun ada juga yang menulis bahwa sirsak berasal dari wilayah Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

3. Alasan sirsak kerap dikaitkan dengan belanda

Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda 'zuurzak', berarti kantung asam. Penyebutan belanda pada beberapa nama lain sirsak dikarenakan buah sirsak bisa sampai ke Indonesia sebab dibawa oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda ketika zaman penjajahan dulu, yaitu pada abad ke-19.

4. Di Indonesia, sirsak mudah sekali tumbuh sehat

Sirsak dapat tumbuh baik di seluruh tanah di Indonesia, baik dataran rendah maupun tinggi sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan sirsak memang dapat hidup di sembarang tempat, namun yang paling baik adalah ditanam di daerah yang berair.

Polybag cocok digunakan sebagai wadah pembibitan tanaman apa saja, karena lebih praktis dan harganya ekonomis. Butuh polybag? Cek harganya disini.

5. Manfaat penting dari buah sirsak

Selain dapat dikonsumsi langsung, sirsak bisa diolah menjadi jus, puding, permen, dan lain-lainnya. Beberapa manfaat untuk kesehatan dari buah sirsak antara lain: melancarkan pencernaan, membantu meredakan nyeri, menurunkan tekanan darah, menghilangkan stres, dan menjaga kesehatan kulit.

6. Khasiat luar biasa dari daun sirsak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jerry McLaughlin dari Purdue University dan Prof. Dr. Soelkasono Sastrodihardjo dari Departemen Biologi ITB, daun sirsak terbukti ampuh digunakan untuk mengobati kanker.

Hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung acetogenin yang mampu mengobati serta menyembuhkan pasien pengidap kanker. Acetogenin pada daun sirsak sangat kuat lebih kuat 10.000 kali melawan kanker dari adriamycin. Untuk merasakan manfaat daun sirsak, anda perlu meminum air rebusan daunnya.

Caranya yakni, pertama rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air. Tunggu sampai airnya hanya tersisa setengahnya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat/dingin. Minum rutin tiap pagi supaya manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak

https://bobo.grid.id/read/08708553/uniknya-sirsak-dipanggil-nangka-belanda-padahal-berasal-dari-karibia?page=all

https://lombokbaratkab.go.id/khasiat-tanaman-sirsak/

https://acehprov.go.id/berita/kategori/serba-serbi/78-manfaat-pohon-dan-buah-sirsak

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-sirsak/

https://buleleng.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/81-8-cara-merebus-daun-sirsak-untuk-obati-berbagai-macam-penyakit

6 Fakta Unik Sirsak, Buah Manis yang Punya Fisik Mirip Srikaya 6 Fakta Unik Sirsak, Buah Manis yang Punya Fisik Mirip Srikaya Reviewed by Pak Tani on Agustus 06, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk