Subscribe Newsletter

6 Jenis Jeruk Populer di Indonesia, Sudah Coba yang Mana?

Apakah kamu suka makan buah jeruk? Berbagai jenis jeruk memang banyak yang menyegarkan serta kaya akan nutrisi. Ada banyak sekali jenis jeruk yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, baik yang bisa dikonsumsi langsung maupun tidak. Penasaran jenis jeruk apa saja yang sedang populer di Indonesia? Berikut daftarnya!

Baca Juga :

1. Jeruk Mandarin

Jeruk keprok atau jeruk mandarin adalah jenis jeruk yang dapat tumbuh di wilayah tropis maupun subtropis. Jeruk mandarin punya rasa manis serta ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jeruk lainnya. Jeruk mandarin mempunyai kulit yang tipis, sehingga gampang dikupas.

2. Jeruk Tangerine

Jeruk tangerine atau jeruk siam ialah jenis jeruk manis yang bisa dikonsumsi langsung. Jeruk ini merupakan jenis yang berasal dari hasil persilangan antara hibrida jeruk mandarin. Nama jeruk ini disesuaikan dengan daerah asalnya, yaitu Tangier di Maroko.

3. Jeruk Pontianak

Ciri khas dari jeruk pontianak ialah warna kulit yang hijau gelap dan daging buahnya berwana oranye. Pada buah yang sudah masak, jeruk pontianak mempunyai rasa unik asam manis sehingga amat digemari oleh banyak orang.

Polybag sering digunakan untuk pembibitan berbagai tanaman karena lebih murah dan praktis. Kamu butuh polybag? Klik disini untuk cek harganya!

4. Jeruk Bali

Sebagian warga Indonesia mengira kalau buah ini berasal dari Bali, namun tahukah kamu jika jeruk yang bagian dagingnya berwarna pink ini ternyata bukan dari Bali? Konon, jenis jeruk unik ini awalnya mempunyai harga yang murah kalau kamu membelinya di Bali. Oleh sebab itu banyak orang yang menyebutnya jeruk bali sampai saat ini.

5. Jeruk Medan

Sesuai namanya, jeruk medan berasal dari daerah Sumatera Utara, tepatnya di Berastagi. Daerah berastagi memang terkenal dengan cuacanya yang dingin, sehingga jeruk jenis ini dapat tumbuh dengan subur pada lingkungan tersebut. Ciri khas jeruk medan ialah kandungan air yang banyak dengan bulir jeruk yang lumayan besar.

6. Jeruk Nipis

Jeruk yang satu ini termasuk jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia serta Amerika Tengah. Jeruk nipis mempunyai bentuk buah yang cukup kecil dengan daging buah berwarna kehijauan. Jeruk nipis umumnya tidak dikonsumsi secara langsung. Jeruk ini kadang dijadikan tambahan pada sambal atau digunakan saat memasak ikan atau daging guna menghilangkan bau amis yang ada.

6 Jenis Jeruk Populer di Indonesia, Sudah Coba yang Mana? 6 Jenis Jeruk Populer di Indonesia, Sudah Coba yang Mana? Reviewed by Pak Tani on Juni 23, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk