Subscribe Newsletter

Cara Ternak Bebek Petelur yang Mudah dan Menguntungkan

Beternak bebek petelur dapat menjadi peluang sempurna yang menguntungkan. Tak hanya permintaan daging bebek yang lumayan tinggi, telur bebek pun juga menjadi komoditas peternakan yang menjanjikan.

Baca Juga :

Telur bebek banyak diminati di pasaran karena kaya akan nutrisi. Beternak bebek petelur dinilai lebih unggul dan praktis dibandingkan dengan beternak ayam petelur.

Hal tersebut juga yang membuat banyak orang ingin mencoba beternak bebek petelur. Jika anda tertarik menjadi salah satu peternak telur yang sukses, anda bisa mengikuti tahapan cara berikut ini.

1. Menyiapkan Kandang 

Tempat yang ideal dan baik untuk kandang bebek adalah lahan yang kering dan juga bersih. Berikan juga akses pencahayaan yang baik untuk kandang bebek.

Ukuran ideal untuk kandangnya sendiri bisa menggunakan 1 meter persegi untuk 2 ekor bebek, atau sesuaikan saja dengan lahan yang dimiliki. Kalau hendak memulai dari skala kecil, anda bisa mencoba dengan 100 ekor bebek dahulu.

Umumnya terdapat 3 jenis kandang bebek yang dapat anda gunakan, yakni kandang panggung, kandang litter, serta kandang sistem baterai, anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kandang panggung berada di atas tanah, kandang litter mempunyai pagar dengan adanya ruang tertutup serta terbuka. Sedangkan kandang baterai bentuknya bertingkat, kandang ini umum dipakai untuk bebek petelur. 

2. Memilih Jenis

Jika anda ingin beternak bebek petelur, anda dapat memilih jenis bebek yang masih kecil ataupun yang siap bertelur. Kalau memilih bebek yang kecil atau baru menetas, coba pilih yang masih berusia kurang lebih 10 hari.

Dalam memilih jenis bebek petelur yang akan diternakan, anda perlu memperhatikan juga hal lain seperti bobot bebek, pergerakan bebek, hingga fisik bebek, pastikan semuanya dalam keadaan baik.

3. Menentukan Pakan

Jika ingin mendapatkan bebek ataupun telur bebek yang berkualitas, maka anda harus memberikan pakan yang tepat. Untuk pakan bebek petelur, anda perlu mencari pakan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan gizinya. Anda dapat membeli pakan yang sudah jadi serta menambahkannya dengan bahan alami seperti sayuran dan yang lainnya.

Agar suhu kandang bebek tetap stabil di siang atau malam hari, anda bisa menggunakan Paranet (jaring peneduh) sebagai dinding atau atap kandang. Cek harga terbaru Paranet disini.

4. Perawatan Bebek

Agar bebek petelur dapat tumbuh dengan baik, tentunya kamu perlu merawatnya agar selalu sehat. Perawatan yang bisa anda lakukan yakni selalu membersihkan kandang dengan rutin, memberikan pakan yang sehat, mengobati bebek yang sakit, dan lain sebagainya.

5. Panen Telur

Umumnya bebek petelur mulai bertelur pada umur di atas 5 hingga 7 bulan, untuk jumlahnya sendiri bisa jadi bervariasi. Dari jumlah bebek yang diternakkan, ada kemungkinan cuma 30-50 persen saja yang dapat bertelur dengan baik.

Bebek petelur yang baik akan bertelur setiap hari dan anda pun dapat memanennya setiap hari. Bebek yang sudah bertelur dengan baik diawal, nantinya bakal bertelur kembali dalam jumlah yang lebih banyak lagi ketika usia bebek mulai produktif.

Cara Ternak Bebek Petelur yang Mudah dan Menguntungkan Cara Ternak Bebek Petelur yang Mudah dan Menguntungkan Reviewed by Pak Tani on Februari 19, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk