limcorporation
Subscribe Newsletter

Cara Mudah Budidaya Srikaya di Rumah, Pecinta Buah Wajib Tahu!

Srikaya merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis serta subtropis, termasuk Indonesia. Srikaya mempunyai kandungan 60-100 kalori serta beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral.

Masyarakat di Indonesia sendiri menyebut buah ini dengan berbagai nama berbeda di tiap daerahnya, seperti surikaya, serkaya, delima bintang, menungo, serakaja, sarkaja, ataupun garaso.

Baca Juga :

Banyak orang yang mengira kalau pohon srikaya hanya dapat ditanam di lahan luas. Padahal, buah yang punya rasa manis tersebut mampu tumbuh subur walau ditanam di pot.

Budidaya srikaya sendiri terbilang cukup gampang, sebab perawatannya tak butuh media tanam yang sukar didapat. Berikut cara budidaya srikaya dengan mudah.

1. Pembibitan

Tahap awal yang bisa dilakukan yakni memilih bibit paling unggul, adapun bibit unggul yang dipilih merupakan bibit yang sudah berbunga. Karena bibit yang sudah berbunga dapat membuat tanaman lebih cepat berbuah.

2. Pot dan Media Tanam

Selanjutnya, kamu bisa menyiapkan pot berdiameter 40 cm serta campuran media tanam. Campuran media tanam yang bisa digunakan antara lain; tanah, pupuk kandang, serta serbuk gergaji. Untuk takaran tersebut haruslah sesuai dengan rasio, yakni 2:1:1.

Selain saran di atas, kamu juga dapat mencampurkan media tanam seperti; tanah, sekam, serta humus bambu. Takaran yang dapat kamu pakai antara lain rasio 1:1:1.

Lalu lapisi bagian dasar pot menggunakan pecahan genting, bata merah, ataupun ijuk. Sesudah itu, masukkan media tanah sampai setengah ketinggian pot.

3. Masukkan Bibit

Buka dahulu lapisan polybag, kemudian masukkan bibit ke dalam pot tepat berada di tengah-tengah media tanam. Lalu siram bibit dalam pot tersebut serta simpan di tempat yang terkena cahaya matahari. Diamkan bibit dalam pot tadi selama kurang lebih 1 minggu.

Anda butuh polybag untuk budidaya srikaya? Cari yang murah tapi kualitas tetap bagus? Klik disini untuk cek harganya!

4. Perawatan

  • Penyiraman. Pada musim kemarau, sirami srikaya 2 kali sehari. Dan saat musim penghujan, penyiraman hanya dilakukan waktu media tanah nampak mengering.
  • Pemupukan. Berik pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 25 gram tiap 3 bulan sekali per tanaman serta pupuk kandang sebanyak 5 kg per tanaman tiap 6 bulan sekali.
  • Pemangkasan. Srikaya memerlukan pemangkasan guna mempercepat tumbuhnya bunga serta buah. Kamu bisa melakukan pangkas pada batang utama tanaman. Nantinya, dari 1 batang utama bakal menghasilkan beberapa cabang primer. Dari cabang primer yang tumbuh, pelihara 3 cabang saja guna memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

5. Pemanenan

Panen buah srikaya dapat kamu lakukan kurang lebih 2 - 4 tahun. Untuk proses matang buah sendiri tidak terjadi secara serentak, tetapi melainkan secara individu.

Cara Mudah Budidaya Srikaya di Rumah, Pecinta Buah Wajib Tahu! Cara Mudah Budidaya Srikaya di Rumah, Pecinta Buah Wajib Tahu! Reviewed by Pak Tani on Januari 15, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk