limcorporation
Subscribe Newsletter

7 Jenis Ayam yang Punya Fisik Unik, Menarik, dan Aneh di Dunia

Ayam merupakan unggas yang umum dipelihara orang guna dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Bagi sebagian besar orang, ayam menjadi sumber protein hewani. Namun bagi sebagian orang, hewan ini adalah satwa eksotis yang dapat dihargai hingga jutaan rupiah.

Baca Juga :

Ayam yang jadi kegemaran para pencinta unggas memang asalnya dari ras khusus yang tergolong langka. Ingin tahu jenis ayam apa saja yang punya fisik unik bahkan aneh di dunia? Berikut daftarnya.

1. Ayam Poland

Ciri unik pada ayam ini adalah bagian bulu seperti jambul di kepalanya. Ayam poland adalah jenis ayam hias yang asalnya dari luar negeri. Memang banyak yang mengira jika ayam poland berasal dari Polandia seperti namanya, namun faktanya ayam ini malah berasal dari Belanda.

2. Ayam Naked Neck

Naked neck dalam bahasa Inggris sederhana dapat diartikan sebagai leher telanjang. Benar saja, ayam jenis ini memang tidak memiliki bulu di bagian leher hingga kepalanya. Ayam ini pula dikenal sebagai Transylvanian Naked Neck sebab asalnya dari wilayah Transylvania, Rumania.

3. Ayam Silkie

Ayam silkie atau lebih dikenal dengan ayam kapas ialah ayam yang mempunyai penampilan sangat unik. Ayam silkie punya fisik berbeda dari ayam pada umumnya. Hal ini dikarenakan ayam silkie mempunyai bulu yang lembut serta halus menutupi seluruh tubuhnya.

4. Ayam Cemani

Ayam cemani juga mempunyai penampilan unik yakni seluruh tubuhnya berwarna hitam legam. Ayam cemani sendiri merupakan hewan asli Indonesia, yakni dari Jawa Tengah. Tak hanya luarnya saja, seluruh bagian tubuh ayam ini pun berwarna hitam legam, mulai dari bulu, jengger, paruh, kulit, daging, organ dalam, bahkan tulangnya juga berwarna hitam.

Jika anda ingin membuat kandang ayam dengan ongkos minim, anda bisa memasang jaring kasa (insectnet) pada dinding dan pagar kandang. Butuh jaring kasa murah? Klik disini untuk harga terbaru di toko kami.

5. Ayam Batik

Ayam batik adalah nama lain dari Ayam Sebright. Ayam sebright ialah salah satu jenis ayam yang berasal dari Inggris. Ras ayam ini dikembangbiakkan seorang pria bernama Sir John Sebright. Di Indonesia, ayam sebright disebut ayam batik karena punya motif bulu hampir sama dengan motif kain batik.

6. Ayam Onagadori

Ayam onagadori berasal dari Jepang dan diperkirakan sudah ada sejak tahun 1800-an. Ayam unik ini mempunyai bulu istimewa, yang mana bulunya tidak pernah berganti sehingga dapat tumbuh sepanjang kurang lebih 12 meter. Keistimewaan ayam onagadori didapat dari hasil perkawinan silang dari ayam shokoku dengan ayam hutan hijau.

7. Ayam Serama

Ayam terkecil di dunia saat ini adalah ayam serama yang mana bobotnya hanya sekitar 500 gram. Saking kecilnya, ukuran tubuh ayam serama ada yang cuma sekepalan tangan orang dewasa. Ayam serama berasal dari Malaysia dan sudah ada sejak tahun 1970-an dan sekarang sudah mulai banyak dipelihara masyarakat Indonesia.

7 Jenis Ayam yang Punya Fisik Unik, Menarik, dan Aneh di Dunia 7 Jenis Ayam yang Punya Fisik Unik, Menarik, dan Aneh di Dunia Reviewed by Pak Tani on Mei 07, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk