Subscribe Newsletter

Fakta Unik Monstera, Si Daun Berlubang yang Khas dan Estetik

Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia sering membicarakan tanaman hias monstera atau lebih dikenal dengan nama janda bolong. Tanaman hias ini banyak difungsikan sebagai dekorasi rumah minimalis, acara pernikahan, sampai cafe kekinian.

Baca Juga :

Tanaman hias monstera dinilai memberikan nilai estetika pada ruangan, dan itulah yang membuat orang tertarik untuk membelinya. Bicara soal monstera, berikut beberapa fakta unik lain soal tanaman hias ini.

1. Monstera punya banyak spesies/jenis

Tanaman hias monstera mempunyai banyak jenis, hingga saat ini tercatat sekitar 55 jenis sudah ditemukan manusia. Beberapa jenisnya kebanyakan mempunyai lubang pada daunnya, namun ada juga yang tidak. Ada pula jenis monstera yang mempunyai buah dan dapat dikonsumsi.

Jenis monstera yang populer belakangan ini antara lain; Monstera Deliciosa, Monstera Adansonii, Monstera Borsigiana, Monstera Obliqua, Monstera Variegata, Monstera Dubia, dan Monstera Siltepecana.

2. Alasan beberapa jenis Monstera berlubang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tidak semua jenis monstera berlubang. Tapi faktanya memang orang lebih sering mengenal monstera adalah tanaman hias dengan daun berlubang, karena ciri fisik tersebut memang menarik dan unik.

Para peneliti berspekulasi jika lubang-lubang pada beberapa jenis monstera terbentuk karena tanaman mengalami 'preforasi' atau proses pelubangan akibat tetesan air yang cukup intens.

Butuh jaring peneduh berkualitas untuk halaman rumah atau taman mini anda? Klik disini untuk cek harga terbaru paranet murah!

3. Lubang di daun monstera tidak dapat bertambah

Jenis monstera yang daunya berlubang tidak dapat membuat lubang tambahan pada daunnya selama hidup. Semua lubang sudah ada dan terbentuk secara alami saat pertama kali monstera tumbuh.

Alasan mengapa lubang pada daun monstera nampak bertambah saat dewasa adalah karena tanaman yang sudah tua namun tetap sehat akan membuat daun baru dengan lubang yang semakin banyak, lalu daun yang lama dengan lubang yang lebih sedikit akan mati setelah beberapa waktu.

4. Kepercayaan masyarakat Tiongkok pada Monstera

Sejatinya, monstera adalah tanaman liar yang tumbuh merambat keatas. Oleh karena itu, sebagian masyarakat Tiongkok menyakini tanaman hias monstera merupakan simbol kesehatan, kemakmuran, dan juga penghormatan kepada orang tua dan leluhur.

5. Monstera pertama kali ditemukan pada tahun 1693

Monstera berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah, mulai dari bagian paling selatan Meksiko sampai Panama. Tanaman monstera ditemukan pertama kali oleh ahli botani asal Prancis bernama Charles Plumier di tahun 1963.

Di alam liar, monstera dapat tumbuh mencapai ketinggian 30-40 meter, tetapi akan menjadi lebih rendah jika ditempatkan di dalam ruangan. Salah satu jenis yang banyak dijadikan hiasan ruangan adalah Monstera deliciosa.

Fakta Unik Monstera, Si Daun Berlubang yang Khas dan Estetik Fakta Unik Monstera, Si Daun Berlubang yang Khas dan Estetik Reviewed by Pak Tani on Mei 11, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk