limcorporation
Subscribe Newsletter

Cara Budidaya Delima untuk Pemula, Si Merah yang Kaya Vitamin C

Budidaya tanaman buah sepertinya sedang digemari hampir seluruh masyarakat Indonesia. Banyak pilihan buah yang dapat dibudidayakan serta dijadikan peluang bisnis.

Salah satu buah yang bisa dibudidayakan yakni buah delima. Delima atau Punica granatum ini asalnya dari Asia Tengah. Buah delima lalu dibudidayakan di Timur Tengah serta menyebar sampai ke Iran, Afghanistan, India Timur, China, dan juga Amerika Serikat.

Baca Juga :

Layaknya buah stroberi, buah delima juga kaya akan kandungan vitamin C, serat, antioksidan, serta agen antiradang. Bahkan delima juga memiliki kandungan karbohidrat, lemak, vitamin, protein, sampai aneka mineral.

Kalau kamu tertarik untuk membudidayakan delima, kamu bisa mencoba menanamnya dari biji, hal ini tentu bisa kamu lakukan sendiri di rumah dan cocok untuk pemula. Berikut cara-cara yang bisa kamu ikuti.

  1. Pilih dan ambil beberapa biji delima dari buahnya, lalu bilas dengan air dingin. Kamu bisa menggosok perlahan dan lembut biji menggunakan tisu guna menghilangkan sisa dagingnya.
  2. Kemudian, keringkan biji yang sudah bersih tadi selama beberapa hari sebelum masuk ke penanaman.
  3. Jika sudah kering, kamu bisa mulai tanam biji delima sedalam 0,5 cm di lahan tanah. Silahkan timbun biji secara lembut.
  4. Simpan wadah tanam (pot/polybag) tempat kamu menanam biji delima di tempat yang terpapar sinar matahari langsung atau juga bisa di dekat jendela yang hangat. Pastikan tanah tetap lembap supaya biji delima dapat tumbuh dengan baik. Delima memang menyukai cahaya matahari serta kondisi tanah yang lembap.
  5. Sesudah pohon delima nampak makin besar, kamu dapat memindahkan pohonnya ke wadah tanam yang lebih besar atau ke tanah yang sudah kamu sediakan sebelumnya.
  6. Pohon delima bakal berbuah pertama kalinya ketikatanaman berusia 3-5 tahun. Saat pohon berbuah, kamu bisa membungkus buahnya dengan heigrow/brongsong buah agar delima terhindar dari serangan hama dan penyakit.

Jika kamu membutuhkan heigrow atau brongsong untuk membungkus buah, silahkan beli di toko kami. Cek harga terbaru heigrow disini

Buah delima sendiri dapat ditemukan dengan mudah karena tumbuh menyebar hampir di seluruh dunia, mulai dari China sampai wilayah Amerika Serikat. Delima mempunyai buah yang berwarna kemerahan.

Pada bagian dalam delima terdiri dari daging-daging buah berbentuk kantong yang membungkus biji. Daging buahnya memiliki rasa manis keasaman serta menyegarkan di mulut.

Cara Budidaya Delima untuk Pemula, Si Merah yang Kaya Vitamin C Cara Budidaya Delima untuk Pemula, Si Merah yang Kaya Vitamin C Reviewed by Pak Tani on November 16, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk