limcorporation
Subscribe Newsletter

Mengenal Purple Tomatillo, Si Ciplukan Ungu yang Unik dan Berkhasiat

Purple tomatillo atau yang nama ilmiahnya Physallis ixocarpa ini sering disebut sebagai ciplukan ungu karena memang tanaman ini adalah ciplukan yang berwarna ungu.

Purple tomatillo termasuk jenis tanaman buah yang langka asal Meksiko. Purple tomatillo sangat terkenal di Amerika Latin serta termasuk bahan pokok dalam masakan Meksiko serta Guatemala.

Baca Juga :

Si ciplukan ungu ini mempunyai buah yang indah, bentuknya bulat layaknya buah tomat yang terbungkus dengan kulit tipis berwarna hijau muda atau coklat krem yang akan terbelah waktu buah telah matang.

Warna buahnya hijau waktu masih muda serta ganti warna ungu ketika sudah matang, baik pada bagian kulit ataupun pada dagingnya.

Untuk ukurannya sendiri cukup besar bahkan bisa dikatakan berukuran jumbo. Rasanya manis serta agak asam, dan mempunyai tekstur buah yang lebih padat ketimbang buah tomat.

Biasanya purple tomatillo sering dikonsumsi dengan cara digoreng, direbus, dikukus atau bisa dimakan langsung.

Tak hanya itu, ciplukan ungu juga banyak diolah jadi selai serta pengawet, sebab rasanya yang begitu manis, bahkan lebih manis ketimbang ciplukan hijau.

Purple tomatillo mempunyai kandungan gizi yang amat tinggi, seperti antioksidan, antosianin, beta-karoten, serta kalium-natrium positif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Paranet banyak digunakan sebagai jaring peneduh tanaman karena kuat, awet, dan tidak mudah sobek. Cek harga terbarunya disini.

Ciplukan ungu ini termasuk jenis tanaman yang mudah dibudidayakan. Umumnya tanaman ini bakal mulai berbuah pada waktu musim panas sampai awal musim gugur.

Pada dasarnya tanaman ciplukan entah yang hijau ataupun ungu, adalah tanaman yang tangguh serta bisa tumbuh dimana saja.

Supaya pohon dapat berbuah maksimal, cukup lakukan penyiraman dan juga pemupukan dengan teratur, agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Untuk kamu yang sedang menanam buah ini dan ingin merasakan kelezatan serta manfaat buah ciplukan ungu, kamu tak perlu menunggu waktu panen yang lama, cukup 2 bulan saja ciplukan ungu sudah bisa dipanen.

Buah yang dihasilkan pun juga cukup banyak, sehingga bisa kamu nikmati bersama-sama dengan teman atau keluarga di rumah. Bagaimana, tertarik mencoba buah ini?

Mengenal Purple Tomatillo, Si Ciplukan Ungu yang Unik dan Berkhasiat Mengenal Purple Tomatillo, Si Ciplukan Ungu yang Unik dan Berkhasiat Reviewed by Pak Tani on September 15, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk